Si Manis Yang Berlapis, Kue Lapis Pandan.

Bismillahirrahmanirrahim…

Tahun 2014 itu buat saya ngga lepas dari kukusan, sagalaaaa dikukus… pokoknya mah ada makanan yg mesti dikukus buatnya, pasti langsung dicoba, ndak tau kesambet apa ko demen sekali ngukus..eiit yang pasti bukan disambit kukusan yaaa..benjol bonyok kalau disambit kukusan maaaah hahaha *garing deh* πŸ˜€

Waktu ada undangan pengajian di luar kota, teman ada yang buat Kue Lapis seperti yang dijual di Pasar-pasar gitu, langsung dong tanya resepnya, Danke mbak Gun buat resepnya…
Besoknya belanja ke Toko Asia, beli santan instan, beli tepung Kanji, dan daun Pandan, Endomih, Lengkuas, Cabe rawit, Serai…eehh ko keterusan πŸ˜€
Ngebuut naek sepedahnya juga saking ngga sabar ingin cepat2 buat terus dipamerkan dooong *paraaaah*
Jahat sebetulnya aplot foto2 makanan indonesia atau jajanan Pasar itu, karena sobat-sobat saya di Jerman jadi pada mau, dan banyaknya pada males buatnya eeh bukan males sih, mungkin ndak ada waktu atau ndak kumplit barangnya/bahannya.
Dan ini menjadi peluang buat saya jadi tukang jualan jajanan pasar di Nuremberg hahay..
Udah aah pengantarnya, jadi begini resepnya.

Bahan :
600 gr tepung kanji
1100 ml santan
500 gr gula pasir
garam sedikit
Pasta pandan secukupnya.
Daun pandan

Caranya :
Siapkan loyang yg muat di dandang ya, olesi minyak, sisihkan.
Masak santan dan gula pasir plus garam dan daun pandan.
Setelah dingin, tuangkan sedikit demi sedikit ke tepung kanji.
Aduk rata, kalau perlu disaring, biar ndak ada gumpalan.
Bagi dua adonannyanya, satu beri warna hijau.
Kalau mau warna merah/coklat bisa juga.
Panaskan dandang, lalu panaskan loyang 10 menit, lalu angkat, tuangkan adonan selang seling, satu lapis kurang lebih 5 menit. Tutup dandang, dilapisi serbet/lap, biar airnya ndak netes2.
Setelah adonan habis, kukus lagi selama 30 menit.
Oh ya resep ini disesuaikan dengan selera saya, gulanya saya kurangi.
Jangan lupa, setiap mau menambahkan lapisan, adonan diaduk lagi ya, biar ndak ada tepung mengendap πŸ™‚

Selamat mencobaaa..

Ini seperti kue kapis di pasar lhooo… bisa dilepas satu2, berasa balik ke jaman anak-anak, makannya dinikmatiii banget, dilepas satu-satu terus haaap..haaap masuk mulut.. hmmm nom-noooom… πŸ˜€

2015/01/img_8623.jpg

Selamat berakhir pekaan…sehat-sehat selalu ya..

Oh ya sebelum lupa, resep ini saya dapat dr teman, dan teman tidak menyebutkan sumbernya, kalau ada sahabat-sahabat yang kebetulan tahu sumber resep ini, tolong beritahu saya ya…biar saya bisa cantumkan sumber aslinya… hatur nuhuun… πŸ™‚

NΓΌrnberg, 23.01.2015

Iklan

Bolu Kukus Gula Merah praktis

Bismillahirrahmanirrahim..

Again…?? Lagiiii…??? schon wieder..??? Ngga boseeen…?? Ngga laaah hehehe
Ini saya coba resep bolu kukus praktis dari mamanya Prema, tanpa telur dan tanpa Mixer.. Aduk-aduk pakai sendok doang..

Bahannya :
– 250 gr terigu
– 250 gr gula merah [saya pakai yg
bubuk]
– 150 ml air
-100 ml minyak
– 1/2 sdt bakingpowder
– 1/2 sdt soda kue

Caranya :
Cairkan gula merah dengan air panas lalu saring dan dinginkan sebentar.
Campur semua bahan jadi satu sampai tercampur rata.
Masukkan ke cetakan lalu kukus dengan api besar 15 menitan.

Hasilnya..?? Alhamdulillah mekar sempurnaaaa…

2015/01/img_8472.jpg

Selamat mencobaaa dan wilujeng berakhir pekaaan.. πŸ™‚

Nuremberg, 18.01.2015

Bolu Kukus ooh Bolu Kukus

Bismillahirrohmanirrohim…

Saya dari jaman dulu paling maleeeees bikin kue bolu kukus, kenapa males..?? Lhaaa setiap bikin ko mingkem semua alias jamedud alias cembetut dan judesnya minta dilempar, ngga mau sedikitpun memperlihatkan senyumnya, meskipun segaris doang …beda sama yang bikinnya dah, orangnya ramah, baik hati, murah senyum dan pandai menabung ..hiaaahahaha….*perlu keresek..??* πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

Tapi akhir-akhir ini, mulai akhir tahun deh, jiwa satria saya tertantang untuk menaklukkan keangkuhan si Bolkus ini..eeeaaaa … soooo…buka-buka semuaaaa resep bolu kukus dengan judul bolu kukus mekarlah, bolu kukus tertawa lah..bolu kukus lembut mekar lah, bolu kukus terbahak-bahaklah.. semuaaaa saya baca…baca doaaang belum bikinnya mah heuheu..
Yang bikin males lagi karena semuaaa resepnya pakai Tbm lah, Sp lah..semacam bahan kimia buat pengembang kue yang lumayan sulit didapat di Jerman, dan yg bikin ragu itu ya kehalalannya..

Sampai pada satu resep bolu kukus yg bisa dibuat tanpa tbm/sp.
Semangat pisan nyoba, pas masukkin ke dandang pake berdoa dengan khusyu… berharap si bolkus mau tersenyum kalau bisa tertawa..
15 menit kurang lebih berlalu, dag dig dug doong hatinya, bismillah buka tutupnya daaaaan tarraaaaaa…mereka tertawa renyah padakuuuu…. Oohhh bahagia dan terharunyaaa… Ok yg ini terakhir mah lebay πŸ˜€
Ini nih penampakan Bolu Kukus Gula Merah saya

2015/01/img_8420.png

Ada yang mau resepnya..? Ini yaaa
Bahannya :
– 250 gr terigu
– 250 gr gula merah,
– 200 ml air panas
– 2 btr telur
– 1/2 sdt Baking Soda
– 1/2 sdt Baking Powder
– 50 ml minyak goreng

Caranya :
– lelehkan gula merah dgn air mendidih, lalu saring.
– satukan tepung dgn BS dan BP saring.
– kocok telur sampai ngembang, lalu masukkan campuran terigu.
– masukkan pelan2 gula merah, lalu minyak goreng, aduk.
– masukkan ke dalam cetakan Bolu kukus, lalu kukus.
Oh ya kukusannya harus sudah puanas banget yaaa… Daan jangan dibuka2 sebelum waktunya selesai.
Tapi kalau mau dibuka sebelum waktunya mah mangga saja, biar tau
kenapa ngga boleh hehe

Oh ya saya dapat kiriman resep dari sahabat saya mamanya Prema, beliau bikin bolu kukus gula merahnya tanpa telur dan ngga pake mixer, kerennya..kapan-kapan mau saya coba juga dan dipamerkan dimari 😁
Ini Resepnya :
Bahan :
250 gulmer cairkan dengan 150 ml air. Saring. Dinginkan
(Aku kurangin tadi gulanya, takut kemanisan)
250 gr terigu
100 ml minyak
1/2 sdt BP
1/2 sdt BS

Caranya
Aduk rata semua bahan, masukkan kecetakan
panaskan kukusan sampai beruap banyak. Kukus kue 15 menit dengan api besar.

Mangga wilujeng nyobian, selamat mencoba.. kayanya mending pakai resep mamanya Prema deh, praktis soalnya hihi

Oh ya resep saya mah sumbernya dari sini

Rothenburg ob der Tauber, kota kecil nan cantik.

Bismillahirrahmanirrahim..

Hari Minggu pas sarapan, saya iseng ngajak kangmas ke Rothenburg ob der Tauber, eeeh kata kangmas, yo wes sana ganti baju kita jalan-jalan kesana sekarang.. hurraaaaa…akhirnya kesampaian juga lihat kota yg katanya terkenal kecantikan kota tuanya.
Danke…Danke..Dankeeee .. ‘Yaaank *ketjup2*
Hhmmm sayang sekali anak-anak ndak ada yg mau ikut, alasannya “aaah itu mah desa mamaaa..ngga baguus..” Dasar anak-anak gadis, maunya ke kota gede yg ada mall nya πŸ˜€
Alasan lainnya karena hari Minggu, dimana toko-toko tutup semua, Kecuali restoran, tukang roti atau cafe.
Jadi bisa dipastikan jalan-jalan ke desanya rada membosankan mereka.
Yasud, saya sama kangmas saja yg pergi, dan anak-anak katanya mau ngecat rumah, tepatnya mah ruang tamu dan ruang makan yg kebetulan jadi satu, ya jadi satulaaah wong rumahnya juga kecil hehe

Bek tu tema, Rothenburg ob der Tauber ini kota yang terkenal dengan kecantikan kota tuanya, dan pastinya sangat terpelihara, juga merupakan kota yang menjadi inspirasi beberapa film terkenal, diantaranya Pinokio si boneka kayu.
Rothenburg ob der Tauber ini merupakan bagian dari distrik Ansbach, Mittelfranken Bayern Jerman, kurang lebih sekitar 100 km dari tempat kami tinggal, ya kurang lebih 1 jam perjalan menggunakan kendaraan pribadi.
Kota ini banyak sekali dikunjungi wisatawan manca negara, terutama Jepang… !! Sampe heran saya itu, orang Jepang suka sekali ya jalan2 ke kota tua seperti ini.
Kalau ingin jelasnya bisa baca-baca di
http://en.m.wikipedia.org/wiki/Rothenburg_ob_der_Tauber

Memasuki kota tuanya, sepertinya kita benar-benar berada di negara dongeng, begitu malewati pintu gerbangnya, saya hanya bisa berdecak kagum aaaiih cantiknyaaa…
Aaah ngga usah panjang lebar luas dan tinggi deh..mangga selamat menikmati, oh ya seperti biasa jemprat jepretnya pakai Hp, mudah2an bisa menampilkan kecantikan kota ini…

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8390.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8388.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8396.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8406.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8400.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8395.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8394.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8381.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8393.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8391.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8375.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8378.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8332.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8339.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8357.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8338.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8379.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8386.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8387.jpg

Kalau ini gedung Pemerintah daerahnya, embuh kenapa tiap jepret pakai Hp selalu miring huuuh…

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8320.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8340.jpg
Dan ini benteng yg mengelilingi kota tuanya,

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8401.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8404.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8403.jpg
Oh ya cemilan khas kota ini namanya Schneeballen , atau Snow Ball..terigu diuwel-uwel trs digoreng kasih toping macam-macam, rasanya..?? Enakkan Baso goreng kopong cocol sambel deh haha oh ya besarnya macam-macam dr yg diameter 5 cm sampai yg 10 cm πŸ™‚

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8411.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8405.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8385.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8384.jpg
Ini beberapa cendera matanya

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8337.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8392.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8336.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8326.jpg
/>
/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8383.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8325.jpg
Dan terakhir dan bisa diabaikan adalah penjaga pintu masuk gedung Walikota… numpang tenar aaah heuheuuu

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8397.jpg

Sebenarnya kurang bisa menikmati, karena cuaca yang mendung sekali disertai angin yang menggelebug, hadeuuuh bahasa naon ieu..ya angin yang gedelah maksudnya, yg bikin jemari dan muka berasa beku kedinginan ,jadi harus balik lagi pas sudah hangat cuacanya.

Daaaan sesampainya di rumah, disambut dengan rumah yang seperti sudah terkena angin menggelebug itu, alias berantakaaaaan dengan bekas-bekas kaki yang sudah nginjek cat dimana-manaa…!!!
Marah..?? Nggalaaah khan sudah di cat rumahnya sama gadis-gadis singsingkan lengan baju, bebereeees..!!
Maaf ngga ada fotonya, soalnya beneran ngga kepikiran mau foto, berantakannya itu lhooo… semua bergeser ke tengah ruangan dan parketnya tergores2… huwaaaa.. Marah..?? Nggalaaaah…
Udah aah penutupnya ko ndak cantik gini ya.. hahaa

NΓΌrnberg, 06.01.2015