2015 in review

Penasaraaaan ko ngga terima rapot sementara sobat-sobat sufah banyak yang terima, tp emang bukan murid teladan sih yg rajin hehe

Dibantu sama kang Assa nih, jd bisa tau rapot saya yg masih ditahan Kepala Sekolah😀  Hatur nuhun ya kang, hatur nuhun juga buat semua sahabat-sahabat yg setiaaa ngintilin saya. Mudah-mudahan tahun ini semakin rajin menulis, nunggu sembuh dulu nih.

Oh ya besok insyaAllah semua yg minta kartu pos saya kirim, punteen telat kirimnya. Tapi ada 4 oranh yang sudah saya kirim, dan mas Ryan sudah terima kartu posnya setelah 3 mingguuuu..!! 😱😱😱😱 mudah2an yg 3 itu keterima. 

Asisten statistik WordPress.com menyiapkan laporan tahunan 2015 untuk blog ini.

Berikut ini kutipannya:

Aula konser di Sydney Opera House menampung 2.700 orang. Blog ini telah dilihat sekitar 31.000 kali di 2015. Jika itu adalah konser di Sydney Opera House, dibutuhkan sekitar 11 penampilan terlaris bagi orang sebanyak itu untuk menontonnya.

Klik di sini untuk melihat laporan lengkap.

Kartu Post ?? 

Bismillahirrahmanirrahim,

Langsung aja aaah, tadinya mau dikocok siapa saja yang bakal dapat Kartu Pos dari saya, tapiiii berhubung lagi baik, [biasanya ngga baik gituu..?? 🤔🤔🤔🤔] hihi semua yg kasih komentar kemarin di postingan saya yg Gunung-gunung itu,  insyaAllah bakalan dikirim Kartu Pos, mangga kalau yang mau, kirim alamat e-mail ke dewi.firyani@googlemail.com Ditunggu yaaaaa… IMG_1339

Nürnberg, 17.12.2015

Garmish-Partenkirchen

Bismillahirrohmanirrohim,

Sudah akhir pekan lagi ya…semoga Allah senantiasa melimpahkan nikmat iman dan sehat buat kita semua..aamiin..
Kali ini mau cerita sedikiiiiit tentang satu daerah di Bayern/Bavaria yang terkenal dengan keindahan pegunungannya. Naaah, musim panas lalu, kita jalan-jalan lagi ke Daerah ini, setelah kita menolak jalan-jalan ke Praha. Tawaran kangmas itu jalan ke Gunung atau ke kota negara sebelah Praha, tawaran ini muncul ketika kangmas lihat kanjeng putri eh istrinya sepertinya sudah butuh piknik hihi .. Tawaran ke Praha langsung ditolak hehe, sudah kebayang,  ya kota2 di Eropa ya begitu2 saja, dan yg pasti mah anak-anak kurang suka, apalagi kangmas sama si bungsu cep Atul hehe Kalau sama Gadis2 mah mereka suka-suka saja sih, soalnya ujung-ujungnya ya belanjaaaaa huhuhu pegang dompet erat-erat.  Dan ternyata yg gadis-gadis malah milih ke Gunung dibanding ke kota, yo wes cap cus kata bhs Indonesia jaman sekarang mah 😄

Tujuan pertama itu ke salah satu gunung yang tidak terlalu tinggi sekitar 2200 meter lah. Nama daerahnya Mittenwald, mangga bisa tengok2 disini. Mendaki ? Ya iyalaaaah tapi setelah kita digerek ke atas, bayar sekian euro, lupa berapa dan tinggal lanjut sekitar 300 meteran hihi, eiit tapi jangan dikira itu ngga bikin hah heh hoh…cape kakaaaaak *euuh demen pisan saya nulis kakaaaak hari ini* hihi

Ada beberapa jalur yang bisa diambil, dari jalur hijau eeh jalur yang agak curam buat sampe ke puncaknya, atau menengah atau yang mudah, dan tentu saya pilih yang mudah dooong, meski mudah teteeeep hah heh hoh ..maklum faktor U hahay… Naeknya mah okelaaah, pas lihat ke bawah, halaaaaah ko takut ngegelinding sayaaaah, tapi masa kalah sama Kambing sih..?? Lho Kambing..?? ho oh kita ketemu rombongan Kambing yg santai bangeut merumput di lereng2 gitu, ya Alloooh saya lihatnya saja serem2 merinding gitu, dan mereka diketuai sama Kambing yang gagah, cakep dah 😍😍

Di atas, bertemu dengan perbatasan antara dua negara, Jerman dan Austria, ayooo berat yang manaaa..??? Pilih Jerman apa Austria..??? Indonesia dooong jawaban pastinya haha

IMG_1008.JPG

Saya jalan dr bawah sini niih..heh..hoh..

IMG_1028.JPG

IMG_1034.JPG

Puncaknya masih jauuuuuh..heh..hoh..

IMG_1039.JPG

IMG_1462.JPG

Lagi akur, Ina sama Atul😀

IMG_1010.JPG

IMG_1445

si Ganteng😀


IMG_1005.JPG

Ola, Ina, Atul sudah sampai puncak.


IMG_1058.JPG

Pilih mana ?

IMG_1068.JPG

IMG_1073.JPG

“Gerekkannya ”😀

Setelah puas futu-futu, turun kita buat makan siang, lanjut ke yang namanya Partnachklamm.  Kata mbah Wikipedia mah gini nih keterangan singkatnya,
The Partnach Gorge (German: Partnachklamm) is a deep gorge that has been incised by a mountain stream, the Partnach, in the Reintal valley near the south German town of Garmisch-Partenkirchen. The gorge is 702 metres (2,303 ft) long and, in places, over 80 metres (260 ft) deep. It was designated a natural monument in 1912. Kompletnya bisa tengok dimari. Indaaaah…cantiik…basaaaah.. dan saya membayangkan saat Winter nanti, terbayang air yang beku menggantung diantaranya, pasti cantik, dan saya pun mencarat WAJIB KESINI LAGI KALAU WINTER..!! Nah pake hurup gede semua biar inget hihi… Foto-foto duluuu…


Pulang ke Hotel, di daerah Oberammergau, kembali mata dimanjakan dengan pemandangan yang masyaAllah cantiknya, bikin adem jiwa cieeee..

Di Hotel kita diskusi lagi, mau kemana nih besok..? ke kota kecil atau ke gunung lagi ? Jawaban kita mah ke Gunung lagiiiii…!! Kali ini ke tempat yang sama 2 thn yang lalu ke Zugspitze, gunung tertinggi di Jerman, ketinggiannya sekitar 2950 m, mendaki oohh tidak atuuuh, kembali kita “digerek” ke atas, yang sukses juga bikin gemeteran kaki lihat pemandangan ke bawah hehe. Sebetulnya ada 2 cara sih, pakai kereta menyusuri desa lalu masuk ke dalam perut Gunung, dan itu sudah kami alami 2 thn yang lalu, komplit tentang gunung ini mangga lihat didieu :)

IMG_1338

IMG_1193

Lumayan sport jantung juga

IMG_1203IMG_1280IMG_1215

IMG_1432 (1)

Salju di musim panas:)

IMG_1339IMG_1221IMG_1220IMG_1297

IMG_1293

Ngga tau lagi ngapain haha 


IMG_1357

Banyak cintah di ketinggian 2950 kaki ahaayyy..

Ditengah perjalanan pulang, ketemu Danau yang cantiik..aaahh emang daerah pegunungan ini dikelilingi danau yang benar-benar cantik:)

IMG_1448IMG_1449

IMG_1383 (1)

Hihi aja deh😀

Cukuplah ceritanya, mangga selamat menikmati foto-fotonya, dan terakhir, nanti saya mau bagi2 postcard nih, kebetulan beli bbrp postcard, plus ada kartu post kota dimana saya tinggal Nürnberg dan dua kota tua yaitu Bamberg dan Kota inspirasi Pinokio Rothenburg o.d.Tauber
5 komentar pertama langsung dapat Postcard dan boleh milih, yang ke 6 selanjutnya, kalau banyak yang komentaaaar, diundi yaaaa… nanti saya tambah lagi 3 postcart deh..:)IMG_2490 Nürnberg,27.11.2015

Herbst 2015

Bismillahirrohmanirrohim..

Lama ya saya ngga ke rumah ini, dududu mau diceritakan alasannya pastinya lebaaaay sekali.

Yo wes langsung saja deh, musim gugur tahun ini, saya beneraaaan ngga muud buat “berburu” foto-foto indahnya musim gugur, ya itu dudududu lagi alasannya hehe irgendwann, kapan-kapan cerita deh. 

Kebetulan hari Minggu awal bulan lalu itu, ceraaaah sekali, terus kedip-kedipin kangmas buat nganter ke salah satu taman kota, sampe salah arti kangmas, disangkanya kelilipaaaan hahaha halaaah kurang kedip gimana ni sang istri. 

Sudah jam 3 sore, dan sebetulnya sudah termasuk telat sih, musim dingin gelapnya cepat, jam 5 sudah maghrib, jadi cap cus eeh bener ya cap cus bahasa barudak jaman sekarang kalau langsung pergi itu..?? hehe maklum ketinggalan pesawat melulu kalau soal bahasa gaul mah.

Foto-foto diambil di taman kota Fürth, kota tetangga deket banget. 10 menit sampe. Dan seperti biasa pakai Hp plus diedit sederhana, kontras dan cahayanya, eeeh ada yg pake epek pake P gloom gitu biar berasa gimanaaaa gitu. Sooo semoga berkenan dan suka yaaa.. Ngga terlalu banyak sih, keburu gelaaap. 

   

   
    
    
    
   
Selamat berakhir pekaaan, saatnya menyambut si putih salju yang kabarnya minggu ini turun, herzlich willkommen Winteeer ❄️❄️❄️

Nürnberg, 20112015

20 tahun

Bismillahirrohmanirrohim..

“Tanggal berapa sih sekarang Yank ?” tanya saya membuka obrolan kami pagi ini, kangmas yang sedang nyeruput Kopinya dengan ringan menjawab, “ich weiß nicht, zweite..??”  (ngga tau, tanggal 2 ?) euuh  kabiasaaan deh suka jawab pake bahasa Jerman. Pengen bangeuut pake pisaaaan lempar bantal deh, tarik nafas terus istrinya yang kalem ini bilang “eh kemaren anak-anak ke Berlin bukannya tangga 2?” Weiiiiiit saya langsung kaget, karena dapat serangan bertubi-tubi di muka.. hahaha.. Jadi para pembaca tercintaaah semua, bisa dipastikan bukan, hari ini tidak ada itu rangkaian Bunga Mawar atau sabangsana yang menjadi kejutan di pagi hari, ndak seperti tahun-tahun lalu. Huuuhhh…Kangmas emang ndak romantis, itu melintas dibenak, tp pas inget tulisan ini, jadi diralat lagi deh pikiran seperti ini hihi.  20 tahun waktu yang cukup lama untuk belajar saling mengenal, menerima dan saling melengkapi semua kekurangan masing-masing, but dalam kasus ini mah, saya yang selalu minta dimengerti sama kangmas, ogoaaaan begitu kata keluarga besar di Bandung, lhaaa gimana ngga manja, wong dimanjain meluluuu..halaaah pake nyalahin sagala, padahal bahagia hihi. *ketjup2 kangmas*

Buka Fb, buat bikin status doong, pamer , eeeh si Fb tuh ternyata beneran tau semuaaaa dimasa lalu, ada tulisan kangmas buat istrinya, yang sukses buat saya menitikkan air mata, jangan minta diterjemahkan yaaa…

“Vor Jahren haben wir uns gefunden,
Allah hat uns in Lieb`und Treue verbunden.
Heut ist der Tag, ein Traum wird wahr,
Möge Allah uns schützen und uns Glück und Kraft
geben, damit wir alle Klippen schaffen.
Gemeinsam in die Zukunft geh`n
und immer zueinander steh`n.
Teilt das Genießen und das Leiden,
und sucht nicht gleich nach jedem Streite,
unüberlegt und schnell das Weite.
Wir wünschen uns von ganzem Herzen,
möglichst wenig Liebesschmerzen
und dass wir mal den Kindern sagt:
Heut` war unser schönster Tag!”

Jangan pernah lelah menyayangiku .. terima kasih untuk semua warna indah yang telah kau hadirkan dalam hidupku, semoga Allah melimpahkan berkah dan melanggengkan..aamiin. Mudah-mudahan kangmas baca tulisan dibawah ini :

Kau adalah sosok yg lembut yg tak pernah bosan mengingatkan saat ku lalai, mendukungku saat semangat mulai redup.
Kau selalu disisiku, tepat disampingku kala sepi,
Didepanku dikala aku takut.
Kau berada dibelakangku saat ku ingin sendiri.
Kau adalah nyala bagiku,
seperti terang yang selalu kau hadirkan untukku.
Dia tidak istimewa tapi kesabaran dan kebaikannya menutupi ketidakistimewaannya..
Dia tidak sempurna…tapi keikhlasan dan kehalusan pribadinya menutupi ketidak sempurnaannya…..

Sujud syukurku padamu Ya Allah karena telah kau berikan seorang pendamping yang sempurna bagiku….



11960038_773371782775099_3197074834649287360_n

Lagu ini termasuk lagu kesukaan saya, hadiah buat kangmas  “In our language of love, not a word need be spoken, no lips can say the tender meaning we convey. …”I love you,” is unspoken in our language of love”

Alhamdulillah..alhamdulillah…  ya Allah….

Nürnberg,03.092015

Chocolate Lava Cake

Siapa yang suka Coklaaat.. ?? Siapa yang suka kue coklat mini pas dibelah coklat cairnya meleleh keluaaar..?? Sayaaaa….!! ngacung tinggi-tinggi deh sayaaah, apalagi tinggal makan, sooo saya mau bagi resepnya bagaimana caranya buat Kue ini, setelah beberapa kali buat, selalu saja gagal, dalam artian itu Lavanya ngga keluar huhuhu kadinya males buat lagi. Kemarin siang, Ina manggil-manggil “maaaa turun, aku buat schoko-lava katanya” und taraaaa hasilnya woow bikin bahagia hehe … Pengantarnya cukup deh, mulai yuuk.. oh ya Gulanya saya kurangi, soalnya kemarin itu terlalu manis buat saya mah. Aslinya 115 gr disini saya pakai 100 gr saja.

Bahan : 

90 gr Dark Chocolate,

90 gr Butter

3 butir telur

100 gr gula pasir halus/kastor

45 gr tepung terigu

Caranya :

Panaskan oven 180 derajat celcius.

Campur coklat dan Butter, lelehkan, caranya taruh bahan dimangkuk lalu panaskan air di Panci, jangan mendidih, cukup panas saja, setelah leleh, sisihkan.

Kocok telur pakai Whisk saja, masukkan gula, aduk rata, lalu masukkan coklat leleh yg sudah agak dingin/hangat, aduk rata, terakhir Tepung terigu.

Olesi pingan tahan panas/cetakan muffin/gelas tahan panas dengan mentega, taburi gula, ketuk2 agak tidak terlalu tebal lapisan gulanya. Kenapa pakai Gula..? bukan terigu ? Resepnya begitu kata Ina hehe  Tuang adonan 3/4 nya. Cetakan yg saya pakai itu diameternya 9 cm tingginya 7 cm. Panggang selama 15 menit. Oh ya lama memanggang tergantung besar/tingginya cetakan. Dan panasnya Oven. Cirinya itu kue sudah naik dan terlihat kering, kalau mau, bisa ambil 1 dulu, lalu potong, jika terlihat terlalu encer, yg satu biarkan 3 menit lagi. Pokoknya ngga boleh lebih dr 18 menit deh. Ini lah penampakan kuenya..pas difoto sudah agak dingin niih..gara-gara emaknya ketiduraaan hehe

hhmmm meleleeeh…


sudah dicolekin coklatnya hihi


ini pingan buat bikin kuenya

Gampangkaaan…??!! Mangga atuh silahkan dicoba.

Nürnberg, 20.08.2015

Resep aslinya bisa dilihat disini

Pastel renyah

Sudah beberapa bulan ini, saya punya kesibukan baru, jualan makanan dan jajanan pasar, aaah tepatnya jualan buat sahabat-sahabat saja, karena memang ditawarkan buat sobat dekat saja, untuk sobat-sobat dekat saja kadang keteteran, sampai ada beberapa sobat bilang “pesen sebelumnya, kalau ngga ngga bakalan kebagian” hehe alhamdulillah bisa nambah uang saku, jadi ngga perlu minta terus sama kangmas kalau pengen beli sesuatu. Resepnya saya dapat dari mbak Letty, kakak ipar sobat saya Sophie.

Bahan :

300 gr Terigu, 50 gr Maizena/Kanji,1 telur kocok lepas, 50 gr mentega lelehkan, 1/2 sdt garam, 100 ml air

Isi

250 gr daging cincang, 100 gr Wortel, 2 Kentang (potong dadu), 1 bawang bombay, 3 siung bawang putih, 3 btg Bawang Daun, garam, merica, gula pasir, kaldu ayam/daging,  Soun (seduh pakai air panas, tiriskan) 3 butir Telur (rebus dan potong 8)

Cara membuat :

Kulit : Campur semua bahan, uleni sampai kalis, kalau saya dibiarkan 1 jam, kadang malam buat, pagi baru digunakan, tepungnya jadi lebih kenyal dan tidak gampang sobek.

 Isinya : Tumis bawang Bombay, bawang putih sampai harum, masukkan Daging cincang, setelah matang, masukkan potongan Wortel dan Kentang, bawang daun,  beri air secukupnya, tambahkan merica, garam, gula pasir, kaldu, masak sampai sayuran empuk dan air menyusut, cicipi, lalu masukkan Soun, aduk rata angkat dan dinginkan.

Giling tipis, kalau saya pakai yg buat bikin Mie, pertama giling dinomor besar lalu pindah ke nomor 3, cetak bisa menggunakan piring kecil, saya pakai yg buat Pasta, isi secukupnya dan beri sepotong Telur, rapatkan kedua sisinya lalu pilin.

 

Yang bikin mudah kerjaan.

 
Goreng dengan minyak yang banyak.

Hasilnya renyaaaah, anak-anak suka, sahabat bahagia dan saya tentunyaaaa.. hehe alhamdulillah… 
Ini hasilnya, siap diambil pemesan :)  
Nürnberg, 17.07.2015

Oh ya selamat ulang tahun negeriku tercinta, rakhmat dan barokah Allah SWT selalu menaungi negeri dan semua penghuninya…aamiin..