Mie Ayam ala Nürnberg

Kemarin terbayang bayaaang dimataaaa…eh ko malah ngedangdut hehehe

Kebayang enak kali ya kalau dingin2 makan yang berkuah, pedas juga, terus ngobrol sama barudak bikin Mie Ayam yuuuk… pertama mereka masih bingung, terus saya kasih liat gambar-ambar di mang gugel, terus antusias bilang “yaaaaaa……”

Akhirnya kemarin bikinlah mie ayam ini, und voalaaa inilah penampakannya,

Ada yg mau resepnya? begini nih, mudah cepat dan enak, tapi bitte jangan tanya takarannya yaaah..suka-suka saja alias secukupnya😀

Bahannya :

– Mie segar secukupnya, rebus sesuai petunjuk.

– Dada ayam, potong kecil-kecil

– Jamur merang, cincang

– Bawang Putih secukupnya, cincang

– Minyak wijen

– Bawang daun, iris halus, separuh buat taburan, separuh buat kuahnya.

– Bawang goreng

– Garam, merica, kecap manis, kecap asin, gula semua secukupnyaaaa…:)

– Tulang ayam buat bikin kuahnya, soalnya ngga ada ceker ayam😦

– Pak coy, Siomay atau apa ya namanya Dumpling yang isi sayuran.

– Sambel instan atau cabe rawit.

Cara membuat taburannya :

Panaskan wajan, lalu tumis bawang putih sampai wangi, masukkan ayam, aduk sampai kaku, lalu masukkan jamur, terus masukkan kecap asin dan manis, garam dikit, merica, gula pasir dikit buat penyedap, lalu minyak wijen, cicipi lalu sisihkan. Kalau ingin berkuah, bisa tambahkan sedikit air saja yaaa..ntar jadi semur doong😀

Bikin kuahnya, rebus tulang taleng ayam atau ceker ayam sampai empuk, eh tulang mah susah empuknya ya…ya gitulah ngerti kali maksud saya🙂

Tumis lagi bawang putih, lalu masukkan ke dalam kaldu ayam, beri garam, merica dan kasih bawang daun, masukkan Baso dan Dumplingnya.

Cara penyajian :

Siapkan mangkuk, isi dengan minyak sayur/minyak ayam bisa dibuat dari lemak ayam/kulit ayam, beri sedikit kecap, tata Mie yg sudah direbus, aduk-aduk, lalu taburi dengan tumisan ayam lalu taburi bawang goreng dan irisan bawang daun.

Untuk kuahnya, ya tinggal masukkan semuanya ke mangkuk yg satu lagi, makan terpisah atau mau disatukan ya suka-suka…kasih sambel hhhmmmm…. leckeeeeer.

Met mencoba..kalau ada yang mau🙂mie ayam

97 thoughts on “Mie Ayam ala Nürnberg

  1. Huaaah.. Keliatan enak banget teh..
    Aku dulu sempet nyoba bikin mie ayam juga. semua udah jadi, manis. Eh pas rebus mie-nya malah gagal. Mienya masih bau banget dan keras gitu deh. Pas aku rebus lagi malah jadinya lodoh lembek2 gt.. Hik hiks..

    • Perasaan udah polow polowan yah, ko tandanya masih plus *heran alis jadi satu😀

      Tapi teteh pakai mie telor aja neng Bebe, lebih yakin gitu, kalau mie segar mah, udah mahal, trs kalau belum pengalaman mah suka gagal gitu.
      Naaah sudah pengalaman ngerebusnya khan, sok atuh bikin lagi, ini mah motretnya pakai HP seperti biasa jd hasil gambarnya kurang bagus.

      Gimana disana? Masih dingin? Saljunya masih tebal? Disini mah teu puguh, seminggu plus eehh besok2nya minus lagi, salju lagi.. Bikin pada sakit, sehat2 semua disana yaaa …

      • Udah lumayan anget Teh, tapi masih suka turun salju nih. Emang bikin badan ga enak ya kalo cuaca kayak gini terus.

        Semoga yang disana juga sehat2 aja Teh. ^^

    • eh be, belinya mie basah apa mie kering? kalu mie basah, disiram air mendidih aja, bentar dowang.. kalu mie kering sesuai petunjuk deh.. ada yang cukup 3 menit di air mendidih ato semenit.. jangan taroh di air biasa terus rebus ya.. kudu tunggu air mendidih baru gabrukin mie keringnya.. aduk-aduk biar terpisah..
      bikin mie ayam itu enaknya pake minyak wijen dan kecap.. jadi kaya semurin dulu ayamnya..

    • Eeeh udah besar masih suka …..*kasih tisu*😀

      Enak dooong, kata anak2 dan suami, soalnya emaknya bilang “kalau bilang ngga enak, ntar mama ngga mau bikin lagi !!!” eehh bukan bilang ya..ngancem namanya😀

  2. Mbak Wie ini pinter masak ya, khan bikin mie ayam pasti ribet ya
    lihat fotonya bikin aku laperr mbak , sayang nggak di tanah air jadi ngak bisa langsung melampiaskan keinginan buat makan mie ayam

    • Gampang bangeet mbak Ely, semua serba iris, mie nya bisa beli mie Jerman yg itu lho yg bentuk keriting.
      Bumbunya kaya orang Jerman, merica garam baw putih. Asianya cuma kecap manis, kalau mau kecap asin, sama minyak wijen. Dekat ke toko Asia khan mbak? Ayoo dicobaaa… Dumpling nya yg isi sayuran ada di toko asia beku.

    • Emang enak hehe… Soto? Kebetulan kita sekeluarga lg sakit, teteh lumayan K.O kemaren blm sehat banget, sudah di bom lg nih. Jd Soto mah rada ribet, banyak perentilan/pelengkapnya, jd buat yg gampang sajalah, 30 menit beres. InsyaAllah kalau diberi kesempatan ketemu ya Non🙂

  3. Ping balik: Very Inspiring Blogger Award | Catatannya Sulung

  4. maren dong bikin mie ayam pake jamur portobelo.. ga ada merang deh.. iya ayamnya juga ku semur dulu tapi.. namanya semur ayam gitu dan dipotong dadu.. seringnya sih semur babat-usus kalu mo bikin mie ayam gini.. *kudu kurangin jerohan nih..
    haduh coba tetanggaan, bisa masak bareng kita.. tukertukeran makanan..

  5. Ini kenapa ya pada ngomongin makanan. Hari ini saya posting di blog ttg martabak mini jepang, buka blognya Teteh, eh disini cerita tentang Mie Ayam.
    Sanes heureuy ieu mah, nembe tos nuang mie ayam. Meser di payuneun gang, pagaos mung 5000 rp saporsina. Balakecrakan sareng si mamah tur barudak, nikmati mie ayam sasarengan. Nikmat pisan…
    Salam,

    • Sabar ngantosan April nya…. teteh mah ngga tau nih kapan pulangnya, cari yg murah dulu deh tiketnya😀

      Sok atuh dicoba dulu Mie Ayam Jayapurana… ntar bagi2 pengalamannya, rasanya kumaha, penampakannya kumaha😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s