Teee….Sateeee..!!!

Hari Minggu itu hari masak yang agak gimanaaa gitu, sejak kapan hari, kepengen makan Sate. Ajak kang mas beli daging Sapi Muda, buat dibikin sate ala Mamah Dewi🙂
Lebih enak pakai daging sapi yg masih brondong,😀 karena dagingnya ngga alot dan cepet empuk.
Lagi emoh sate embe juga soalnya.
Ini bumbu buat merendam dagingnya.

1 kg daging sapi muda/kambing/ayam potong sesuai ukuran sate deeh.
3 sdm ketumbar bubuk
1 sdm bawang putih bubuk
2 sdm minyak goreng
2 sdm madu
Kecap manis dan kecap asin secukupnya
5 sampai 10 Daun jeruk purut iris halus.
Aduk semuanya, biarkan daging 2 jam taruh di kulkas yaaah.

Bumbu kacang :
1 gelas pasta kacang/pindekaas 500 gr
100 ml air
1 kaleng santan/ 400 ml
Gula merah secukupnya
Garam secukupnya
10 atau lebih daun jeruk purut, buang tulangnya.
Biasanya saya suka pakai bawang putih bubuk sedikit, sambel ABC apa Indofood sedikit biar warnanya agak cantik, ngga pake jg ngga apa3.
Semua campur, masak sampai keluar minyaknya/kental.

Acar nya mah sudah pada bisalah buatnya, Timun, wortel, bawang merah, cabe rawit potong suka2, kasih cuka dan gula sedikit, bereees.

Bakar sate, sajikan dengan lontong/nasi, acar dan kurupuk, kasih kecap juga.
Selamat makaaaaan …:)

20130322-123454.jpg

20130322-123507.jpg

57 thoughts on “Teee….Sateeee..!!!

    • Siaaaap…. mbak Ely…!!!!
      Ayoo kapan main ke selatan? kita bakar2 atau buat2 apa gitu bareng-bareng.

      Ini mah pake panggangan listrik mbak Ely, di luar lagi bersalju, pokoknya dapur ngebul sama asap sate deh aahh biarin sajaah, saking pengen banget makan Sate😀

      • Ieu nuju pupuringisan puguh na ge……. mani nyareri, asa ting sereset. Tapi keun we ah, da enjing-enjing pisan tos bade dikontrol.

        Sumuhun, da abdi ge parantos nuturkeun de Dewie. Nuhun nya tos keresa janten rerencangan abdi.🙂

      • Duuh kedah masihan komentar naon atuhnya teh, upami abdi ngaos teh Julie nuju teubraos teh? Semoga cepat berlalu teh sakitnya, diringankan sakitnya… Sareng mugi Allah nyehatkeun deui teh Julie..syafakillah ..aamiin.

        Iihh sanes rerencangan atuh Teteeeh, abdi mah hoyong di angken janten rayi upami teh Julie kersa mah. *keukeuup*

  1. Aku gak pernah bikin sate, palingan kebagian ngipasin doank klo lebaran haji. tapi baca ni resep kayaknya gampang *sokPD* bisa dicoba kapan2

    • Tapi beneran gampang ko mbaaak…:)
      Paling enak kalau ketumbarnya disangan dulu baru dihaluskan, biasanya saya sangan banyak2, trs digerus taruh di botol, nah tarakarannya, bisa suka2 senang wangi ketumbar, bisa dibanyakin dan gak perlu halus2 banget numbuk ketumbarnya.
      Selamat mencobaaa🙂

    • Pasti bisa dan nanti pasti deh nemu rasa yg pas di lidah keluarga, pokoknya disesuaikan dgn selera masing2, sate ini rasanya agak manis dan beraroma ketumbar plus daun jeruk🙂

  2. bumbu sateku simpel deh, kecap+bawangmerah diulek+garam.. rendem semalaman tutup dengan daun pepaya.. gitu saja udah mantap jaya.. tinggal panggang deh ato diopen..

  3. Kalau mau enak lagi.. direbus dulu dagingnya setengah mateng terus tiriskan dan mulai potong2.. Dan jangan lupa taruh lemak sapi ditusukan kedua biar tambah maknyus..

    • Mas Moes, ini khan daging sapi muda, matengnya cuma 15 menit kurang, masih lembut, kalau digodog malah ancur🙂
      Naaah lemaknya itu yg lecker… Sayang susah jg cari lemak sapi.

      • Owh iya.. bu’e hidup disana ya.. kalau di indo gampang ya hehehe.. Owh biasanya kalau sapi enak buat sate padang hehehe.. ah dibuat apa saja saya suka.. *dasar tukang makan

  4. aku lg suka bgt makan sate kambing yg msh brondong teh..
    pernah denger sate klathak? tusuknya pake besi (steril loh) yg bentuknya mirip jeruji roda sepeda..
    terkenalnya di Bantul, Jogja
    cuman agak mahal, setusuk harganya 6rb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s