Empek-empek Adaan

Hari Minggu kemaren, pas buka kulkas, eeehhh lihat kinca sisa yg buat cendol, sengaja buat kinca tanpa daun pandan, biar bisa dipakai masak, atau untuk campuran yg lain.
Buka freezer, lihat ada ikan victoriabars fillet, nah ikan ini punya aroma persis ikan Tenggiri, dagingnya ngga pyar kalau dibuat Siomay atau empek-empek. Dan memang saya sukanya pakai ikan ini kalau buat Siomay/Empek2.
Resepnya? Ubek2 mbah gugel, tp akhirnya pakai resep feeling hehehe, but hasilnya enaaaak kata orang rumah, herus bilang enak, kalau ngga emakna ngga bakalan bikin lagi alias pundung bin mutung😀
Orang rumah sukanya jenis Adaan, tp tanpa santan. Lebih mudah ngga ribet.

Bahannya Empek2 Adaan ala Teh Dewi
1 kg fillet ikan victoriabars/ Tilapia
500 gram kanji
400 ml air
3 sdm garam
1 sdm kaldu ayam (ngga juga ngga apa2)
2 telur ayam kocok lepas.
2 sdm atau 1 sdm gula pasir.
Bawang merah 5 atau 6 siung, iris/cincang
Bawang daun 2 batang, iris halus.
Timun
Minyak buat goreng

Buat Cuko :
250 gr gula merah, iris
350 ml air kurleblah… Lihat saja sesuai keinginan encer/kentalnya.
Garam secukupnya
Cabe rawit secukupnya, tergantung kesukaan pedasnya. Saya mah cemplungin cabenya, soalnya anak2 ngga doyan pedes, biar gecek sendiri deh.
Air asam jawa, naaahh suka2 juga hehehe
Bawang putih 3 dikeprak.

Caranya :
Ikan haluskan, saya pakai kuchenmaschine, lalu pindahkan ke mangkuk, beri air, aduk rata, lalu masukkan garam, aduk lagi sampai terlihat kental, baru masukkan gula dan kaldu aduk rata. Lalu campurkan telur, aduk terus sampai rata. Masukkan bawang merah dan bawang daun, lalu masukkan kanji, asal kecampur saja yaahh soalnya ntar jd keras dan alooot.
Saya ngaduk Kanjinya pakai centong nasi, krn kalau pakai tangan takut terlalu alot.
Adonan lembek ini mah, ambil 2 sendok, adonan bisa dibentuk pakai bantuan sendok, atau pakai tangan persis kalau bikin baso daging, goreng sampai kuning dgn api sedang.
Sajikan dengan cuko dan irisan Timun.
Nyam…nyaaaamm….

Cuko mah buatnya semua bahan masukkan didihkan, jadi.

Di foto ada empek2 lenjer, iseng coba coba, bentuk pakai tangan yg dibalur kanji yg buanyaaak, rebus, ngambang angkat, dinginkan lalu goreng.

20130319-134623.jpg

20130319-134650.jpg

20130319-134717.jpg

90 thoughts on “Empek-empek Adaan

    • Euuhh sama kaya Atul… sukanya tanpa cuko, ya dimakan gitu aja… Sate baso ikan🙂
      Mateng…pada ngambil..mateng pada ngambil… siang2 sisanya tinggal dikit, malam? bikin nasgor hehehe

      • Ini langsung saya sisihkan mbak Tintin, buat mas Tri, jd begitu matang ambil bbrp sebelum raib hehehe

        Kaya cemilan jadinya, ngga perlu duduk manis makannya…😀

    • Ko bisa gagal bentuk? kurang tepung kanjinya kah? ini buat yg lenjer susaahh…pake tepung tapiokanya banyak banget waktu ngebentuknya.
      aahhh yang penting uenaaak…🙂

      • Kayaknya dulu dicampurin terigu juga trus sempet keenceran jadi telur isiannya pada keluar😦

      • aahh bikin empek2 kapal selam yaah?
        Buatnya ditaroh di mangkok atau gelas gitu..jadi ngebentuknya ngga susah…katanyaa…
        dulu pernah buat yg mini2… ya itu resiko pada ngga mau diem didalam ya..pengen nengok dunia luar telurnya😀

  1. wah kayaknya membangkitkan semangat pengen mencoba aku yang nggak jadi-jadi terus. dulu udah nyiapin resep, eh tau deh wurung nyoba. padahal suka banget nih.
    catat ah. ntar beli tengiri klo pas ke depo ikan.

    • Sebetulnya ada ikan tenggiri beneran mbak Prita, namanya keren juga “spanieschen Makrelen” kalau ngga salah, cuma susah dapatnya, lagian Ikan Tenggiri terlalu menyengat baunya. Si Victoria lebih lembut hehehe

  2. Ping balik: Eseng-Eseng Kecap | Catatan Hidup

  3. ngenceessss…slurrppp…:P. paling suka adaan ama kapal selam teh, kalo lenjer terlalu imut, ga puas makannya…qiqi. viktorian ini kulitnya bisa dipake buat pempek kulit jg ga teh?

    • Lha kalau lenjernya 10 mah, kenyang juga atuuuuh hehehe
      Bikin yg kapal selam itu, lebih sering pd keluar itu telurnya, blm ahli.
      Nah kalau si Victoria ini sudah ngga ada kulitnya, jd betul2 fillet gitu.

    • Jago mah ngga Noon, tapi dipaksa harus bisa, soalnya khan disini mah ngga ada yg jual jajanan/makanan/minuman Indonesia, jd ya harus bisa buat🙂

      Lha kemana yaaa..?? *cari2 dikolong*

  4. wah pempek adaan yah….begitu banyak dan beragam yah resep membuat pempek palembang..saya aj sebagai org palembang kadang bingung..soalnya beda guru beda resep😛
    tapi diluar itu yang penting enaaaaaak😀

    • Pokoknya niih, semua yg dari tepung kanji, dimakan pake Cuko itu buat teteh mah Empek-empeeek hehehe

      Betuuul, yg penting uenaaak🙂
      Eh biasanya dicampur dgn tepung yg sudah dimasak spt bubur ya? Biangnya apa gitu. Teteh mah cari praktisnya sajalah.

  5. Tetehh.. Udah lama nggak mampir ke sini. Ih kita sehati. Kemarin juga rini baru makan pempek adaan. cuma dibeliin mama. ntar kapan-kapan mau ah bikin sendiri.

    *mengumpulkan niat tulus*

    wkwkwkwkk..😀

  6. Ping balik: Naat..Donaaat… Bulat dan manis. ^_^ | NengWie

    • Siiip laaah… Sapertosna mah raos wae upami olahan tinu daging ikan mah nya Kang.. Mung daging lauk teh, aya anu tiasa nyampur sae sareng aci, aya anu kirang sae.. Eta wungkul kangge empek2 mah anu gampil/sae nyampurna.

  7. Ping balik: Pek-Pek Adaan | grossekochbuch

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s