Cimplung ala Nürnberg

Bismillahirrohmanirrohim,

Berawal dari IG nya teh Tituk niih yg pamerin makan Cimplung yang kabarnya di Bandung teh cuma ada di RM. Sambel Hejo, bentuknya bulet2 mulus dan katanyaaa rela nunggu lamaan dikit buat bisa makan si Cimplung ini. Tanya-tanya dulu yg jelas mah, apa itu dibuat dari apa, rasanya gimana. Oh ya sempet tanya2 mbak Gugel, oalaaah banyak jenisnya ternyataaa… Tanya lagi sama Teh Tituk, itu kentang kah..?? Ini nih kurleb obrolannya :

20140414-160521.jpg

langsung hari itu coba buat, resep dasarnya bisa dibaca ditempat eda
Dan seperti biasa, teteh selalu buat dengan kreasi sendiri, dan khusus buat yang tinggal di LN bisa gunakan resep teteh ini.

Bahan :
1 bks bubuk kentang buat Pure, ini sama dengan 500 gr kentang kukus.
5 – 6 sendok kanji.
400 ml air mendidih
Satu batang bawang daun, iris halus.
Segenggam bawang goreng (bawang gorengnya khas Swedia)😀
Merica, garam, bawang putih bubuk dan kaldu ayam/sapi secukupnya.
Minyak buat menggoreng.

Caranya :
Tuang bubuk kentang di mangkok, masukkan semua bumbu dan bawang daun jg bawang goreng.
Seduh dengan air panas, aduk rata, lalu masukkan tepung Kanji, aduk rata. Bentuk bulat-bulat suka-suka gedenya, panaskan minyak, goreng deeeh.
Oh ya teteh mah ngga pakai putih telur. Ini nih penampakkannya :

20140414-161825.jpg

Pasti bertanya2 apa sih Cimplung itu..?? Cimplung ini ternyata perkedel kentang tanpa daging berasal dari Purwakarta, dan si Cimplung ini setelah digoreng, kulitnya renyah, tapi lembut didalam. Daaaan harus dimakan hangat-hangat, karena bentuknya masih cantik bulet dan renyah, karena kalau sudah dingin, kulitnya akan kempes meski rasanya teteuuup enak .
Begitu jadi langsung deh pamer di IG, dan berhasil bikin Eda dan Teh Tituk penasaran untuk buat sendiri😀
Dan juga bikin sobat-sobat di Nürnberg bertanya-tanya resepnya, karena mereka bilang “enak Teeh..” Alhamdulillah….

Nürnberg, 14 April 2014

64 thoughts on “Cimplung ala Nürnberg

      • aahahahahahah iya kebayang ya Teh. AKu pas kangen masakan Medan aja kayak lontong sayur yg pake tauco itu, setiap denger adikku ngomong di telp :aku mau srapan lontong nih” aku langsung nelen ludah. Padhal gak pake gambar loh ahahahaah

      • Beneran deh tuh teh Tituk trs Fitri suka liatin makanan yg bikin nelen2 ludah gitu… Jadi dipaksa rajin daah.

        Lontong sayur pakai Tauco..?? Tanya mbah gugel aaaahhh… Kayanya enak hihi

    • Beda teksturnya saja teh Izza…kalau perkedel mah ngga lembut, kalau Cimplung itu dia lembut deh, karena dicampur tepung kanji, trs luarnya juga renyah, jadi enak dimakan hangat2 selama kulitnya renyah, setelah dingin mah kempes dia, meski ngga merubah rasanya. Coba pakai bawang goreng deh, lebih wangi dan lebih gurih, kalau kata teteh siih…🙂
      Oh ya trs ngga pakai daging.

    • Kata sobat teteh mah, adanya cuma di RM Sambel Hejo di Bandung, sok atuh beli, biar ngga penasaran, terus cerita2 sama teteh ya kalau sudah makan si Cimplung teh 😃

    • Ngga mbak Monda, dibulet-bulet pakai tangan saja, jadi ingat empek2 Adaan yg kalau di goreng hasilnya pasti bulet-bulet gitu..:)

      Eda juga buat mbak Monda, cantik juga bulat2 seperti bola pingpong.

      Kalau baca bola pingpong ko jadi ingat lagunya bang Iwan Fals hihi

    • Hehe iya ada wabah Cimplung kang, gara-gara teh Tituk pamer di IG tuuh, iya beda2 tebellaah hihi
      Cuma ini cocok buat vegetaris, dan hemat di kantong, ngga pake daging soalnya…tp enakkan cimplung drpd perkedel kang..coba nyonyah bikin deh.

  1. yeay…. numpang ngetop di sinii…😀
    tapi bener loh teh langsung mewabah setelah teteh bikin..
    aku berkali2 makan di RM SAmbel Hejo dan selalu ngincer cimplungnya, sama sekali gak kepikiran untuk bikin sendiri, sampai teteh bikin….
    dan ternyata gampaaang…. emang juara lah teteh mah, rasa penasaran dan kreatifnya dg keterbatasan bahan itu looh…🙂

    • Ngga kepikiran buat karena masih busa beli Teeeh… Lha teteh mau beli dimana…??? Hehe
      Hatur nuhuuun sudah ngabibita teteh dengan si Cimplung itu, sekarang di Nürnberg mulai terkenal eta si Cimplung teh Dewi, asalnya mamah Cireng sama Bala-bala sekarang tambah si Cimplung, lama-lama teteh bikin gerobak buat jualan gorengan hihi

    • Ini saudaranya perkedel kentang nih.. dia ngga pakai daging dan dikasih tepung kanji, kalau kata teteh mah, lebih enak Cimplung drpd perkedel kentang.. Lembut dan gurih juga..:)

    • Oohhh iyaaaa… Teeeh, Cimplung itu ternyata ada bbrp jenis, ada yg dari pisang, ada juga dari ketan yg dibulet2 trs dibalur gula, jd sempet nanya lg sama teh Tituk, ini yg mana..?? yg dr kentang kah..?? soalnya bilangnya gurih🙂

  2. Aku juga teehhhh! Pengen banget mengeksekusi bikin cimplung ini sendiriiiii…! *tertantang* hahaha..
    Benerrrrr. Cimplung di RM Sambel Hejo itu emang tiada duanya. Kadang aku kalo makan disitu cukup makan nasi, cimplung sama sambel doang, loh. Eng… maksudnya, ayam gorengnya dimakan belakangan, gituuuu…! *dijepret ulekan*😆

    • Aaah kang, abdi mah dipaksa kedah rajin, da upami teu rajin mah atuh, abdi teh ngelay we panginten ningal rerencangan ngadamel itu ieu kang… hehe

      Mangga kang, wilujeng nyobian ngadamel, teu sesah da, salam baktos kangge sadayana di Sukabumi.

      Abdi mah bagja pisan upami dikintun bubur hayam kang Yudi🙂

  3. Teh, saya menulis komen ini jam 01.13 WIB ( Jakarta Timur, Indonesia) – sedangkan komen saya diatas tercantum : soeman jaya pada Juni 1, 2014 pukul 6:03 pm berkata: … itu waktu mana ya Teh ..?😉
    Terimakasih …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s