Combro ala Nürnberg

Bismillahorrohmanirrohiim…

Berawal dari acara Botram di rumah, lalu terlintas dibenak saya teh buat bikin Combro, karena selama ini seringnya buat Nasi Tutug Oncom, apa itu karena ingin makan nasi Tutug Oncom atau permintaan para sahabat yg penasaran dengan tutug oncom buatan saya🙂
Oohh pasti ada yg nanya apa sih botram itu..? Botram itu kumpul bareng sambil makan, dan setiap yg datang membawa makanan untuk disantap bersama, daaaaan selama 3 minggu ini, ko kerjanya botraaaam melulu apa karena dingin ya, bawaan pengennya makan ?? Heuheu
Salah seorang sahabat bilang ” kalau teh Dewi mah makan terus juga ngga masalah.. tapi kitaaaa..?? bisa-bisa buleeet” hahaha
Nanti futu2 makanan pas Botram nyusul aaah..
Kembali ke si Combro, Combro teh makanan cemilan tepatnya, adalah khas Jawa Barat, kependekan dari Oncom Dijero alias Oncom didalam, dibuat dari Singkong yang diparut, dan didalamnya diberi sambal Oncom.
Karena disini mah ngga bakalan nemu Oncom, akhirnya setelah tanya sana sini, ada yg bilang kalau Burger yg buat Vegetaris itu rasanya pas dengan Oncom, ini penampakkan Burgernya, sayang lupa di Foto bentuk dalamnya😦

20140301-053513.jpg

Lalu cari-cari info juga tentang Singkongnya, akhirnya dapat Singkong yang sudah diparut dalam bentuk beku..alhamdulillah, seperti ini :

20140301-053712.jpg

Kita mulai yuuk..euuh saya teh jeleknya ngga pernah menakar apa yg dibuat, jd banyak pakai perasaan dan jurus kurleb dan secukupnaaa hihi
Mudah-mudahan pas dilidah yg mencoba hehe

Bahannya :
1 kotak burger vegi/oncom 300 gr
2 bungkus singkong parut 500 gr
2 jempol Kencur, bisa ganti yg kering
atau yg bubuk.
7 siung bawang merah
3 siung bawang putih
8 cabe rawit, nah ini mah sesuai selera
Kalau mau pedes ya tambah lagiii🙂
Garam secukupnya
Gula merah secukupnya
3 batang bawang daun iris tipis.
3 sendok kelapa parut, saya mah kelapa parut kering.
Minyak untuk menggoreng

Cara membuatnya :
Cairkan Singkong beku, biarkan saja beberapa saat, keluarkan dan jika terlalu lembek, taruh di saringan biar airnya menetes. Kalau dari Singkong segar, agak diperas sedikit ya, biar hasilnya agak renyah.

Tumbuk Oncom tidak perlu sampai halus, lalu semua bumbu dihaluskan,
tumis bumbu sampai harum, lalu masukkan Oncom, beri garam dan gula cicipi, lalu sisihkan.
Oh ya setelah agak dingin bisa diberi Kemangi, saya pakai Basilikum karena lagi malas cari Zitronen melisse yg aromanya sama dengan Kemangi😀
Parutan Singkong beri garam secukupnya, lalu tambahkan irisan bawang daun, dan kelapa parut, aduk rats, ambil kira-kira 1 sendok makan, pipihkan, lalu isi dengan sambel Oncomnya, tutup lalu bentuk agak bulat.
Siapkan wajan dengan minyak goreng yg banyak dan panas, goreng Combro sampai kuning kecoklatan. Und Taraaaaaa jadilah si Combro ini, alhamdulillah kata teman-teman berasa dapat beli di mamang2 pinggir jalan.. Bahagiaaaa sekaliii.. sudah cocok lah jd tukang jualan gorengan, tinggal nunggu Gerobaknya sajaaah🙂
Ini diaaaa si Combro ala teteh Dewi tea :

20140301-055519.jpg

Wilujeng berhari Sabtu.. semoga barokah hari ini dan sehat-sehat selalu yaaaa…aamiin.

Nb: oh yaaa kalau ndak nemu Oncom, bisa diganti Tempe, but namanya jadi Pero… Tempe Dijero😀

Nürnberg, 01.03.2014

104 thoughts on “Combro ala Nürnberg

    • Mbak Lies sayaaaaang…. bukan rajiin, tapi dipaksa untuk bisa dan rajin, karena eh karenaaa *lho ko ndangdut*😀

      Karenaaa lidah saya lidah indonesia sekali, yg merasa kurang sreg dgn makanan orang kulit putih… Jd bagaimana pun caranya harus bisa buat🙂

  1. Ieu kitu nu namina Combro Jerman ala chef Dewi teh panginten…
    Beu janten ngaruy ninggali foto combro na. Asa tos lami teu mendakan combro nu dahsyat di Bekasi teh. Abdi sok kuciwa dina adonan oncom na. Duka, asa kirang pas wae…
    Janten panssran hoyong nyobian combro jerman ieu? Kumaha atuh carana nya Teh?

    • Harus rajin disini mah, soalnya ngga ada yg jualan di perempatan sana hehe

      Ngga pinter bikin Kue mah🙂
      Ayooo dicoba pakai Oncom beneran, alhamdulillah baiik..cuma lagi sedikit batuk saja.

      Kumaha damang..??

    • Itu teh Kemangi ceritanya… Tapi karena ngga ada kemangi disini, gantinya ya daun Basilikum atau Melise kang…

      Ke Pontianak..?? Tangkaaaaaap….!!!😀

      Eh tukeran sama Lempok atau sambel Tempoyak🙂

      • iya masih ada duren ini walaupun puncak musimnya telah berlalu…
        tempoyak sambel dengan aroma duren, apa ndak gimana githu..? suka ya..

  2. Teteeeh… hebat ih bikin combro di jerman… dan nemuuu aja bahan penggantinya hihi… kreatip pisaaan… aku malah blm pernah bikin combro loh teh.. ya iyya sih, soalnya klo pengin combro gampang tinggal beli di mang gorengan dan muraah… :))

    • Betul sekali… selain keluarga, makanan khas Indonesia yg sangat dikangenin, terima kasih sudah mampir yaa…
      Waaaah kalau bisa saya kirim satu-satu buat teman2 di Indonesia🙂

  3. berasa dapat beli di mamang2 pinggir jalan …

    Dan kerinduan akan suasana kampung halaman pun … bisa terobati sedikit …
    (ini enak pasti …)

    Salam saya

    (5/3 : 6)

  4. aaiihhh, si teteh nih yaaaa… kreatif pisaaaaann! Memanfaatkan bahan-bahan seadanya, tapi bisa jadi maksimal beginiiiii….
    Kalo aku sampe sekarang belum pernah bikin combro. Kalo pengen, melipir saja lah ke tukang gorengan. Gak pake repot, gak mungkin gagal, cukup seribu perak satu biji, hahaha—-> diketik oleh orang yang gak bisa masak😆

    • Hehee terpaksa Fit, drpd…drpd… sigana mah kalau teteh di Bandung, ngga bakalaaaan kepikiran bikin yg beginian.. Tinggal ka parapatan atau ke depan rumah sedikit, sagala ada, apalagi di deket Karapitan rumahna uuuhh makanan semua ada 😄

  5. combro → oncom dijero
    misro → amis dijero
    sukro → suuk dijero

    masakan sunda serba dijero, tapi kreatip pisanlah si teteh mah cobi atuh dikirim ka subang

  6. keliatannya enak sekali combronya Teh,..?

    simbok saya sering bikin combro juga, tp isinya sambel tempe dan terasa pedasnya maknyuss.. biasanya dijdikan cemilan sambil minum teh pahit/teh tubruk..

    kalau yg isinya sambal mungkin namanya Sambro ya Teh..??

    • Oohh enak doooong hehe
      Oh yaaa.. buatan simbok mah pasti enak, apalagi pedas dan terasa kemangi dan kencurnya hhhmmm…
      Iya betul teman minum teh ini mah.
      Hahaa sambro …bisa ajaaaaa😀

  7. Teh Dewi, damang?
    Duh, nyesel ngeklik blogna Teh Dewi ieu. Eta combro meuni pikabitaeun kitu…
    Di Sukabumi aya tukang combro nu kasohor. Lokasina di Gang Harapan. Combrona arageung, racikan oncomna eta aya ku nikmat pisan…
    Engkin ah coba di posting di blog abdi…

    Salam ti katebihan Teh..

    • الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
      saeee kang.. mugi sawalerna nya kang.. Punteen nembe diwaler, nuju aah duka kunaon meni hese pisan bade nyerat sareng muka WP teh asa bersalah, lami teu ngalongokan rerencangan didieu..:(

      Diantos postingannana kang, tong hilap foto Combrona🙂

  8. klo jauh dari tanah air, harus bisa ngakal yah bahan dasarnya. Yang penting mirip deh. Aku juga penasaran makanan oncom lho… ga pernah tau Te

    • Iya mbak Ina, cari info sana-sini atau coba ini itu hehe

      Belum pernah mbak Inaaa..?? Oh cuma ada di Jawa Barat yah oncom mah.

      Mau dikirim oncom kaaah..?? Alamatnya minta atuuh..:)

  9. Mantep cin..
    teh bisa juga dapat tempe di sana pasti rasanya beda ya, la wong tempe yogya ma jakarta mah enak di yogya haha.
    oh iya harusnya goreng cireng juga ehmmm mantap.

    • Hatur nuhuuun teh Riaaa…
      Iya rasanya ngga seenak yg di Bandung, tp lumayanlah drpd ngga ada hehe.. Iya itu dia susaaah juga dapetin tempe ini, pernah coba buat tp gagal😦 mau nyoba lagi.. Eeehh raginya kebuang sama kangmas huhuhu

      Cireeng..?? Mau akan coba nih teh, blm kesampaian bikinnya.

    • Iya cireng makanan favorit aku sampai aku pesan Online cireng dari jakarta di yogya ada tapi kurang yahut…
      wah kalau ngak besok kalau dah ada ragi buat oncom, lalu oncom enaknya di oseng oseng pakai teri ma lenca trus pedes..
      ehmmm mantap.

      teh wie panggil Ria aja ya hehe.

      • Eehh Ragi oncom beda lagi ya sama ragi Tempe ya Teh Ria..aahh manggil teh Ria aja aaah hehe bukan berarti Teh Ria lebih tua dr teteh lhoo tapi sebutan teh atau mbak meski yg ke yang lebih muda itu tanda mrnghormati gitcuuu… 😊

        Iiiih atuuh eta Ululutek Leunca mah kesukaan teteeeh… Sayang disayang mau bikin beginian teh mahaaaal, Leuncanya itu yg muahaaaal 😩😩😩

    • Waaaah tooss duluu hehe
      Iya ya lebih mantap kalau pedes, ini saya bikin ngga terlalu pedas biar yg lain yg ngga suka pedas, bisa ikutan makan..:)

      Danke..terima kasih sudah mampir yaa..

  10. Baca judulnya terbayang kumaha Teteh nemu oncomna, ooo veggie burger solusinya
    Tuk Teteh yang kreatif gak pernah mati gaya menyajikan kudapam kesukaan. Salam

  11. Keren mbak, Combro Eropa, hehehe.
    Pengalaman kita hampir sama, meskipun yang saya alami di Ranah Minang.
    Makanan padang adalah makanan favorit saya tetapi menyantapnya setiap hari dalam sebulan saya menjadi stress. Alhasil saya pergi ke pasar untuk membeli sayur2an, tempe, bumbu2 dan ikan asin.
    Masak sayur bening, goreng ikan asin dan buat sambel, rasanya seddaap sekali.

    oh iya ada lomba blog bagus nih barangkali berminat, mbak. => ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku

    Hatur nuhun

    • Kalau ketemu makanan yang rasa dan aromanya sama terus, kadang kangen dengan masakan yang lain ya…
      Ehh dari Pemalang kah..?? suami teteh orang Pemalang asli.

      Waahh kalau sudah nyerempet2 teknologi mah, angkat tangan deh..gaptek sekali bangeuut teteh mah…:)

      • Suami teteh…eh panggil teteh aja yaah.. Maklum urang Sunda asli🙂
        Iya suami teteh juga dr Petarukan, dekat sekali kalau mau ke pasar.

      • pantai Widuri kaah..??
        Teteh 2 thn yang lalu sekeluarga ke Indonesia dan pastinya ke Pemalang ke Eyang. Tp tahun lalu karena pulang sendiri dan ngga lama, jd ngga sempat mampir ke Pemalang.

    • Ada banyak sih yang segar, cuma males marutnya hehe.. yg beku juga enak ko.. coba deh sepertinya rasanya sama, eeehh kayanyaaa.. Soalnya blm pernah bikin dr yg segar soalnya hihi
      Ma kasih sudah mampiir.. Salam kenal yaaa… Nanti inshaAllah saya balik berkunjung🙂

  12. Ping balik: Combro (Jerman) | grossekochbuch

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s