Lanjuuut ….

20131112-094939.jpg

Lanjuut…!!
Sudah kali ke 8 eh sudah ke 8 kalinya cairan berwarna merah itu mengalir melalui nadi… Tes..tes…tes.. 35 menit yg harus dilalui terasa lamaaaaa sekali.
*tarik nafas panjang*
Tapi mau gimana lagi, ya memang harus dijalani biar ni badan kembali punya tenaga untuk beraktivitas.
Sebetulnya sudah lamaaa ngerasa ada yg ngga beres sama badan, awal ketahuannya tahun lalu yg seharusnya…seharusnyaaaaa ditindak lanjuti nih, tp saat itu saya mah lempeng sajaaa diminta untuk periksa lagi lebih lanjut. Ngeweng kata kang mas mah *sungkem sama kang mas*๐Ÿ˜€
Ini tuh waktu saya terpaksa hrs ke Rumah Sakit karena rasa sakit di kepala yg masyaAllah sakit sekali, saya yg biasanya kuat eeh kuat ngga yaa..?? Hehe malam itu sampai menangis menahan rasa sakit, meski sudah meminum 2 tablet obat sakit kepala. Kang mas khawatir liat istri tercintanya meraung-raung eeuuh lebay pisan hihi akhirnya
masuk RS, tiduran sambil dikasih tempat/plastik khusus buat hoek2 jaga2 kalau saya muntah2 lagi.. Lalu periksa darah sebelumnya diinfus obat penghilang rasa sakit.. Kata dokter cakep nan ramah hrs di cek ini kepala, lanjut ke CT Scan perawat cowoknya yg dorong tempat tidur saya menuju ruang Scan wuiih penuh banget tangannya sama Tatto..tapi doi ramaah banget ..apa body nya Supermen hatinya Kang Rinto? hahaa
Berhubung tengah malam, dorong2 tempat tidur menuju ruang itu agak2 bikin merinding.. Agak jauh dikit, udah gituu ditinggal di lorong karena nunggu giliran.. Untung kang mas ngikut terus…* peluk2 lagi* tunggu 15 menit lalu dorong masuk ruangan, Dokternya gagah dan ramah “bhs Inggris apa Jerman?” tanyanya ramah, saya jawab “jerman ajalah atau terserah deeh ..kalo bisa mah Sunda sajah” hihi yg terakhir mah dalam hati.
Singkat cerita, terus kepala masuk ke “terowongan” eeh ternyata sudah dua kali saya nih di CT Scan dlm kurun 10 thn…hasilnya? Alhamdulillah tidak ada yg perlu dikhawatirkan. Balik ke kamar.. trs datang emak dokter yg cantik bermara biru, bilang bilangnya eh tanyanya “anda tau ngga kalau hb anda jauuh dibawah normal ?” Kelihatannya doi khawatir. Euuuh ya ngga tau da ngga pernah diperiksa, kumahaa ari ceu Dokter๐Ÿ˜€
Hb hanya 5,6 gr/dl darah.
Kelompok perempuan dewasa normalnya sekitar 12-16 gm/dl darah.
Ngga normal khaaan..??
Trs kasih surat keterangan buat dokter pribadi, buat periksa/kontrol.
Setelah sehat, pulang ke rumah terus ngga lanjut kontrol karena merasa sehat.. Eehh saya khan ngerasanya sehat2 kooo.. beneraaan.. Masih bisa sesepedahan kemana-mana de el el lah. *disintreuk alias diselentik kang mas* sungkem lagi aaahh ..
Naaah krn saya saat itu ngga ngeh jg kalau itu bahaya.. Dan karena merasa ok ok saja ya ndak cepet balik ke Dokter, sooo ketahuan saat minta resep buat migren sama lambung, Dokter nge cek dah riwayat kesehatan saya, lalu emak dokter bilang ambil dan periksa darah lagi katanya.. Ini hari Senin 3 minggu yg lalu.
Rabunya lalu suruh balik buat lihat hasilnya, trs perawatnya bilang, hasilnya jelek, Emak Dokter perlu ketemu katanya.Dag dig dug…?? Ya iya laaaah wong saya ngarepin normal ko. Singkat tulisan ngobrollah sama Emak Dokter, katanya “hhhmmm hasil pemeriksaan darah anda sangat tidak bagus”‘dag dig dug tambah kenceng…
Katanya lanjut ” Hb anda sangat rendah, cuma 7gr/dl darah, lalu kadar zat besi darah anda juga buruk hanya 16 dr nilai normal 36-145.
(iiih pdhl khan naek yah dr 5 koma jd 7 tuuh) Kondisinya sudah kronis katanya. Kalau anda berkulit putih, warna wajah anda sudah seperti warna tembok.. putih pucat..

Dalam hati saya bilang “cat tembok rumah saya mah oranye lhooo”๐Ÿ˜€
Ngga tau yaa saat itu ko legaaaa rasanya, karena bukan sesuatu yg mengerikan seperti yg saya bayangkan.
Alhamdulillah..
Karena sudah kronis jd pengobatannya harus rada ekstra, pertama ditansfusi darah dan kedua infus cairan penambah darah, lupa deh namanya ada Ferro.. Ferro gitu.
“Besok mulai terapi” cenah eh katanya. Nunut sajalah saya mah.
Setelah 6 kali, terakhir infus minggu lalu hari Senin, Rabunya ambil darah, eehh hasilnya ..? Kata emak Dokter ” masih terlalu rendah”
Sambil geleng2 kefala.
Jd kesimpulannya.. untuk sebulan kedepan dua kali seminggu harus rela kembali tangan kiri dan kanan ditusuk untuk memasukkan cairan itu… Haiyaaaa lanjuuuut Neeeeng๐Ÿ™‚

Nรผrnberg,12.11.13

111 thoughts on “Lanjuuut ….

    • Iya nih Non.. heran teteh juga, pantesaaan sering banget 5L alias lemah lesu letih lunglai lembut? Eeh salah hehe lemas maksudnya.

      Aamiin.. Semoga makin bagus nih Hb sama zat besinya.
      Non juga sehat2 yaaa jd bisa jalan2 ke USA.

      • amin2 teh, semoga kita sehat2 trus.
        aku biasanya kalo lemes gitu dulu selalu minum nerobion 5000 hehe, skr sejak ikut2an food combining alhamdullilah jarang lemes lagi teh

      • Iya harus dibarengin sama usaha lain, minum makan yg buat nambahin zat besi/darah.
        Ngga enak banget ya lemes tuh, dikit2 ngos-ngosan๐Ÿ˜ฆ

    • aamiin..amiin Ya Allah..

      Bukan mbak Inge..lama ngga update mah itu bentrok sama males hihihi.. trs ada yg harus dikerjakan juga, bukan krn terapi sih.

      Sehat2 juga mbak Inge sekeluarga yaaa…

  1. Ferro… sulfat? *salah fokus.
    Bundaaaaaaaa.. syafakillaah, semoga Allah menyembuhkan, aamiin. Makan bayam yang banyak, makan daging, makan apapun lah, besi juga dimakan sekalian biar Hb-nya naik๐Ÿ˜›
    But, aku seneng, walaupun lagi sakit tapi masih ‘sorak soray’ bergembiran nulis blognya. Bagus! Kekuatan psikis lebih utama ketimbang fisik *sotoy abdi mah, ceuk saha, haha, pokona mah kitu weh๐Ÿ˜€

    • Iya tuh, mesti ngerendem besi trs airnya diminum hehe
      Pokoknya mah sagala dimakan yg bisa dimakaaan.. Lapar ngga lapar harus makan… haus ngga haus harus minum.. Mudah2an jg ini berat badan ikut naek๐Ÿ™‚
      Jaga kesehatan yaaa Fhatia..

  2. Ningal na ge meni sieun…
    Ari Urang Sunda mah nuju teu damang oge masih tiasa banyol.

    ++++++++

    ูˆูŽุงุณู’ุชูŽุนููŠู†ููˆุงู’ ุจูุงู„ุตู‘ูŽุจู’ุฑู ูˆูŽุงู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉู ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ู„ูŽูƒูŽุจููŠุฑูŽุฉูŒ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุฎูŽุงุดูุนููŠู†ูŽ
    “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’.” (Al-baqoroh: 45)

    ู‚ุงู„ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…
    ุนุฌุจุง ู„ุฃู…ุฑ ุงู„ู…ุคู…ู† ุฅู† ุฃู…ุฑู‡ ูƒู„ู‡ ุฎูŠุฑ ุŒ ูˆู„ูŠุณ ุฐุงูƒ ู„ุฃุญุฏ ุฅู„ุง ู„ู„ู…ุคู…ู† ุ› ุฅู† ุฃุตุงุจุชู‡ ุณุฑู‘ุงุก ุดูƒุฑ ุ› ููƒุงู† ุฎูŠุฑุงู‹ ู„ู‡ ุŒ ูˆุฅู† ุฃุตุงุจุชู‡ ุถุฑู‘ุงุก ุตุจุฑ ุ› ููƒุงู† ุฎูŠุฑุงู‹ ู„ู‡ . ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…

    Rasulullah Saw. bersabda:
    “Sungguh mengagumkan masalah-masalah yang menimpa kaum muslimin. Semua masalah yang menimpa kaum muslimin pasti baik semuanya. Hal itu bukan untuk siapapun, kecuali untuk kaum muslimin. Jika ia mengalami kebahagiaan, ia bersyukur. Maka, kebahagiaan itu menjadi baik baginya. Jika ia mengalami kesusahan, ia bersabar. Maka, kesusahan itu itu menjadi baik baginya.” (HR. Muslim)

    +++++++++++++
    Sing enggal damang, Teh.

    • nein..ich bin zu Hause.. aber ich muss 2 mal im woche zum Arzt..wegen meiner Blutwerte.
      mein Hb ist zu nidrig.. und mein Eisen auch hehe..
      Aber..ich fรผhlen mich ganz gut…๐Ÿ™‚
      und..wie gehts dir? Ich hoffe es geht dir gut ..

    • Nin sayaaaaaaaang… Nuhuuuuun…
      *peluk-peluuuuuuk*

      Teteh baik2 saja ko Nin… Masih bisa sesepedahan… masih bisa masak… masih bisa nganter anak-anak gadis belanja belanji bareng๐Ÿ™‚
      Mudah2an saja sebulan ini hasilnya tambah bagus..aamiin.

    • Sumuhun teh, ayeuna mah sagala dimakan laah… Lapar ngga lapar, inget blm makan ya makaaaan… Sebelum disintreuk ku kang mas.. Biar bisa pulang ka Indo jagjag teu letoy hehe
      Nuhun teeeh…:)

    • Sumuhun.. Pokokna mah ayeuna kedah rajin.. si bungsu mah bilangna kieu ” mama ngga boleh (punteen nya) Mens.. nanti terus2an diinfus krn darahnya dikeluarin terus” hehe

  3. Masha Allah tewie… sehat selalu ya teh.. smoga cepet sehat n pulih..aamiin.. jgn bandel2 sama nasihat dokter.. kudu bedrest gitu..

    Btw, aku juga seriiing bgt tetiba pusing luar biasa. Mbliyur gitu.. jadi takut๐Ÿ˜ฆ

    • Aamiin…
      Bedrest..?? Waaah itu mah berlebihan atuh Edaaa… Teteh merasa biasa2 aja ko.. ya kadang cepat cape dan ngampang ngantuk.. Jd sering dibawa istirahat sajalah. Teteh kalau ke dokter atau kemana2 pakai sepedah, kecuali kalau hujan๐Ÿ™‚
      Cek darah saja Eda, jaga2 jangan sampai kaya teteh telat taunya. Atau general chek-up setahun sekali gitu Da.

      • Alhamdulillah klo gpp teh..klo gampang ngantuk kok kaya aku banget ya teh..hehehe..
        Uda pernah ke dokter, tp klo samoe musti scan kepala kok ya takuuuut bgt.. mudah2an cuma darah rendah biasa aj..

      • Dokter disini mah suka berlebihan banget Da…
        Sering pusing/migren/vertigo..Langsung suruh scan.
        Mungkin makanan juga yg harus diperhatikan ya Da, apalagi teteh yg sudah menjelang setengah abad hehe.
        Gampang ngantuk/sering nguap krn tubuh kekurangan oksigen yg mestinya dibawa darah.
        Kata dokter mah olah raga teratur bisa meningkatkan tekanan darah juga… Ataaaaaauu …..makan daging kambiiing๐Ÿ˜€

        Sehat sehat selalu ya buat Eda sekeluarga, emak abah juga..

      • kapok teh, dulu pernah sekali discan kepala, abis kecelakaan, gegar otak ringan.. makanya ogah, takutnya ada lanjutan dari yg ntu..hehehe..

        gak doyan kambing sayah..๐Ÿ˜€

        aamiin… makasih tewie.. teteh juga, smoga diberi kesehatan sekeluarga..

  4. Teteeeeehhhhhhh masyaAllah, in gatau๐Ÿ˜ฅ
    iin ini ga perhatian banget!!
    Teteh mesti sehat ya insyaAllah, HBnya rendah banget, pokoknya teteh mesti rutin check up, kalo ndak ntar tak lapor kang masnya lohhh *ngancem* *kayak kenal aja* *sungkem* ^^
    Syafakillah syifaan ajilan tetehku yang geuliiisss, mesti sehat, biar tetep cantik, kulitnya ga kayak kulit tembok *putih bgt*๐Ÿ™‚

  5. Teh Wieee………maaf udh lama nggak berWasapan ya.
    Eh sekarang posting malah cerita sakit. Cepet sembuh ya Teh dan harus kuat kayak HULK, hehehehhe. Biar bisa jalan2 ke Indonesia lagi dan ketemuan sama kita.

    HUG buat tetehku cantik๐Ÿ™‚

  6. Maaf ya, Teh… Baru berani komen. Suka ngeri kalo baca ada yang sakit. Apalagi membahas soal Hb. Saya agak sedikit trauma.

    Buat Teteh, semoga lekas sembuh ya, Teh… Biar wajahnya kembali bersinar. *emang ada lampunya?*

  7. Moga cepat sehat kembali Teh….
    dari bcandaan saling komen malah ga menunjukan teh Wie lagi sakit…
    Maaf ya teh atas bcandaannya yang kurang ajar, saya janji akan mengulanginya lagi kok๐Ÿ˜€

  8. Pemeriksaannya CT scan kaliii, bukan CTG, teh. Soalnya kalau CTG itu pemeriksaan buat janin. Saya kok merasa pemeriksaan disini tidak tuntas. Tidak mungkian anemia defisiensi besi yg murni sampai harus infus 8 kali….. Nanti kalau mudik, bawa sekalian data2 medis, lanjutkan peeriksaan di RSHS. Syafakillah, teh

    • Eeeh iyaaaa CT scan ko jd CTG yaah..?? Nanti langsung saya edit lagi Mbak Prita… Nuhuun buat koreksinya.
      Ini malah 12 kali baru jalan 8 kali, ngga tau kenapa ini teh, ini dokter umum mbak Prita.
      InshaAllah mbak Prita, atau saya harus ganti dokter? Kira2 Dokter apa ya..?
      Aamiin.. JazakiLlah khoir mbak Prita ๐Ÿ˜Š

      • Hatur nuhun mbak Prita, saya coba cari nanti. Boseeen bolak balik seminggu 2 kali buat diinfus, mana pernah gagal 3/4 jalan, ngga netes lagi Dok tuh cairan, nadinya bengkak, sakiit sekali huhuhu
        Memang lambat atau bagaimana pengobatan lewat infus itu? Sudah 1 bln ko hb nya masih tetep rendah ๐Ÿ˜“

      • meningkatkan Hb lewat infus memang agak lambat, teh. Tapi aman dari risiko penularan penyakit. Kalau mau cepat mah, transfusi. Peningkatan Hb-nya biasanya baru tampak setelah 2 minggu.

      • Ooh gitu..ya saya tunggu saja hasilnya 4 minggu kedepan ini. Mudah2an saja semakin bagus Hb nya.
        Punya saudara di Jakarta yg sebulan sekali hrs transfusi darah kalau sudah berasa lemes sekali, gejalanya juga sama dengan saya dan sudah lama.

  9. Aduh teteh punten, saya baru bisa nengok hari ini. Ya pasti tau lah teteh penyebabnya๐Ÿ™‚
    Tentang penyakit teteh, jadinya indikasi penyakit apa teh ? kalau urusan jarum mah saya oge paling horor ningalina. Mugi teteh sing enggal damang, di sabarkeun tina cocobi ieu. Amiin

    • Kang Budi, nahanya teu aya dinotif abdi komentarna, abdi ningal ti email abdi, pas bade ngabales, naha teu aya nyaaa… Hehe Teu sawios2 Kang, kalem ajaa.. Eehh ngalongok teteh nyandak naon kang ?๐Ÿ˜€ Teu terang kang, eeeh ieu mah mung Anemia katingalna mah, mung tos kronis saurna mah, janten upami hoyong rada enggal naek, kedah diinfus tah. Euuuh kang, abdi oge paling alergi ningal jarum teh, tp da bade kumaha deui. Pernah kapungkur kedah disuntik tetanus, waktos kecelakaan mobil, eta mah teu karaos deui nyeri dina sampeyan.. Lumpaaat kabur ..!! Dugi ka Dokterna culang cileung :))

      Von meinem iPhone gesendet

      • Taah upami ayeuna mah aya Kang.
        Waduuuh Manggu..?? Eta mah karesep barudak kang, kamari abdi nyandak 2 kg Manggu, diplastikan, teras dilebetken ka kotak sapatu..๐Ÿ™‚
        Hatur nuhuuuun…

  10. tetehkuuuuu, pelukpeluk.. cepat sembuhlah..
    ferroferro kog ingetnya kerokeropi ya.. *paan coba?
    pokoke patuh aja apa kata mastri deh juga dokter disana..

    *baca komen sama ino, iyayah jadi inget jilbab kuningnya abi syaikhan..๐Ÿ˜€

    • Dankeeee mbak Tintin sayaang…!!
      Iya ini pokoknya dicekokin apa jg bolehlaah asal cepet kuaat hehe
      Enak juga, asal bilang “kayanya enak makan ini…” Sama mas Tri.. Langsuuung dibikinin atau dibeliin hihi jd keenakkan..*sungkem lagiiiii*๐Ÿ˜€

      Cantik yaah pake jilban kuning mbak Ino ini ๐Ÿ˜Š

      • Hehe..
        Anak-anak mah sibuuk..kecuali Atul, pernah bilang “mama ngga boleh mens, nanti harus disuntik melulu” katanya sambil nunjuk2 tangan nya ๐Ÿ˜Š

        Iya pas kayanya ..
        Mari kita jadi titik..titik..nya
        * apa jugaa cobaa*๐Ÿ˜€

      • Dia pernah tanya..Was ist Mens..?? kenapa cuma perempuan aja? kalau laki2 gimana? hehe
        kenapa kalau lagi M ngga boleh sholat..?? pernah dibahas sekilas..trs mungkin pernah lihat emaknya “tembus” hehehe

      • Waah buanyaaak mbak Tintin..tiba2 gitu ngalir.. (Maaf)
        Sekarang mbak2nya sudah pd M tuh, sudah gadis semua. InshaAllah kalau pulang bareng ketemu semua gadis2 dan Atul๐Ÿ™‚

  11. aduh, sakit lagi yah? yang thn lalu juga yah kyknya.. CT scan juga. untunglah hanya masalah komposisi darah kan yah Te… nggak sampe penyakit ngeri2. sehat selalu yah Te.
    bener, ngeri klo dah terdiagnosa penyakit yg aneh2.

    • Aaah mbak Ina, teteh mah ngga sakit ko hehe
      Iya inshaAllah hanya anemia saja.
      Mbak Ina juga sehat2 ya apalagi tugasnya sekarang tambah berat.. Semoga suami mbak Ina semakin sehat dan pulih kembali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s