Jadi kapan doong..?

Saya teh suka sama Winter, tapi kalau dikasih winter sampai hari ini mah duuuhh ngga enak jugaaa.
Kata kalender mah sudah masuk musim semi, dimana bunga2 Tulip dll mulai mekar, lhaaa ini mah, salju lagi salju lagi, minus lagi minus lagi 😦
Eeh ngga boleh ngedumel, nikmati sajalaahh… Maafkan ya Allah, tp kalau boleh meminta, hadirkan Matahari yg sudah berminggu-minggu sembunyi.
Met berhari Senin…semangkA *semangat karena Allah*

20130325-074057.jpg

20130325-074111.jpg

Iklan

Teee….Sateeee..!!!

Hari Minggu itu hari masak yang agak gimanaaa gitu, sejak kapan hari, kepengen makan Sate. Ajak kang mas beli daging Sapi Muda, buat dibikin sate ala Mamah Dewi 🙂
Lebih enak pakai daging sapi yg masih brondong, 😀 karena dagingnya ngga alot dan cepet empuk.
Lagi emoh sate embe juga soalnya.
Ini bumbu buat merendam dagingnya.

1 kg daging sapi muda/kambing/ayam potong sesuai ukuran sate deeh.
3 sdm ketumbar bubuk
1 sdm bawang putih bubuk
2 sdm minyak goreng
2 sdm madu
Kecap manis dan kecap asin secukupnya
5 sampai 10 Daun jeruk purut iris halus.
Aduk semuanya, biarkan daging 2 jam taruh di kulkas yaaah.

Bumbu kacang :
1 gelas pasta kacang/pindekaas 500 gr
100 ml air
1 kaleng santan/ 400 ml
Gula merah secukupnya
Garam secukupnya
10 atau lebih daun jeruk purut, buang tulangnya.
Biasanya saya suka pakai bawang putih bubuk sedikit, sambel ABC apa Indofood sedikit biar warnanya agak cantik, ngga pake jg ngga apa3.
Semua campur, masak sampai keluar minyaknya/kental.

Acar nya mah sudah pada bisalah buatnya, Timun, wortel, bawang merah, cabe rawit potong suka2, kasih cuka dan gula sedikit, bereees.

Bakar sate, sajikan dengan lontong/nasi, acar dan kurupuk, kasih kecap juga.
Selamat makaaaaan …:)

20130322-123454.jpg

20130322-123507.jpg

Empek-empek Adaan

Hari Minggu kemaren, pas buka kulkas, eeehhh lihat kinca sisa yg buat cendol, sengaja buat kinca tanpa daun pandan, biar bisa dipakai masak, atau untuk campuran yg lain.
Buka freezer, lihat ada ikan victoriabars fillet, nah ikan ini punya aroma persis ikan Tenggiri, dagingnya ngga pyar kalau dibuat Siomay atau empek-empek. Dan memang saya sukanya pakai ikan ini kalau buat Siomay/Empek2.
Resepnya? Ubek2 mbah gugel, tp akhirnya pakai resep feeling hehehe, but hasilnya enaaaak kata orang rumah, herus bilang enak, kalau ngga emakna ngga bakalan bikin lagi alias pundung bin mutung 😀
Orang rumah sukanya jenis Adaan, tp tanpa santan. Lebih mudah ngga ribet.

Bahannya Empek2 Adaan ala Teh Dewi
1 kg fillet ikan victoriabars/ Tilapia
500 gram kanji
400 ml air
3 sdm garam
1 sdm kaldu ayam (ngga juga ngga apa2)
2 telur ayam kocok lepas.
2 sdm atau 1 sdm gula pasir.
Bawang merah 5 atau 6 siung, iris/cincang
Bawang daun 2 batang, iris halus.
Timun
Minyak buat goreng

Buat Cuko :
250 gr gula merah, iris
350 ml air kurleblah… Lihat saja sesuai keinginan encer/kentalnya.
Garam secukupnya
Cabe rawit secukupnya, tergantung kesukaan pedasnya. Saya mah cemplungin cabenya, soalnya anak2 ngga doyan pedes, biar gecek sendiri deh.
Air asam jawa, naaahh suka2 juga hehehe
Bawang putih 3 dikeprak.

Caranya :
Ikan haluskan, saya pakai kuchenmaschine, lalu pindahkan ke mangkuk, beri air, aduk rata, lalu masukkan garam, aduk lagi sampai terlihat kental, baru masukkan gula dan kaldu aduk rata. Lalu campurkan telur, aduk terus sampai rata. Masukkan bawang merah dan bawang daun, lalu masukkan kanji, asal kecampur saja yaahh soalnya ntar jd keras dan alooot.
Saya ngaduk Kanjinya pakai centong nasi, krn kalau pakai tangan takut terlalu alot.
Adonan lembek ini mah, ambil 2 sendok, adonan bisa dibentuk pakai bantuan sendok, atau pakai tangan persis kalau bikin baso daging, goreng sampai kuning dgn api sedang.
Sajikan dengan cuko dan irisan Timun.
Nyam…nyaaaamm….

Cuko mah buatnya semua bahan masukkan didihkan, jadi.

Di foto ada empek2 lenjer, iseng coba coba, bentuk pakai tangan yg dibalur kanji yg buanyaaak, rebus, ngambang angkat, dinginkan lalu goreng.

20130319-134623.jpg

20130319-134650.jpg

20130319-134717.jpg

Doool..Cendoool …!!!

Sudah lamaaa, Ola pengen Cendol.
Sebetulnya waktunya ngga pas nih, soalnya sejak Jum’at suhu turuuun terus, tp alhamdulillah, Jerman selatan mah ngga dihujani salju, suhunya pun diatas 0, beda sama yg di utara dan tengah, yang suhunya beda 10 derajaaat !!!
Pagi jam 9 sudah prak prik prek di dapur, dibantu Ola pastinya.
Ayo mari kita kemon Olaaa… 😀
Oh ya ada 2 resep yg saya coba, wiih rajin yaah hehehe tp cuma ngebalik takaran Kanji sama Tepung Berasnya doang. Karena ngga ada daun suji, dan kebetulan punya pasta pandan, ya pewarna cendol pakenya itu.
Sebelum lupa, ngga ada cetakan banyak pilihan, tp akhirnya pake parutan yg bolongnya gedeee, ada sih tempat sendok ikea, bolongnya pas, tp lagi males nyuci 😀
Pokoknya jadi laaaah.

Ada yg warnanya hijau tua, itu banyak kanjinya atau Hunkuwe, yg agak muda, resepnya dibalik tuh hehe
Resep bikin cendol ternyata banyaaaak sekali, sampe bingung, aahh bismillah kira2 dalam bayangan enak, ya bikiiin.
Ini buat 12 gelas tinggi yaah

Bahan cendol :
150 gr hunkuwe/ kanji/maizena, tepung hunkuwe ada jg versi toko asia sinih 😀
50 gr tepung beras
1300 ml air
1 sendok makan pasta pandan, atau kira2 sesuai warna yg diinginkan.
1 sdt peres garam

Kinca :
150 gr gula jawa, iris kalo rajin, saya seblok gitu cempluung hehe
4 sdm gula pasir
250 ml air

Santan :
1 kaleng santan
Air secukupnya dan garam

Nangka potong kotak2 kecil dan alpukat (kalau suka) jangan lupaaa nya.

Cara buatnya :
Tepung campur dgn garam, dan sedikit air biar nyampur dan ngga gumpal, masuk pasta pandan, lalu ke panci isi air, masak sambil diaduk2, jangan ditinggal, aduuuuk terus sampe kalis.
Sisihkan.
Ambil mangkok besaar isi air dan es, ambil adonan, cetak, biarkan cendol jatuh ke air dingin.

Kinca mah semua masak sajalaaah, semua dimasukkan, sampe mendidih.

Santan jg begitu, campur air dikit, kasih garam, jadi deh.

Cara penyajiannya suka2, Kalau kita mah, Kinca, cendol, nangka, alpukat lalu santan dan es batu.
Voalaaaa… Guten appetit ❤

20130312-151938.jpg

20130312-151959.jpg

20130312-152101.jpg

20130312-152136.jpg

20130312-152159.jpg

Von meinem iPhone gesendet

Makanan dan warna kulit.

Ini tentang cerita lama, lagi teu tiasa eh ngga bisa tidur, yo wes nulis aahh 🙂

Suatu ketika disatu malam , anakku Ina tiba-tiba masuk ke kamar sambil nangis, kalau dia ngga bisa tidur “Mama, ich kann nicht schlafen” cenah.
Karena terpotong, ya jadinya susah lagi buat tidur. Sambil memperhatikan dia tidur disebelahku, tiba-tiba ada satu pertanyaan muncul di kepalaku… apa benar pengaruh makanan saat kita hamil mempengaruhi warna kulit anak? *mikiir alis bersatu he..he… hipotesaku saat itu BENAR !!! terus jadi mencari-cari jawaban atau pembenaran dari hipotesaku atuuhh…..eh doooong 😀
Pertama : waktu hamil anak yang kedua (Aura/Ola) saya saat itu lagi doyan banget makan makanan yang dibakar, entah itu ikan bakar, ayam bakar pokoknya yang dibakar atau dipanggang. Begitu lahir..oalaaa anakku kulitnya ko gelap ya? tapi maniez lho..hitam manis kata orang mah.

Kedua : Waktu saya hamil anak yang ke 3 (Rina/Ina), saat itu saya suka banget makan ikan, pokoknya serba ikan..(tp bukan ikan bakar!), apalagi gulai kepala ikan kakap yang di rumah makan Padang…hampir 3 kali seminggu bahkan lebih. Naahhh waktu lahir, anakku kulitnya putih !!!!!! dan yang paling mengherankan….boleh percaya atau tidak, tp wajib percayalah sama saya *heeuuuh maksa pisan* bibirnya pun kaya mulut ikan agak tebal gitu !!!! kata orang Sunda mah jeding !!! tapi sexy gitu..kaya Angelina Jollie heu..heuy
Ketiga : Kakak iparku waktu hamil anaknya yang ke 2, senang makan cumi-cumi, yang dimasak pedas, kalo dimakan keluar tinta yang hitam-hitam (hhmmmm sedaaapp), kata penjual ikannya, “Mba Mimin, jangan makan ikan sotong terus, nanti anaknya ireng lho!!” gitu..Iparku cuma ketawa-ketawa… ternyata….saat lahir anaknya kulitnya gelaaap, beda banget sama yg pertama putih gitu… Jadi kesimpulannya hipotesa saya dapat dipertanggunjawabkan doong eh atuuuh 😀 beuuh ini dong sama atuh ikutan wae hehe
Nah sekarang giliran teman-teman..dan saudara-saudarah sekalian, apakah bisa menolak atau membenarkan hipotesa saya nggaaaa ???

20130308-235904.jpg

20130309-000004.jpg

20130309-000026.jpg

Foto diambil waktu mereka mau nari Pasambahan, yg pakai kerudung itu anaknya sobat saya 🙂

Wilujeng berakhir pekan, semoga penuh berkah Allah SWT..aamiin.

Bahagia itu……

Bahagia itu kadang datang bukan dari hal-hal atau kejadian-kejadian yang besar, kadang bahagia datang dari hal-hal yang sangat ringan, dan bahagia kami datang dari yg ringan yaitu Kerupuuuuk …!!!!
Yupz… Bahagia itu ketika menghadapi sebakul kurupuk 😀

20130305-090556.jpg

kurupuk20130305-090610.jpg