“Si Lumpur” nan legit

Bismillahirrohmanirrohiim..
Si Lumpur ini paling gampang buatnya, dan setelah mencoba bermacam-macam resep, akhirnya dapat juga resep sendiri hasil mengurangi dan menambahkan sedikit.
Karena ndak punya cetakan kue Lumpur, jd saya buatnya pakai Pirex,
Hasilnya buanyaaak… 😄
Naaah karena males kalau harus rebus kentang terus kupaa..terus haluskan, jadi saya ganti pakai Kentang pure bubuk, yg hasil jadinya itu sama dengan 500 gram kentang kukus yg dihaluskan.
Tekstur kue ini lembut dan rasa legit dr Santan.
Enaklaah pokoknya … kata kang mas dan tamu saya
yg baru nginep di rumah 😊

Mulai yuuk :
Bahan :
– 6 kuning telur
– 3 putih telur atau 2 saja… Sisanya putih telur bisa dibuat
Macaron🙂
– 200 gr gula pasir, kalau ini menurut
saya mah sudah maniiis..mangga
kalau mau ditambah sedikit.
– 500 gr kentang yg dihaluskan.
Kalau saya sebungkus kentang bubuk
buat pure kentang.
– 200 ml santan, saya mah pake santan
Instans sajaaa 😃
– 150 gr mentega dilelehkan, saya
pakai Butter.
– 1 bks vanilli zucker/ vanilli suka2 deh
– 150 gr tepung terigu.
– Kismis secukupnya.
Cara buatnya :
– lelehkan mentega/butter, dinginkan
– masak kentang sesuai aturan kalau
pakai yg bubuk, dinginkan
– Kocok Telur dan gula sampai
mengembang.
– masukkan kentang halus, terigu
– Santan, aduk rata.
– Tuangkan mentega/butter sedikit2
sampai rata.
– tuangkan adonan ke Pirex atau
Loyang persegi setelah dioles mentega.
– bakar dengan suhu kurang lebih 160 derajat
kira2 35 menit, sesuai tebalnya Kue.
– setelah setengah matang, baru taburkan kismisnya,
biar ngga tenggelam.
Periksa saja apa sudah matang atau belum,
bisa berbeda2 waktunya tergantung Oven masing2.

Oh yaaa bisa pakai Loyang Brownies atau loyang
muffin, kalau pakai loyang Muffin jangan tebal2 yaaa.
Soo wilujeng mencoba, mudah2an cocok.

Achso yaaa… Resep ini dibuat atas permintaan mbak
Lies…mbak Lieeees ayoo barter sama itu yg kemaren
digoreng yg dr ketan 😀

Kalau kata mbak Prita mah kue Lapindo hehe

20131103-211517.jpg

77 thoughts on ““Si Lumpur” nan legit

    • Ma kasiih… Tteh mah cari yg praktis sajaaa hehe
      Oh ya resepnya teteh edit lagi ya… Yg dipakai 6 kuning telur, 3 putih telurnya atau 2 putih telurnya, naaah sisa putih telurnya bisa dibuat Macaron🙂

    • Eeh kayanya udah jawab deh, atau blm muncul yah?
      Jd sebetulnya telurnya cuma 6 atau mau 5 juga bisa, yg dipakai putih telurnya cuma 2 atau 3, nah kuningnya 6 gitu mbak Tintin.
      Sudah saya edit lg resepnya🙂
      Saya paling ngga suka bikin kue yg telurnya buanyaaaak hehe
      Kayanya 5 telur juga bisa deh ( 5 kuning, 2 putih).

  1. Asliiiii…liat fotonya bikin encesaaaannnnn !!!

    Matur nuhun Teteh..udah ngasih resep dahsyatnya…mau coba juga ahhhh !!!!

    Hwaaa..kalo yg aku goreng sore kemarin cuma ketan uli, yg udah di tumbuk alus..trus di goreng, krn gak abis di maem..hehehe

    • Eeh gampil kang, kocok endog sareng gula dugi ka ngembang, brus..brus.. hiji2 bahan anu sanes, panggang.. InshaAlloh janten Kang, loyang mah, ngangge anu aya di bumi wae kang.

      Kedah tiasa upami tebih ti lembur mah Kang… hatur nuhuun… Wilujeng ka subuhkeun🙂

    • Gurih yaa.. dan wangi gitu, resep ini hasil nyoba bbrp kali, dan terakhir ini yg cocok di lidah teteh, semoga pula cocok dilidah suaminya yaaa…

      Sama-samaaa… Kembali kasih.
      Oh ya, ini hasilnya buanyaaaak, tp bisa coba 1/2 resep dulu.
      Selamat mencobaaaaa…:)

  2. hi Te….. kangen nih jarang berkunjung. jarang juga ketemu waktu nginet.
    tuh kue pas disebut lumpur iris. penampakan menggoda walo saya biasanya jarang berhasil menghabiskan. atau, mgkin kegedean sizenya kali yah…

    • Mbak Inaaa apa kabar? Sehat2 yaaa…
      Teteh jg sudah lama banget ngga posting, terakhir dulu bulan Juni apa Mei deh… Baru lagi Oktober lalu hehe

      Buatnya kayanya harus 1/2 resep deh, satu resep mah buanyaaaak kecuali kalau ada tamu atau suguhan pas pengajian🙂

      • ihh baru tahu aku nulisnya kera. dasar keyboardnya udah rewel buat J ama yg lain juga.
        *makin penasaran ama ceritanyah

      • Kaleeeem mbak Ina.. Teteh malah sering bangeut tipo…maklum pake HP dan jarinya jempol semua hehe.
        Lagian disini mah ngga bisa diedit sendiri yaaa..

        Hayoooo penasaraaaan.. Pokoknya mandornya rasis bangeut deh, judengnyaaaa… Pdhl bukan orang Jerman lho..yg orang Jerman malah ramah ramah.

      • Hehe..inshaAllah mbak Ina… Ini teteh ngga pinter nulis soalnya, banyaaak yg pengen di tulis dr mulai libur 2 minggu ke Indo sendirian yg rada2 horor.. Kopdar di Jogja dan Bandung.. Kerja yg cuma 2 bln.. tp ko susaaah mulainya darimana yah?🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s