Cireng Bandung eh Nürnberg :)

Bismillahirrohmanirrohim,

Apa kabarnya semuaaa..?? Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan nikmat sehat untuk kita semua..aamiin.

Berawal dari aplotan foto salah satu sobat di IG, yaitu Cireng alias Aci Digoreng, yang sukses bikin saya nelen ludah terus-terusan dan terbayang-bayang sepanjang hari..*lebaaayy* dan juga kebetulan pisan saya teh sudah lamaaaaa sekali pengen pisan makan Cireng, jajanan abadi dari jaman saya kecil sampai sekarang, tapi apa daya saya ndak bisa pergi ke simpang jalan atau ke warung jajanan, karena emang ngga ada yg jualan.. Kadang ngebayangin juga kalau lagi pengen bangeuut jajanan Indonesia tinggal jalan ke perapatan terus beli macam-macam gorengan yg penjualnya berkulit putih dan bermata biru haha

Sooo mau ngga mau jadi saya harus buat sendiri, dan setelah buka inet, liat resep sana-sini.. banding2kan sendiri, lalu setelah coba sekali dan hasilnya kurang atau ngga pas dan sempat dipamerkan di rumah biru, lalu ada sahabat yang memberi tips cara buat Cireng ini, karena ternyata si Cireng ini sama sekali tidak menggunakan terigu.
Eeh lupaaa..Cireng itu kependekan dari Aci Digoreng bhs Indonesianya Kanji Digoreng, ngga sehat bangeut yaa..?? Tapi suweeer enaaak hehe
Nah ini penampakan yang “gagal” jadinya mirip ke Combro😀

20140331-090017.jpg

Tak putus asa dan teteeuup dengan semangat 45, coba dan coba lagi..eehh Alhamdulillah setelah dua tiga kali semakin pinteer *bahagiaaaa* dan bahkan ngga pakai resep pun bisa, ngandelin perasaan akhirnya mah😀

Nah ini penampakan Cireng yang persiiiis mamang2 di depan Mesjid deket rumah di Bandung, dan ternyata jadi salah satu cemilan paporit (pake P) keluarga…🙂

20140331-090336.jpg

Barangkali ada yang mau buat, mangga dicobian dicoba resepnya abdi yang banyak memakai perasaan ini🙂

Bahannya :

– 150 gr tepung kanji

– kaldu ayam atau garam kira2 1 sendok teh

– bawang putih bubuk 1/2 sendok teh saja

– 1 sng bawang daun yang diiris halus

– Minyak buat menggoreng

Bahan biang ;

– 50 gr kanji

-100 ml air panas

Caranya :

50 gr kanji, garam/kaldu ayam, bawang putih bubuk dan bawang daun aduk, lalu seduh dengan air panas sedikit-sedikit sampai menggumpal atau rata sajalah..lalu sedikit demi sedikit masukkan kanci yang 150 sambil aduk, kalau sudah agak hangat, bolehlah ngaduknya pakai tangan sampai bisa dibentuk, kalau dirasa masih terlalu lembek, bisa ditambahkan kanji lagi, jadi memang ini soal perasaan..jiaaah..:D

Lumuri tangan dengan kanji, lalu bentuk suka-suka, tapi biasana mah mamang-mamang mah bulet ceper seperti foto di atas, goreng jangan sampai kecoklatan yaaa… angkat, dan bisa dimakan begitu saja atau dicocol sama sambel kacang, atau kata temen mah, sekarang di Bandung lagi musim Cireng cocol sambal rujak, mangga suka-suka sajalah mau dicocol sambal apapun juga.

Mangga atuuh wilujeng ngadamel, selamat mencoba, dan jangan kapok kalau pertama membuat tidak sesuai dengan keinginan.

Nürnberg, 1 April 2014

 

51 thoughts on “Cireng Bandung eh Nürnberg :)

    • Hehe…kayanya cuma orang Sunda yg doyan Cireng mah, maklum orang Sunda mah sagalaaa diolah pdhl ini mah makanan teh ngga sehat hihi

      Kalem mbak Monda…didoakan suatu saat makan cirengnya ngga pake rada-rada gimanaaaaa gituu😀

      Atau mungkin harus nyoba Cireng buatan sayaaah hihi

  1. teteh..postingan teteh kok ga kedetect ya di readerku.. atau krn beda jam ngeblognya?😀
    aku ada cireng dong di rumah.. tapi beli..hahaha..
    ini juga makanan paporit😀

  2. Untuk Teteh nu kreatif tetap aja bisa menghadirkan cireng di perantauan.
    Paporit jagoan kami juga selama tinggal di Bogor.
    Selamat berakhir pekan Teteh.

    • Hatur nuhuuun… Dipaksa untuk kreatif, kalau ngga, ntar teteh nelen ludah terus lihat sobat-sobat di Indonesia pamer jajanan🙂

      Wilujeng berhari Minggu buat semua yaaa…

    • Bandung mah “surga” nya jajanan dan makanan memang mas Sandi..
      Apa kabarnya..?? Duuh teteh lama nih ngga bw .. sok sibuk hehe

      Eeh batagor plus nasi ..?? Baru tau ada kombinasi begini😀

      • di Malang juga surganya jajanan teh, harganya terjangkau juga hehe. Kalau nasi seh, cuma akal-akalan saya saja teh. Ternyata kemarin tidak habis kalau nasih ma batagor. Jadinya dibagi dua. Hem, bumbu ma gorengnya mantap teh kemarin dapat di Subang harga 5rb saja🙂 . Teteh pernah ke Gunung Tangkuban perahukah?

      • Iih ya naek mobil atuuh doong… waktu jadul masih mahasiswi pernah jalan kaki dr Lembang doang siih😀

        Selamat jalan-jalaaan… Titip jagung bakar dan ketan bakarnya yaaaah

    • Siippp…ntar teteh tunggu hasil “penampakannya”🙂
      Jangan terlalu keras Da, meski agak lembek dikiit dan agak berubah bentuknya pas dibentuk, cemplungin aja ke minyak panas.

  3. Ngakaaak liat cireng yang pertama!! Kalo saya yang bikin pasti lebih parah. Rindu sekali sama cireng.. Sayangnya belum nemu tepung kanji disini😦

    • Hihi gagal tapi enaaaak.. *ngehibur diri*

      Tinggal dimana niih…??
      Di toko Asia ngga ada..??
      Alhamdulillah saya mah ngga kesulitan cari tapioka ini, di toko Asia manapun tersedia.. Dan jadilah si cireng cemilan kalau lg iseng😀

      Salam kenaaaal…dan ma kasih sudah mampiir…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s