Raclette

Bismillah….
Tadi malam mbak Iya bilang, “maa mulai hari Minggu makin dingin lho” lalu saya lihat ramalan cuacanya…aduuuh mulai minuuus… Mudah-mudahan saja disertai turunnya Salju, meski dingin tapi lihat Salju ya ada upahnya lah hehe
/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2014/12/img_8216.png
Menurut ramalan cuaca juga, jarusnya sudah turun salju, eeeee sampai sore ini kering sajaaa, lain dengan di beberapa kota lain, di Munich saljunya lumayan tebal, di Berlin juga turun salju dengan lebatnya, lhaaaa di sini..?? malah teraaang, mudah-mudahan saja turun tuh Salju.
Kalau dingin begini enaknya makan yang anget-anget ya..naaah saatnya Raclette dikeluarkan🙂

Oh ya sejak hari Senin, mbak Iya pulang, bahagia rasanya, anggota keluarga kumplit deh.
Yang pasti tambah berisik rumah dengan canda dan tawa, tapi bikin hati adem gitu. Malam lalu kami merencanakan makan malam agak berbeda dari biasanya, kebetulan juga punya Raclette, alat ini semacam alat panggang untuk di meja makan, bawahnya dilengkapi semacam sendok besar yg pipih untuk memanggang sayuran yang ditutupi Keju, semacam gratin gitu.

Bahan-bahannya sih suka-suka, kemarin saya sempat membumbui daging yg diiris tipis pakai kecap, garam, bawang putih, bubuk serai sedikit. Kebetulan punya udang dan
Cumi, yo wes sekalian dibumbuin.
Sayurannya, Brokoli, Jagung pipil manis, Paprika, Zuchini, jamur, dan tentu saja Keju buat Raclette, sebetulnya bisa saja pake keju jenis lain, ementaler, gauda.
Oh ya kemarin pakai juga keju Perancis Camember.

Mungkin ada yang ingin tahu asalnya dari mana ini Raclette..?
Raclette itu dari negara Swiss, asalnya makannya itu keju batangan dipanaskan lalu dikerik di atas sayuran atau roti/kentang, merupakan salah satu makanan nasional negara Swiss.

Difoto-foto dulu sebelum makan aaaah hehe

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2014/12/img_8207.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2014/12/img_8200.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2014/12/img_8201.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2014/12/img_8203.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2014/12/img_8205.jpg

Seru dan asyik makan begini, sepertinya bakalan sering-sering deh kalau kebetulan ngumpul lagi.
Yang pasti bikin tambah hangat suasana rumah, biarlah di luar sana dingin sekali, yang penting hati kami selalu hangat.
Ich hab euch lieb… 😘😘

Hari Minggu coba buat Hot pot aaaah..🙂

Nürnberg, 26.12.2014

69 thoughts on “Raclette

  1. Wooooowww asik bangett nih alat Raclette ini, praktis banget ya kayaknya buat mini BBQ atau yakiniku gitu. Di Indonesia ada yang jual gak ya teh? Kayaknya seru.

  2. Ini benar-benar pesta yang memberi kehangatan pada perut dan tentunya bathin, dari kebersamaannya ya Teh🙂 *itu alat masak keren banget, semua masakan terasa jadi mudah🙂

    • Iya uni… tepat sekali🙂

      Ini mah murah alatnya juga uni, kalau di rupiahkan ndak sampai 1 juta malahan, cari yg murmer gitu..

      Di Indonesia jg banyak Uni, di atas, di komentar sebelumnya ada bbrp link yg bisa dilihat.

      Masak yg gampang matengnya uni, jd ndak lama buatnya🙂

  3. Senangnya kumpul semua di rumah ya Teh. kok ga ada poto lengkapnya siih? hahaha. Kepo saya. Penasaran teh jadinya itu gimana rasanya si Raclette. Sama penasaran juga hasil bumbuan daging ama udangnya. Mihihihi..

    • Harus ijin anak-anak gadis dulu kang Dani hehe
      Biasanya suka protes kalau saya aplot yg ada foto mereka tanpa ijin.

      Coba deh bikin, daging iris tipis, kasih kecap, bawang putih, garam, madu sedikit plus irisan daun jeruk, paling enak lagi dikasih ketumbar sedikit, biarkan bbrp jam, trs goreng di wok atau wajan anti lengket sebentar saja.. hhmmm lecker deh, jd berasa sate maranggi hehe

      Tp paling enak dibakar sih🙂

      Kalau udang sama cumi mah cuma garam, bawang putih sama merica doang, pas makan kasih butter dikit.

  4. manteb banget ya teh dingin-dingin begini🙂

    btw jadi turun salju kah ditempat teteh? disini pas naikin rolladen tadi pagi genteng-genteng nya aja yang terlihat seperti dibedakin dikit, nyampe bawah udah keburu lumer lagi😦

    salam
    /kayka

    • Iya pas yaaa…

      Kemarin sore turun sebentar, trs tadi malam turun halus, sekarang cuma tipis gituuu…
      Tp yang pasti sepertinya winter kali ini beneran datang, tinggal ditunggu “kapas-kapaas” halus itu datang.

      Minus berapa di Hessen menurut ramalan cuaca 1 minggu kedepan..??

      • kemarin abis makan siang baru deh saljunya heboh banget teh.

        disini kalo tak liat seminggu kedepan antara 0 s.d. -4. hari ini ada matahari jadi terang gak kelabu-kelabu banget ya. besok dan selasa turun salju lagi…

        salam
        /kayka

      • Waah samaa… sekarang beneran ya Winternya datang, bukan mampir, ramalan juga 3 hari kedepan turun salju trs… oooh disini malahan -6 dampai – 14 gitu😦

        Semoga sehat-sehat ya mbak Kayka…

      • iyaaa… endlich😀

        lebih dingin ternyata ya lebih dibawah ya teh.

        sama-sama teh, terima kasih, teteh juga ya🙂

        salam
        /kayka

    • Kedah dibungkus ku acuk sareng mantel anu kandel kang, trs ngangge sarung tangan, syal, topi atanapi penutup cepil. Ribet kang upami bade kaluar bumi pas winter teh.

      Taaaah eta kirang Bandreknaaaa…😀

  5. Masukin tangan freezer bentar aja ga tahan, gimana suhu minus ya🙂
    hoho
    sekali kapan ingin ngerasain salju juga mbak🙂, hiihi.. wah ngomongin makanan berkeju favorit saya juga, apalagi ditemani keluarga, wah komplit lit🙂

    sukses selalu mbak, maaf nih baru sempat mampir lagi🙂

    • Yg pasti tangan bakalan sakit trs kering dan gampang luka kalau terlalu dingin. Apalagi kalau ada angin, suhu yg dirasakan jauh lebih dingin, muka rasanya kaya tembok hihi

      Iya ngga apa-apa kalem saja, kapan2 mampir lagi🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s