Naat..Donaaat… Bulat dan manis. ^_^

BismiLaahirrohmanirrohiim..

Hari Minggu kemaren, bangun tidur, badan alhamdulillah berasa segar..ngga lemes..ngga pusing-pusing, apa karena hari Jum’at sama Sabtu banyak tiduran yaaa.. mengisi “batre” yg gampang habis..:D

Seperti biasa pagi-pagi kang mas tercinta sudah  buatkan sarapan….*ketjup2 buat kang mas*

Karena merasa sehaaat..aaah da emang saya mah sehat koo.. Ingat punya cuko kering kiriman teman yg asli Palembang, terus saya ambil fillet ikan Tilapia..giling…olah jadilah empek-Adaan.. nih penampakannya… Resepnya pernah teteh posting disini https://nengwie.wordpress.com/2013/03/19/empek-empek-adaan/

Image

Lhooo ko jadi Empek-empek Adaan yaah? judulnya khan Donat? ini mah pembukaan ceritanya…hehehe

Kadung janji sama anak-anak dari hari Jum’at mau buat Donat dan mereka nanya terus kapan mau buat Donat..yo wess sorenya saya bareng anak-anak buat itu donat, resepnya saya coba dr resep Donat kentang NCC..boleh lihat di Gugel, yg katanya sudah terkenal enak dan lembut, juga gampang buatnya dan voalaaaa…ini hasil heboh anak-anak menghias Donatnya..eeehh yang warna putih dengan hati itu buatan Atul lho..ngga nyangka yaa anak laki2 pinter ngehiasnya..buat mama katanya…widiiiihh..lumer deh hati..*cium2 Atul*

Ini penampakannya…

Image

Rasanya? enaaak..empuk tapi belum puas kalau saya..mau coba resep yg lain, ada rekomendasi/saran resep donat yg lain yg lembut..??

Ini resep lengkapnya : Sumbernya dr NCC

Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk (saya ngga pake, krn ngga pernah punya susu bubuk)
11 gr ragi instan
200 gr kentang kukus, haluskan dan dinginkan (saya pakai kentang pure, praktis dan ngga makan waktu)
100 gr gula kastor
75 gr mentega (saya pakai butter)
1/4 sdt garam
4 kuning telur
100 ml air dingin (saya pakai 50 ml air dan 50 susu cair)
Cara Membuat :
– Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula halus dan ragi. Aduk hingga rata.
– Tambahkan kentang halus, masukkan kuning telur dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan setengah kalis.
– Tambahkan garam dan mentega, terus uleni hingga kalis dan elastis. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit, tutupi dengan serbet lembab agar adonan tidak kering.
– Kempiskan adonan, bagi dan bentuk bulat (aku bagi menjadi berat 50 gr dan dicetak menggunakan cetakan donat). Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit.
– Goreng donat dengan api sedang cenderung kecil hingga kecoklatan.
– Angkat dan tiriskan. Setelah dingin bisa diberi topping sesuai selera.
Selamat mencoba…🙂
Nürnberg, 11.11.2013

60 thoughts on “Naat..Donaaat… Bulat dan manis. ^_^

    • Ini buat donat juga gara2 kabita eh tertarik sama resepnya NCC yg pakai campuran kentang. Pdhl sudah jadi mah, teteh cuma icip satu saja… Bikin donat hrs sabar yaah.. Sama kaya buat Roti.. Nunggu ngembangnya itu, anak2 ngga sabar tuh, “udah ya Ma..udah yaa” sambil buka tutup lap hehee
      Ada resep yg langsung panggang, hanya pakai cetakan Donat, lebih praktis.

  1. kakang masnya baik banget ya teh.. bisa masak pisan.. tuan besar mah, bisanya makan duang..

    pempeknya masih aja sukses bikin ngiler! *elap iler*

    abis liat postingan donat yg ini, kayanya minggu besok pengen nyoba deh.. doain ya teeh.. biar gak males..hahaha..

    • Eeeh kalau empek2 Adaan mah dijamin jadi deh inshaAllah
      Gampang buatnya bentuknya pun cuma pake sendok, coba deh lihat resep yg diteteh itu. Ayooo coba buat… tteh tunggu kabarnya 😊

      • Ikannya itu loh teteh. Dulu pernah bikin pakai ikan … duh… ikan apa ya itu… Lupa saya namanya. Bau amisnya nggak nahan. Hohoho… Belum pernah nemu ikan tenggiri di sini. Ada sih di supermarket.

      • Achsoo… Teteh malah ngga terlalu suka pakai tenggiri, baunya terlalu menyengat, ganti sama Tilapia euh apa ya kalau bhs Indo nya.. Ikannya sejenis Gurame atau Mujair Nila, tp dalam bentuk Filetnya. Dan ada yg sama dgn Tenggiri tp lebih lembut itu Victoriabars..
        Tenggiri mahal ya di Indo, disini murah bekuan gitu.

      • Nah itu teh… Suka nggak nahan sama bau amisnya. Tapi beneran mau nyoba bikin siomay, mpek2 yang dari bahan ikan itu. Ada sih pernah baca resep pakai ikan patin katanya juga bisa. Nah kalau patin di sini banyak yang jual.

  2. ya ampuuuuuuunn donaaaaattt….
    kalo dipikir2 dan diingat2, kayaknya udah lama banget nggak makan donat,hahaha… tapi kalo empek2??aaaaaahhhhhhh doyan bangeeeeetttttt *jadi pingiiiiiiiiiinnnn*

    • Donatnya bingung dimintai ampuuun .. Hehe
      Ayo beli aja kalau cuma pengen makan satu atau dua mah, ini mah banyak hasilnya, kecuali mau bagi2.

      Empek2 kayanya jarang yg ngga suka ya… Makanan mewah yg enak gurih pedas asam manis seger wuiih kumplit deh rasanya😀

    • Hehe..muhunnya urang barter sareng Kicimpring…😀

      Gula bodas anu rada aralit butiranana tea kang, pan aya gula pasir anu rada arageung anu biasa diangge sadidinten, aya anu disebat gula kastor tea, teu patos amis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s