Angklung

IKF atau Indonesischer Kulturverein Franken adalah wadah perkumpulan orang-orang Indonesia di sekitar Franken, Nürnberg sekitarnya. Kegiatannya pokoknya macam-macam deeh, nah salah satunya itu kita punya Group Angklung, berawal ada tawaran dan tantangan dari ketua IKF saat itu Yoga T untuk main Angklung, berani atuuuhh masa ngga berani, siapa yang berniat mau belajar, sepertinya akan bisa, buktinya, group Angklung ini emak-emak semua, yang lebih banyak tidak punya latar belakang pendidikan seni atau malah ngga tau sama sekali soal not dll, makanya di awal-awal latihan niih..lucuuuuu, banyak yg belum bisa menyamakan ritmenya atau tak nya, ada yg suka kecepetan, ada yang terlalu lambat bahkan ada yang ngga bunyi karena sudah kelewaaat😀

Tapi seiring waktu, alhamdulillah..emak-emak jaman sekarang mah cerdas2.. meski kadang masih saja terdengar agak “balapan” tp sudah patut dicungi jempol deeh.

Group Angklung kita sudah mulai dikenal nih, buktinya undangan manggung banyak sekali, tahun ini saja, dari awal Mei sampai bulan September, jadwal manggung padat..:)

Naaaah yang kadang bikin bingung emak-emak itu tak lain dan tak bukan soal BAJUUUUU….hehehe maklumlah khan artis lokal yg sekaligus mewakili nama Indonsia, bangga rasanya jadi duta bangsa, walau masih dalam skala yg masih kecil. Kita sepakat menggunakan pakaian tradisional yang kebetulan emak-emak banyak yang punya dan tahun lalu, saat mereka pulkam, pada bawa baju daerah masing2…seruuu…kalau saya? bagian minjeeeeem hahaha, maklum atuh belum pulkam..*alesaaan* Tapi kalau batik sama kebaya mah punyalaaahh😀

Orang asing itu amat sangat tersepona eh terpesona dan terkagum-kagum dengan Angklung ini, mereka tidak menyangka dari Bambu yg sangat sederhana bisa menghasilkan musik yang indah. Ada beberapa lagu yang kita mainkan antara lain : Hallo-hallo Bandung, Tokecang dan Manuk Dadali, lalu Lagu Hey Jude-nya Beatles sama Titanic, nah minggu depan latihan lagu I be there kang Jackson dan lagi cari lagu Jerman.  Ach so yaaa.. Angklungnya kita pesen dari Indonesia langsung dari Saung Mang Udjo Bandung, sampai saat ini Angklung IKF ada 3 set. Berikut ini ada sedikit foto-foto group Angklung IKF nih..nah yang bertiga ? boleh dooong sedikit narsis, diambil saat selesai tampil tanggal 3 Mei kemaren🙂ImageImageImageImageImageImage

Di Erlangen

Di Erlangen

Image

47 thoughts on “Angklung

    • Kayanya ada temen yg buat videonya, cuma bukan di Youutube, trs teteh ngga tau gimana caranya mengcopy eta videonya …makluum..tapi ntar deh minta dia pindahin ke youtube.

      Tapi kalau video waktu teteh ngenalin Angklung sama anak2 SMP disini ada…:D

  1. Kita lupa bahwa banyak hal di negeri ini yang lebih bagus dibanding barat. Saat mereka kagum, kita bangga. Saat mereka belajar kita sekali lagi hanya mengagumi diri sendiri.

    • Teramat sangat banyak mas Lambang, dan biasanya rasa nasionalisme itu semkin tinggi saat kita tidak berada di negara sendiri.

      Saatnya menjadi duta bangsa, meski masih dalam skala yg kecil.

  2. teh Wie teteup yaa.. yg paling kece diantara emak2 lain.. *ditoyor temen2nya teh Wie😀
    ada videonya gak sih teh? penasaran bgt pose teh wie klo lg main angklung..
    udah berasa jd artis blm teh diundang manggung kamana-mana gitu😛
    di SDku sini jg baru rencana mau ada extra seni angklung loh teh, doanya semoga bs segera terlaksana yaa.. sekali lg, terkendala soal dana😦

    • Waduuuuuuuuh.. teteh terbaaaaaaaaang…hehehe
      hatur nuhuun..ma kasih.. aahhh ini mah hasil fotonya sudah diedit, muka teteh coba lihat duuuhh mulusnyaaa..pdhl kenyataannya mah ngga lhooo… hehehehe, sambil ngebayangin coba muka teteh semulus begini😀

      Naaahh videonya itu ada kayanya, cuma teteh ngga tau gmn cara mindahin atau copy itu video, soalnya dia bikin bukan di youtube. Yang pasti mah yg merasa tinggi harus dibelakaaaaang..!!!😀

      Semoga saja rencananya dapat terrealisasikan yaa…

  3. itu teh yang baju merah paling atas dengan bros emas, kog kaya baju merahku ya..
    dan teteh paling imutimut deh.. kebanyak orang batak nih, lihat yang pake bandana blingbling di jidat..
    itu bajunya bisa saling tuker pinjem ya teh? baju padang biru teteh dipake juga yang lain tuh..

    • Yang kebaya merah itu ya..
      Mungkin karena muka saya yang termasuk kecil mbak Tin, jadi keliatan imut-imut.. pernah waktu temen ke rumah, saya kebetulan ngga pake kudungan, sama-sama perempuan soalnya, eehh pada ketawa sambil bilang, ternyata kalau ngga pake lebih imut-imut lagi hehehhe.. Diantara emak2 itu, saya termasuk yg paling sepuh mbak Tin…ada satu yg usianya beda 1 tahun doang diatas saya.

      Iya..pokoknya kita saling tuker pinjem gitu deh, maklum ngga semua punya baju daerah, kebetulan banyak orang sumatra nih mbak Tintin, Lampung, Palembang jd ya gitu pada pake bling2 di jidat, trs mereka waktu pulkam kemaren bawa bbrp pasang tuh. Meriah deeh.

      Jadi kepikiran nih, saya mau beli juga baju daerah, biar ngga minjem melulu hehehe..bagusnya apa ya…??

      • paling aman ya kebaya teh.. ato baju bodo deh yang ala makasar, bisa warnawarni pun.. sekarang model kebaya juga manismanis, lagi trend tuh kutubaru..

        udah ada loh bandonya orang bali, yang enteng, jadi kalu mo nari bali tinggal pake bando aja.. kembangkembang putih gitu..

        jaaahhh kalu jalan sama anak2 pasti dibilang kakak adik ya.. jadi adiknya deh.. *grin..

      • Iya udah kepikiran ntar pas ke Bandung mau cari-cari juga. Cuma tinggal cari dimana yg bagus kualitasnya saja, iya ya itu baju bodo warnanya asyik2, gonjreeng, eehh sama Ina dibilang begini “ini ko kaya taplak meja Ma, cuma dibilongin doang” hahaha

        Kalau sama Viera sering disebut kakaknya hehehe, lhaaa Viera khan dandan gitulah, saya kalau manggung, suka didandanin Viera🙂

      • taplak dibolongin hahaha, padahal ga gitu loh baju bodo mah.. ehtapi ada loh taplak yang benerbener kubolongin jadi baju, keren deh, baju kelelawar adiku bilang sih..

        dimari juga banyak yang lagi model “taplak dibolongin” itu loh teh, tinggal ikat kiri ato ikat kanan ato ikat belakang.. *ngakak bareng ina..

      • Hahaha.. Tapi emang segi empat gitu bentuknya.
        Eehh itu Ina teh paling kreatip mbak Tintin, dia ambil tuh taplak meja besar biru muda, dia tanya, “ma.. Ngga dipake lagi khan?” kirain saya buat apa, eeeeh dia gunting2, jadilah Rok bawahan dirempel, sekarang nagih dibelikan mesin jahit nih, udah pesen tinggal nunggu datang, walaaaah ngga kebayang deh, apa lagi yg jd korban dia😀

      • ntar beli aja kainkain murah di pasar kalu di bandung buar ina, biar tersalurkan bakat desainer bajunya.. wuih bisa jadi tukang jahit internasional nih.. dan modelnya bisa kakaknya..

      • Iya, dia khan pesen macem 2 kain yg lucu, tp ya dari katun gitu, biar mudah jahitnya. Disini lumayan mahal beli kain itu, ntar kalau sudah pinter bolehlah.

      • pelanpelan aja teh.. belajar pola aja dulu di youtube..
        adiku juga suka jahit, belajar pola dari youtube, udah bisa jahit tas tuh dan kebaya.. tapi lainlain nanti dulu.. paling gampang daster..

  4. Seru ya mbak, kmrn pas ada acara di Stockholm, org2 Indonesia yang ngisi acaranya bajunya seragam, menurutku bagusan beragam gitu ya, keliatan bhineka tunggal ika nya🙂

    • Khan emak-emak disini mah pengennya tampil beda hehehe..becandaa…. Tadinya sih kita kepikiran mau bikin seragam, tapi kayanya lebih bagus kalau sekalian mengenalkan baju daerah sama orang asing.
      dan kebetulan pada punya baju daerah, dan semangat pada beli waktu pada pulang ke Indonesia, apalagi baju daerah kita khan menarik sekali.

  5. liat postingan ini, jadi inget ara yg minta dibeliin angklung gegara liat iklan di tivi, tapi bingung mau dibeliin di sebelah mana di surabaya..hihi

    btw, teteh mah ayu pisan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s