Tutug Oncom ala Nürnberg

Dari jaman kapaaaan baca status orang, cerita orang di Bandung soal nikmatnya makan Nasi Tutug Oncom, terus liat-liat di mbah Gugel foto2nya..resepnya, ngga sulit ternyata…tapiiiiiii….. yang bikin bete duluan dan males, disini mah ngga ada eta si Oncom teh😥

Setelah tertunda sekian bulan, akhirnya dapat informasi, kalau Oncom, bisa diganti dengan Burger yang buat Vegetarian, dibagian Bio  Langsung semangat lagi deh buat bikin si TO ini.

Pertama dapat di supermarket besar, bentuknya mirip daging burger, cuma agak kering, pertama masak, kayanya kebanyakan nasinya deh..:) terus yang kedua, dapat di supermarket kecil dan yang ini lebih gurih ternyata..alhamdulillah, lebih berasa Oncomnya.

Kemarin buat lagi TO karena sudah janji sama sobat yang kepengen banget makan TO,  karena seumur-umur belum pernah kenal sama Oncom😀

Ini nih cara buatnya dengan resep sesuai selera sayah tentunyaah😀

Bahannya :

– Satu kotak Burger Vegi, kurleb 180 gr

– Kencur sejempol kalau saya mah 2 jempol..bukan jempol gendut yaaah..soalnya saya suka pisan aroma Kencur.

– 6 buah Cabe merah, aslinya mah diulek, saya mah diiris sajaaah.

– 6 siung bawang merah

– Bawang putih 1 siung, berhubung saya ngga doyan bawput, saya ngga pake…:D

– Garam, gula pasir secukupnya

– Minyak buat menumis.

– Nasi 4 piring gitu.

– Daun pisang

– Ikan asin, lalab sambel dan jangan lupa Kurupuuuuk…sebagai teman makannya.

Cara membuat :

Haluskan Bawang merah, Bawang Putih, Kencur, lalu tumbuk kasar saja itu si “Oncom”

Siapkan wajan, panaskan minyak, tumis semua yang sudah dihaluskan..plus irisan cabe merah, setelah wangi, masuk Oncom, beri garam dan sedikit gula pasir, pengganti penyedap. Aduk2 sampai wangi kurleb 3 menitan deh, lalu masukkan Nasi yg sudah matang yaaa.. mirip nasgor deh jadinya. Cicipi..lalu angkat.

Bungkus Daun pisang, lalu bakar sebentar, aroma daun yang dibakar bikin Nasi TO lebih muantaaab daah, tapi ngga dibakar lagi juga okeh kooo..

Image

TO yang pertama

Image

TO yang kedua, makan malam kemaren.

Image

Edisi kumplitnya..pake pepes ikan.

Yo wes… tinggal dinikmati eh dimakan..hhmmmm..nyam..nyam…Leckeeer..:)

95 thoughts on “Tutug Oncom ala Nürnberg

  1. itu ikan asin kaya ikan pindang ya..
    dan nasinya mirip nasgor deh, ternyata TO.. dan itu kerupuknya mirip kerupuk pakdhe dj yang blom lama diposting.. dari sidoarjo?

    • Pokoknya mah harus kreatip gitu hehehe
      Kaya mau bikin Empek-empek bisa pakai Victoriabars Fillet, atau Tilapia fillet gitu. Air kelapa kalau mau buat ayam Pop, pakai campuran air soda sama gula pasir..:)

      • Belum pernah kalau bikin kopyor begini mah, soalnya ada dijual kelapa yg mirip kopyor, ya ngga selembut kopyor sih, jd ngga kepikiran buat nyoba buat.
        Ntar ngegugel juga aahh🙂
        Ya Alloooh mbak Tintin… Eta kepala siapa yang diblendeeer..??? Hihihi

    • Betul sekali, mirip nasi goreng, tapi kalau aslinya, Oncomnya sedikit gitu..ini mah Teteh buat Oncomnya banyaak biar berasa..jadi penampilannya lebih coklat mirip nasgor yg berkecap.

    • Ma kasiiiiiih.. ini mah fotonya aja, rasanya khan belum tentu…🙂
      Iya betul, kata Mas Tri, di pasar Petarukan, ngga ada itu bibitnya, mungkin mesti ke pasar di Pemalang.

  2. Ihhhh… kenapa kita bisa sehati siiiih…
    Tadi siang saya bikin TO. Udah dipoto-poto mau di posting resepnya. Eh, keduluan Teh Dewi.
    Saya mah pake leunca buat lalapannya. Cucok pisan.

    • Postiiiing…. anu teh Novi sigana lebih lecker deeeh…
      Leunca? Muahaaaal…kurleb 20 biji gitu harganya 1 euro lebih😥
      Pdhl kepikiran bikin Ulukutek Leunca nih.

      • Huaaaa…. mahal pisaaaaan…
        Saya mah kemarin minta aja dua runtuy sama tukang sayur. Bonus belanja.. hihihi..
        Da makannya juga sendiri. Yang lain mah nggak suka leunca.

        Besok deh saya cobain posting. Tapi fotona punya teteh mah keyen… pikabitaeun. Jadi minder duluan..🙂

      • Eeuuh senangnya “nyobat” sama mamang sayur😀
        Eh Leunca mentah, cikur, cengek garam, gula beureum wuaaahh jd ngacay begini😀

        Pokona mah diantos nya Teh, aya foto Leucana teu Teh?

    • Iya ternyata burgernya vegi itu rasa Oncom banget, tapi teteh cocoknya yg Aldi punya, lebih berasa gitu dan ngga kering.
      Combro? naaahh belum buat teteh Combro mah, soalnya mau jg bersua sama si Oncom itu. Malahan pengen Ulukutek Leunca😀

      • sippp teh, untung teteh tulis berger vegi ex aldinya, trims ya.

        hihihi leunca saya tau teh tapi ulukutek baru kali ini loh denger. mmm jadi penasaran deh…🙂

        salam
        /kayka

    • iya..mbak Indri, Burger ini kalau lihat bahan2nya sih dr Kacang kedelai,
      Disini dijual banyak pisan macamnya, ada Sosis, lasagna, perkedel “daging” , jd pengen nyicipin semuanya🙂

      • Wah penasaran sama perkedel daging vegan
        Katanya kalau jamur sitakhe buat gantikan daging teh

      • Waahh kalau jamur Shitake mah teteh belum tau malahan bisa gantiin daging, kandungan nutrisinya apa karena bentuknya ya? Abis kenyol2 gitu hehehe

  3. iih ngiler..suka sama oncom item! biasanya suka dipepes.. tp di depok gak ada yg jual euy, entah knapa gak ada yg juala oncom item di depok. kalau oncom merah sih ada. jadi mesti nitip beli sama skalian bikinin sama tukang masak dikantor

    • Alhamdulillah miriiip…. Tapi teksturnya lebih halus, kalau Oncom mah khan biji kacangnya masih agak besar2 mirip Tempe. Yaaa lumayaaaan obat kangen sama masakan Sunda🙂

      • Setuju teh … lha nanti beli nya pegimane keburu basi donk ya🙂. Btw,,dulu teh wie pernah sekolah tata boga ya kok tiap mampir di sini sering masak2 trs kelihatan enak2 semua *pertanyaan saya gak mutu ya teh :-)*

      • Ngga Noooon… teteh mah ngga pernah sekolah tata boga, berhubung disini mah dituntut bisa masak sendiri, ya meski rasanya mungkin ndak mantap, tp pas difoto ko lumayan cantik hehehe

        Naaahh kenapa postingannya masakan melulu, krn paling gampang diposting, ngga perlu mikir banyak untuk mengolah kalimat, soalnya teteh ngga pinter nulis..begitcuuu Noooon…

        Mutu kalau orang sunda mah itu teh Ulekan..jelas pertanyaannnya tidak bermutu, karena ndak ada Ulekan😀

  4. Ping balik: Tutug Oncom (Jerman) | grossekochbuch

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s