Abon ala teh Dewi

Abon teh biasana sering saya buat terutama disaat-saat menjelang puasa, soalnya lumayan buat makan sahur berudak, maklum atuh anak2 harus bangun jam 3 kurang, selera makannya pasti ngga ada, jadi berdasarkan pangalaman, kalau mereka makan pakai Abon teh lumayan banyak.

Kalau si cikal Viera mah cukup Sereal sajah😀
Tapi punteeen jangan ditanya berapa banyak takarannya yaa…
minjam bahasanya mbak Tintin mah ngabrug’in saja bumbunya hehehe

Bahan :

Daging tanpa urat, 1 kg,

Lengkuas, saya suka agak banyak lengkuasnya soalnya wangi,

daun salam 3 lembar,

gula jawa,

santan 500 ml atau 250 ml bolehlah🙂

terus minyak buat goreng.
kalau rajin, boleh lah ini bahan yg dibawah dihaluskan, tapi saya mah iris halus semua🙂

10 siung Bawang merah,
4 siung bawang putih cuma dicincang halus saja😀

Terus kurleb 3 sendok makan ketumbar yg sudah disangrai dan haluskan.

Kalau suka dengan rasa Abon yang pedas, bisa dikasih cabe rawit atau cabe merah.
Caranya :
Rebus daging dalam panci tekan biar cepat empuk airnya teu kedah eh ngga usah banyak-banyak, cukup menutupi daging saja, masukkan lengkuas yg sudah digeprek, daun salam, garam. Setelah empuk sekali, ngga apa-apa agak ancur juga pas dipotong2 khan ntar mau dipukulin hehehe

Potong-potong, terus pukul2 sampai gepeeeng pisan. Lalu suwir2 daging yang gepeng itu.

Biasanya, urusan pukul memukul daging, saya delegasikan sama barudak😀
Kalau ada food processor bisa jg, sama seperti menghaluskan daging mentah.
Ini lebih praktis dan ndak cape 😁

Bawang merah bawang putih, ditumis boleh, ngga juga ngga apa-apa, masukkan air daging tadi, plus lengkuasnya juga boleh, santan, ketumbar bubuk, gula merah, garam, didihkan, lalu masukkan eta daging suwir, masak dengan api sedang, biar bener2 meresap, sampai mengering, cicipin dulu yaa…manis apa ngga nya, Abon itu lebih baik banyakkin gulanya, khan yg bikin enak krn manis2 gurih gitu khan?
Bolak-balik, jangan sampai gosong yaaa..

Lalu siapkan penggorengan dgn minyak yang sudah dipanaskan, masukkan sedikit2 daging, goreng sampai berwarna kecoklatan, angkat lalu pres dengan alat buat membuat kentang pure, usahakan minyaknya terperas dengan baik, biar awet dan ngga tengik.
Setelah diperas, keluarkan pakai bantuan garpu, hasilnya? Taraaaa berserabut lembut.. 😄

20120826-002404.jpg

Tips :
Mending pakai food processor saja, praktis dan tidak cape, hasilnya sama saja ko berserabut.

Peras minyak betul2 kering, biar ngga cepat basi dan serabutnya cantik, paman pernah pakai saringan kelapa ditaruh di atas kaleng/mangkok lalu di atasnya cobek yg berat, jd turun jg tuh minyak🙂

14 thoughts on “Abon ala teh Dewi

    • Iya sama, dimakan pakai sangu anu panas hhhmmm trs dikeupeul2 alias dibulet buletin, trs pakai kerupuk, nikmaaat deh 😁
      Sayang hrs bikin sendiri, teu tiasa beli… 😦

      • Wuiihh.. mupeng tu Teh. Makanya segera kembali atuh Teh…
        Btw, Teteh di sana masih berapa lama lagi yak ? Hmm..sapa tahu bisa ketemuan… (Aamiin Ya Rabb)

        **Saya sudah di Jogja Teh,,sudah kembali bertugas sesuai rutinitas ^^v

      • Teteh mah sptnya sampai nini-nini atau sampai menutup mata🙂
        Mas Tri sptnya sampai pensiun ya disini, inshaAlloh.
        Aamiin … Mudah2an bisa ketemuan ya Non, eehh teteh ada rencana kalau liburan mau ke Jogja juga, kemaren belok ke Jepara, pantai Bandengan 4 hari, tdnya mau ke Jogja.

  1. Wuaahhh… betulan Teh ? Okey deh kalo begitu. Doakan saja Teh semoga Fellowship atau Scholarship saya di UK ketrima tuk taun depan. So, saya bisa tuh suatu ketika mampir di daerah Teteh. Aamiin Ya Rabb.

    Kapan Teh ke jogja ? Kapaaaaaaaaaaaaann ?? hayuuk hayuukkk ketemuan. ^^v

    • Sebetulnya ngga susah buatnya, apalagi ngga perlu dipukul2, tinggal ancurin pake mesin, puter sebentar saja, bumbuin trs goreng, yg penting di presnya itu teh Nur, biar garing dan hasilnya berserabut, sok atuh wilujeng nyobian🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s