Kelepon

Kemaren sore pas lagi duduk-duduk ngobrol bareng Ina, tiba-tiba pengen buat sesuatu buat cemal cemil, buka laci dapur, terus nemu tepung beras ketan sekitar 250 gr lebih dikit, trs punya pasta Pandan bawaan kang mas kemaren, kebetulan ada gula jawa, tadinya mau buat Cendol, tapi bosen, terus eeh nemu kelapa parut kering, jadi dapat ide buat Telepon eh Kelepooon😀 buat yuuuk gampang lhooo.

Bahannya :
250 gr tepung beras ketan
150 ml air
2 tetes pasta pandan atau suka2
1/2 sendok teh peres garam
Gula jawa yg diiris, kemarin ngga saya timbang, pokoknya iris, kalau kurang ya iris lagi hehe
Satu genggam kelapa parut kering.

Caranya :
Campur tepung dan garam, lalu beri air yg sudah diberi pasta pandan sedikit-sedikit, uleni dengan tangan sampai adonan dapat dibentuk.
Lalu ambil adonan sesuai keinginan, bentuk bulat, pipihkan dan isi dengan gula merah, tutup, puter2 buat seperti bola.
Masukkan bola2 ke panci yg sudah berisi air mendidih, tunggu sampai ngambang,lalu gulingkan ke parutan kelapa, und woalaaa jadi deeeh.
Oh ya kelapa kering tadi beri air dua sendok makan, lalu masukkan ke microwave 800 watt 1 menit saja atau dikukus sebentar.
Untuk 15 – 18 Kelepon

Wilujeng berhari Kamis, oh ya disini mah Hari Bapak nih🙂

20130509-081532.jpg

98 thoughts on “Kelepon

    • Iya termasuk gampang, simpel gitu, cepat buatnya cepat juga habisnya😀
      Mas Tri kemaren bawa 3 botol, yg dua itu dari Ny.Liem, kalau menurut saya mah, Cap Koepoe-koepoe lebih enak, yg Liem mah ko agak menyengat gitu aroma pandannya. Naahh belum pernah nyoba tuh pake gula palem.
      Gula jawa kebetulan banyak juga yang jual, tp dari Malaysia.

      • eehhh mungkin 1/2 sendok teh tapi ngga banyak..eehh gimana ya bahasanya, pokoknya mah kasih garam dikit deehh😀

      • jadi ga bumbung gitu ya.. sesendoknya, kaya sesendok air.. sesendok peres.. asli deh baru tahu ada istilah peres gini..😀

        btw, lupa bilang, selamat hari bapak.. disana libur ga? biasanya ngapain aja? ada bapak2 pake baju adat gitu?

      • Kalau hari bapaknya mah ngga libur, cuma kebetulan bareng sama hari libur nasional, tp besok mah kerja dan sekolah lagi, oh ya tgl 12 Mei itu hari Ibu, biasanya lebih heboh orang Jerman kalau hari Ibu..emak2 siap menerima perlakuan istimewa,biasanya sih mereka pada kasih karangan bunga yg cantik, trs ngajak makan di luar.

        HAri bapak buat mas Tri mah, bikin Martabak telur sama bikin es teler deh🙂

      • akhirnya ga jadi cendol.. esteler toh..
        hari ibu, ibu ga ngapa2in kan di rumah? semua selain ibu yang baberes rumah?

      • Kemaren khan udah yg beraroma pandan, Ina kemaren belanja beli bahan es teler.

        Aahh mau hari ibu, tetep saja beres2 hehehe
        Biasanya pagi2 bangun tidur sudah dikasih bunga sama kang mas, dan sebelumnya suka tanya, mau apa? Tahun ini kadonya udah banyaaak hehe udah boleh pulang, dibeliin tiket sama uang saku😀 *bahagiaaa*

        Anak2 biasanya kasih macam2, ada yg kasih bunga, Viera biasanya kasih parfum atau bedak Mac kalau dia tau bedak emaknya habis hehehe
        Atul? Kasih sun sama puisi gitu.

    • Itu sudah berupa parutan kelapa Non, cuma ya kering, biasanya ada di bagian bahan-bahan kue. Berhubung disini jarang kelapa segar dan yg jelas malas marutnya..yo wes cari yg praktis saja hehehe

  1. teh, ku barusan bikin klepon loh.. tapi pake wijen dan serundeng.. rasanya hihihi.. habis juga.. cuma pake 100gr tepung beras + 50gr tepung oat.. agak berat, ga seringan klepon.. gegara tadi pake tepung beras keenceran, ga ada tepung lain adanya tepung oat, jadi deh dicampur.. isinya pake gula palem.. ku posting di instagram deh..

    Keplon wijen dan serundeng

    A photo posted by tintin syamsuddin (@tinsyam) on

    • Bentuknya yang pake Wijen cantik yaah..kaya Onde-onde. tapi yang pake serundeng aneh hihihi

      Yang penting mah habiiis… tp pengen jg nyoba pakai Wijen, kayanya enak tuh, eh itu wijennya disangan dulu kah?

      • iya disangrai dulu biar garing.. jadinya kog kaya onde cuma ga digoreng.. direbus deh.. uleninnya pake tangan susah ternyata, jadi ku pake piring deh, tutupin isinya pake tangan..

      • itu instagram kudu difoto hari itu juga ya, ga bisa diedit dan dilet.. apa ku blom “ngeh” sama instagram..

      • Doch bisa eeh bisa mbak Tintin, saya kadang kapan fotonya kapan pula aplotnya, bisa didilet juga, ada bulet di sisi kanan, tra keluar deh pilihannya. Editnya sih dia cuma efeknya doang yah. Atau coba pake editing yg lain, itu bisa langsung aplot ke Istagram.
        Eh ntar saya folow mbak Tintin.

    • Kayanya ngga kenapa2 deh, cuma kulitnya saja kupas, jdnya putih, trs parut kasar gitu, trs kukus sebentar biar ngga basi, atau masukin ke microwave 1 menit saja.

    • Kayanya kelapa parut kering banyak deh, coba cari di toko Asia atau supermarket, atau coba balur sama tepung kanji, kaya moci.
      Eeh jd pengen nyoba deeh hehehe

  2. wah, kelepon yg ini kelapa parutnya royal, asyik …..
    ternyata bikinnya cuma dari tepung beras ketan, dicampur air, trus dicemplungin ke air mendidih toh ? *asli baru tahu, selama ini cuma beli doang :-D*

  3. Yummy!
    Kemaren ke supermarket liat kelapa sama batoknya buat diparut, tapi bingung mau marut pake apa di sini.
    Di luar negeri ga ada yg jual ulekan ya teh.. Pengen ngulek bumbu susah bgt. Ga ada blender pula di apateu..

    • Iya emang, disini juga Kelapa rata2 dijual masih ada batoknya, makanya Teteh mah biasa beli yg sudah diparut, bentuknya ya itu kering tea, kalau di Jerman dibagian bahan2 kue.
      Ulekan? Coba di toko Asia, naaahh kalau sudah begini mah, belajar masak yg serba iris Non, kecuali bikin sambel🙂
      Teteh mah jarang ngulek, semua serba iris… Ttep enak ko Non.

  4. neng, kangyan dah lama gak makan ne kueh,,,,, sekarang ini ju resep kana kueh putu hehe da sok aya wae nu icalan ngalangkung payunen bumi pami wengi….

  5. beda tangan beda rasa mba, kalau aku spesialist icip aja mba, kalau bikin kue belum bisa, baru tahap masakan dapur sederhana aja yang bisa🙂

    • Iya ya… kadang meski resep sama, rasa kadang berbeda.
      Nanti pasti jago masak deh, yg penting ada kemauan🙂
      Kalau teteh mah dipaksa harus bisa krn disini mah ngga ada yg jual.

  6. ngelihat gambarnya saya ngiler, tapi ngga ngiler sama pembuatannya itu gimana ya mba Wie, saya kok ngga suka-suka juga sama yang namanya masak..😀

    • Hehehe.. Padahal buatnya mah super mudah, gulung2, penyet, isi gula, gulung2 lagi, cempluung.. ngambang, angkat..guling2 di kelapa .. Jadi deeeh.

      Belum nemu asyiknya mungkin yaaa… Yg pasti kalau masih di Indo mah, masih bisa beli yaaah…
      Kalau teteh mah harus suka sama yg namanya masak, lha pengen makanan Indo mah ngga ada yg juaaaal🙂
      Khan ada yg sukaa masak, tp ketrampilan tangan yg lain ngga suka, begitu pula sebaliknya🙂

      • hihihi, kalau dibaca lucu “gulung2, penyet, isi gula, gulung2 lagi, cempluung.. ngambang, angkat..guling2”

        semoga ada ilham yang bisa bikin aku doyan maska mba😀

    • Iya ya yg betul mah Klepon bukan Kelepon, kalau saya bacanya “keeleepooooon… ” agak panjang gitu, kalau Klepon mah pendek bacanya hehee *ngga nyambung yaaah🙂

  7. tetangga aku juga suka bikin kelepon, suka di jual ke pasar ..
    enak .. itu gULA nya itu lho crot crot crot di mulut ahahaha😀 *nyieun aaah😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s