Rothenburg ob der Tauber, kota kecil nan cantik.

Bismillahirrahmanirrahim..

Hari Minggu pas sarapan, saya iseng ngajak kangmas ke Rothenburg ob der Tauber, eeeh kata kangmas, yo wes sana ganti baju kita jalan-jalan kesana sekarang.. hurraaaaa…akhirnya kesampaian juga lihat kota yg katanya terkenal kecantikan kota tuanya.
Danke…Danke..Dankeeee .. ‘Yaaank *ketjup2*
Hhmmm sayang sekali anak-anak ndak ada yg mau ikut, alasannya “aaah itu mah desa mamaaa..ngga baguus..” Dasar anak-anak gadis, maunya ke kota gede yg ada mall nya😀
Alasan lainnya karena hari Minggu, dimana toko-toko tutup semua, Kecuali restoran, tukang roti atau cafe.
Jadi bisa dipastikan jalan-jalan ke desanya rada membosankan mereka.
Yasud, saya sama kangmas saja yg pergi, dan anak-anak katanya mau ngecat rumah, tepatnya mah ruang tamu dan ruang makan yg kebetulan jadi satu, ya jadi satulaaah wong rumahnya juga kecil hehe

Bek tu tema, Rothenburg ob der Tauber ini kota yang terkenal dengan kecantikan kota tuanya, dan pastinya sangat terpelihara, juga merupakan kota yang menjadi inspirasi beberapa film terkenal, diantaranya Pinokio si boneka kayu.
Rothenburg ob der Tauber ini merupakan bagian dari distrik Ansbach, Mittelfranken Bayern Jerman, kurang lebih sekitar 100 km dari tempat kami tinggal, ya kurang lebih 1 jam perjalan menggunakan kendaraan pribadi.
Kota ini banyak sekali dikunjungi wisatawan manca negara, terutama Jepang… !! Sampe heran saya itu, orang Jepang suka sekali ya jalan2 ke kota tua seperti ini.
Kalau ingin jelasnya bisa baca-baca di
http://en.m.wikipedia.org/wiki/Rothenburg_ob_der_Tauber

Memasuki kota tuanya, sepertinya kita benar-benar berada di negara dongeng, begitu malewati pintu gerbangnya, saya hanya bisa berdecak kagum aaaiih cantiknyaaa…
Aaah ngga usah panjang lebar luas dan tinggi deh..mangga selamat menikmati, oh ya seperti biasa jemprat jepretnya pakai Hp, mudah2an bisa menampilkan kecantikan kota ini…

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8390.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8388.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8396.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8406.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8400.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8395.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8394.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8381.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8393.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8391.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8375.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8378.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8332.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8339.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8357.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8338.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8379.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8386.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8387.jpg

Kalau ini gedung Pemerintah daerahnya, embuh kenapa tiap jepret pakai Hp selalu miring huuuh…

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8320.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8340.jpg
Dan ini benteng yg mengelilingi kota tuanya,

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8401.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8404.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8403.jpg
Oh ya cemilan khas kota ini namanya Schneeballen , atau Snow Ball..terigu diuwel-uwel trs digoreng kasih toping macam-macam, rasanya..?? Enakkan Baso goreng kopong cocol sambel deh haha oh ya besarnya macam-macam dr yg diameter 5 cm sampai yg 10 cm🙂

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8411.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8405.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8385.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8384.jpg
Ini beberapa cendera matanya

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8337.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8392.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8336.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8326.jpg
/>
/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8383.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8325.jpg
Dan terakhir dan bisa diabaikan adalah penjaga pintu masuk gedung Walikota… numpang tenar aaah heuheuuu

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/ec1/31403228/files/2015/01/img_8397.jpg

Sebenarnya kurang bisa menikmati, karena cuaca yang mendung sekali disertai angin yang menggelebug, hadeuuuh bahasa naon ieu..ya angin yang gedelah maksudnya, yg bikin jemari dan muka berasa beku kedinginan ,jadi harus balik lagi pas sudah hangat cuacanya.

Daaaan sesampainya di rumah, disambut dengan rumah yang seperti sudah terkena angin menggelebug itu, alias berantakaaaaan dengan bekas-bekas kaki yang sudah nginjek cat dimana-manaa…!!!
Marah..?? Nggalaaah khan sudah di cat rumahnya sama gadis-gadis singsingkan lengan baju, bebereeees..!!
Maaf ngga ada fotonya, soalnya beneran ngga kepikiran mau foto, berantakannya itu lhooo… semua bergeser ke tengah ruangan dan parketnya tergores2… huwaaaa.. Marah..?? Nggalaaaah…
Udah aah penutupnya ko ndak cantik gini ya.. hahaa

Nürnberg, 06.01.2015

160 thoughts on “Rothenburg ob der Tauber, kota kecil nan cantik.

  1. Uhuy, ngedate ini ceritanya!
    Lain kali klo kesana jg bawa kostum princess Teh, udah cakep banget latar belakangnya.
    Gadis2 nya Teteh mah emansipasi beneran deh, sampe mau nukang..jempol!

    • Ngga juga sih, lha saya nya sibuk jalan sendiri jeprat-jepret gitu, doi jg asyik lihat2… hehe

      Kalau musim panas, ada acara khusus uni, balik ke jaman kerajaan dulu, termasuk pakaiannya.. Nanti pengen balik lg pas ada acara ini, syukur2 bisa sewa bajunya😀

      Aahhh mereka itu ndak suka dgn warna dinding yg kemaren, jd sekarang semua mereka cat warna putih😀
      Jd kalau pd pengen ganti warna kamarnya pun, ya mereka cat sendiri hehe

      • Tipe photographic traveler, ni udh dpt satu tipe traveler Teh..
        Wkwkw, iya nih, sy sering diprotes suami krn suka poto2 jg, selain gak merhatiin keselamatan bocah jg krn gk menikmati suasana.

      • Cateet… hehe

        Hhmm bisa jadi ya sibuk jeprat-jepret jd kurang menikmati, jadi memang harus diulang jalan2nya, yg kedua tinggal duduk2 santai gitu ya *maunyaaaa jalan terus* hihi

        Untungnya anak2 sudah gede semua, malah kadang misah tuh kalau jalan-jalan, emak kemana..anak2 gadis kemanaa..bapak sama anak cowoknya kemanaaaa hahaha

    • Haha nyindir ini maaah…
      Tp memang kalau sudah tua hrs semakin dirawat biar teteh kinclong 😄😄

      Kota ini sempat hancur lho kang, jaman PD kedua, tp dibangun kembali spt aslinya, keren ya kang.

      Di Jerman banyak yg gini kang, Nürnberg salah satunya juga, kapan2 posting ttg Nürnberg aahh…

      • Jdi kepo teh… apa sih artinya “berg” atau “burg” dalam bahasa German. Banyak kota yang ujungnya pake “berg” atau “burg” ya?

      • Kastil/Castle kang… Nuremberg juga krn kota tuanya punya Kastil /castle dan dilingkari benteng.
        Bisa juga artinya kota gitu…
        Nuremberg kota cantik juga lho kang… kota tuanya mirip begini nih, hanya luas pisan, Burg nya besaar dan diatas, bisa lihat kota Nuremberg.. Geulislah pokokna mah, semakin tua semakin geulis hahaaaay… 😄😄

      • seingat saya, burg itu artinya kastil. sedangkan berg artinya gunung. nah, nebenbedeutungnya yang saya ga tau. hehehe.
        saya pernah ke nürnberg, sehari doang. ke puncak itu, apa sih namanya, lupa. nanjaknya, ampun deh.

      • nanjak bener. apalagi diawali dgn jalan kaki dr hauptbahnhof, balik ke hauptbahnhof lg, sambil mampir2. benar2 stadtwanderung. capeeekkknya… pulangnya tidur di kereta hehe.

      • Waaah beneran jalan dan jalaaaaaan itu hehe

        Kapan atuh ka Nürnberg lagi..?? Nanti mah dianterlah ke atasnya pake Auto, nanti pulangnya makan di Dönner Atlantik😀

      • Burg biasanya ya berhubungan dengan benteng/Kastil gitu, tapi ada yg mengartikan kota juga setelah baca-baca kamus…🙂
        Atau mungkin dari Brücke…yg artinya memang jembatan mbak🙂

      • Hoiya kali..memang kata2 nya hampir mirip burg dan brücke itu kali Teh. Sy yg kurang banyak kosakatanya jd asal teori aja,hihi..sok teu atuh!

      • Iya Teh, dimaafkan ya kepedean saya. Pake bahasa Inggris jg masih suka kesleo, baik ngomong, nulis, ngucapin maupun ngartiinnya.
        Pasif euy

      • Waaaah apalagi sayaaa…sekarang ngaco berat bhs Inggrisnya terutama kalau baca, kebiasaan baca bhs Jerman yg diucapkan sesuai tulisan, jd pas nemu yg bhs Inggris trs harus dibaca kenceng weeess malu-maluin huhuhu

      • Sy pernah baca di blognya Ailtje ttg Bahasa Inggris Medhok, Teh..
        Itu penyemangat biar gk putus asa belajar khususnya bahasa.
        Klo sy yg penting i understand, you understand, kita tand lah..sepakat!

      • Betuuul… pokoknya ngeh maksud kita..bereees… hihi

        Harus banyak gaul dan ngobrol sama orang asing ya… membiasakan lidah kita, lhaaa teteh mah ketemunya sama orang Indonesia sama orang Sunda terus, yaaaa jd ngga pinter2 deh hehe

    • Ada jalan2 tertentu yg tidak boleh dilewati mobil mbak.. Dan memang jarang sekali mobil lewat, hari Minggu kalau di Jerman umumnya memang pd tutup mbak, jd sepi jalanan itu.

  2. Teeeh ini sih aku betah bgt jalan2 foto2 nyemil2 disitu hihihi. Andalan eropa bgt ya, kota tua2 begini. Btw itu rumahnya tipenya mirip2 ya, segitiga byk jendelanya, miniaturnya juga cantikkk

    • Kalau hangat betah lama-lama disitu, sekedar duduk-duduk dan nyemil mbak Rosa… Kemarin suhunya minus 7 plus angin pula, waduuuh sakit jari2 nya :((

      Iya khas Bayern sepertinya sih atau jerman selatan bangunan dgn garis2 kayu begini.

  3. Asyik dong anak-anak tidak ikut bisa leluasa…….pasti jalannya gandengan terus sama si kangmas trus itu tuh….kepalanya nyandar terus dipundaknya…..iya kan…kan…..kan….😀

    • Aaahhh jalannya masing2 haha
      Istrinya sibuk jeprat2 kesana kemari, soalnya kita ngga betah lama-lama, dinginnyaaaa.. Jd cuma sejam lebih sedikit trs balik pulang hehe

  4. bener mbak, serasa di negeri dongeng. Bangunan tua bermotif lawas masih terawat dengan baik. Bisa dinikmati sembari duduk di luar sambil makan bakso uwel-uwel itu di luaran (kalau gak kedinginan)

    • Itu baso uwel-uwel rasanya ya goreng terigu kasih toping macam-macam dan dingin pula… Ngga cocok buat nyemil di luar pas dingin begini… Jarinya sampai sakit krn kedinginan, dan mau ngga mau ngga pakai sarung tangan, krn hrs motret, hrsnya sarung tangan khusus ya, jd masih bisa sentuh2 layar Hp nya😀

  5. wah cantik bangeeeet itu pemandangan kotanya, teh (teteh juga nggak kalah cantik kok, hihihi). kalau saya pasti betah banget jalan-jalan di kota seperti itu🙂

    • Terima kasiiih sudah dibilang cantik hehe

      Sayang sekali waktu teteh kesini cuaca lagi ndak bagus, dingin sekali..jadi jalan cepat-cepat, cetrak-cetrek trs beli kopi cuma buat ngangetin tangan terus pulang hehe
      Makanya ingin balik lagi pas sudah hangat ..إِنْ شَاءَ اللّهُ 🙂

    • Gang di Indonesia pokoknya khas banget deh… dan banyak juga yang bersih.. buktinya belum bisa move on khaaan…???
      Gang senggol, kalau lewat senggolan…

      Eeeh ini bukan bicara gang ya..?? Jalan-jalan kampung yg melosok biasanya lebih teduh dibanding yg dikota hehe

  6. Iya bener, orang jepang emang seneng jalan jalan di kota tua gini teh. Di jepang sendiri, wisata kota tuanya juga banyak dikunjungi turis lokal. Padahal mah cuma liat2 rumah doang. hihihi.😛
    Btw, itu foto terakhir cantiikkk. Kayak masih abegeh.😀

    • Iya banyak sekali orang Jepangnya, sampai menu resto/cafe pun ada tulisan jepangnyaaa… Hebatnya orang Jepang itu.

      Fotonya khan dari jauuh jd sepuhnya tersamarkan dan terlihat seperti abegeh mama Risaaaa… Eeeh abegeh mah angkatan babeh gue yaah..?? euuhh sudah bahagia sayaaah hihi

    • Ambiiil…ambiil…😀
      Iya kota tua yg anak-anak bilang Desa hehe

      Betul sekali, spt masuk dunia dongeng, nanti kalau musim panas katanya suka ada acara spt jaman kerajaan, kumplit sama kostum dll nya..mudah2an bisa kesana🙂

  7. lihat-lihat photonya, saya sepakat dan sependapat kalau kota….susah juga ya nyebutnya, adalah kota tua yang cantik dan unik.
    Snow ball atau terigu yang diuwel-uwel itu mengigatkan saya pada keu bantal tabur gula serbuk, Neng Wie

    • Ayooo Wochenende jalan-jalan kesini mbak Kayka.. Hbf nya dekat dengan Altstadt nya juga, kalau mau pakai kereta. Pasti tulisan ttg kota ini bakal lebih cantik dan menarik kalau mbak Kayka yg nulis deh🙂

      Kemarin boro2 bisa belanja souvenir mbak, tutup semuaaaa..biasanya khan toko2 begitu buka ya buat para turis, eehh hanya bbrp yg buka dan malahan saya ndak kepikiran masuk pula hadoooh …

      • hihihi teteh deh jadi malu nih, abis saya kalo nulis kering dan garing gitu🙂

        mau banget lho teh kapan-kapan kesini, apalagi rumah-rumahannya itu lho.

        iya teh saya juga sering wanti-wanti kalo mau kesini jangan wiken kec. kalau tau ada Sönntagsöffnung-nya. abis kalo jalan kan kepengen belanja-belanja juga ya.

        salam
        /kayka

      • Tulisannya bagus mbak Kayka kalau menggambarkan satu tempat, kalau saya mah ngga bisa ya bahasanya bahasa lotek, sagala dicampur hihi

        Iya jangan Minggu, soalnya sepiii hehe
        Enak hari biasa atau Sabtu, lumayanlah jadinya agak rame dan kalau butuh2 dikit, bisa masuk toko🙂

      • hahhaha teteh saya malah kebalikannya suka banget gaya nulisnya teteh, locker🙂

        kalau kita sih udah biasa ya teh. yang susah yang datang kesini, ribut aja kog gak ada orang dsb. halaah… tapi memang gak rame gak seru aja ya😀

        salam
        /kayka

      • Terus Mall di Jerman ngga seheboh di Indonesia hehe

        Minggu di luar sepi, kebalik sama di Indonesia, Minggu keluar semua hihi

        Iya berasa garing ya kalau jalan pas Libur itu😀

      • iya ya hebohan di indonesia.

        ih bener banget teh. hari minggu atau kalo gak tanggal merah wah bener-bener deh disini sepiii…

        salam
        /kayka

    • “Desa” ini memang dipelihara “ketuaan” nya , dikelilingi benteng yg memisahkan antara kota tua ini dengan keramaian di luar, dan menjadi satu tujuan para wisatawan manca negara🙂

      Terima kasih sudah mampir ..

  8. Cantiiik pisan teteh …… teratur nyeni banget, adakah penghuni tetap sebagai pemukiman atau khusus untuk wisata ya?
    Foto2 Teteh, mau pakai alat apapun tetap artistik, hatur nuhun dibagi keelokan Rothenburg.
    Untuk model dengan boot apik dan calon walikota berikutnya, satu kata kereeeen.

    • Hatur nuhuuun mbak Prih…
      Itu rumah-rumah penduduk mbak, bawahnya toko dan biasanya menyatu sama rumah penduduk.

      Naaah kalau di Jerman mah, hari Minggu itu orang jarang keluar, jd meski di kota yg lumayan besar juga, kalau hari Minggu mah sepii..toko2 tutup dan orang jarang keluar, kecuali jika cuacanya cantik dan hangat.

      Aiihh jadi maluu… khan tolong diabaikan mbaaaak… *tutup muka* ☺️☺️

  9. Satu kesan saya yang sangat kuat, yakni betapa bersih dan rapi ya, Teh. Seperti inilah semestinya daerah atau tempat orang-orang beriman. Karena, sabda Nabi saw., kebersihan adalah sebagian dari iman. Semoga ini memicu kita semua untuk senang menjaga kebersihan.

    Hehehe… penutupnya ya, Teh. Itu maksudnya ada “bekas-bekas kaki” apa ya, Teh?

    • Aamiin… semoga ya mas.. masyarakat kita bisa melaksanakan sunnah Rasul…

      Itu mas, cat putihnya netes-netes, trs keinjek, dan mereka jalan kesana kemari, otomatis cat yg nempel di kaki, meninggalkan putih dimana-mana hehee

    • Karena ini merupakan objek wisata, jd mereka pelihara sekali mbak Ria..

      Saya blm punya kamera “beneran” mbak Riaaaa… jd kamana-mana jepretnya pakai Hp.. Alhamdulillah kalau hasilnya bagus🙂

  10. Aih, alangkah indahnya kota tua Rothenburg-nya. Saya suka banget sama tuh ngeliat jalan pavingnya. Tertata rapih dan menarik. Oke, masuk list destinasi kalau bisa sekolah di Eropa nanti hehehe. Angel fotonya keren uey…

    • Itu jalanan dari jaman dulu sekaliii… Masih jaman kerajaan …🙂

      Siip..siip..semoga dimudahkan langkahnya ya kang untuk melanjutkan program doktoralnya di tempat yang diinginkan..aamiin….

      Masa sih…?? Lha asal jepret saja karena kedingina..hehe..

      Hatur nuhuuun….

  11. Subhanallah Teteh cantiiiikkk banget. Ga ada sampah ya sepanjang mata memandang. Ihhhh kece abis deh. Semogaaa beneran kesampaian ke bookfair tahun ini. Teteh nih muda banget ya, tapi anaknya sudah gadis. Rahasianya apa Teh awet muda?😀

    • Kebersihan memang dijaga sekali sepertinya di kota ini, soalnya tujuan turis dari mana-mana.

      Khan fotonya dr jauuuuh… Jd kelihatan muda, khan ngga keliatan tuh kerut2nya😀

      Rahasianya…? Ya dipotret jauh-jauh gitu hihihi

      • Aslinya mah biasa sajaaaa… Khan pengaruh cahaya, pengambilan dan kamera menentukan penampakan hihi penampakan😀

        Ada beberapa teman blogger yg sudah ketemu di Indonesia, nanti in syaa Allah kita bisa ketemuan, dan pasti bilang “oohh betul kata teh Dewi.. biasa saja” 😊

  12. serasa jalan di negeri dongeng hans andersen, ya teh
    iya.ya.. kok sepii itu penghuni pada kemana..?
    desa-desa kita yang berbukit-bukit sebenarnya ndak kalah keren lho, sayang kebersihannya beda bangeeet…..

    tak kira yang di depan pintu itu manekin….😀

  13. Mbk, itu seperti di dunia hayal, itu saya melihat seperti tower dan ada terowongannya, kira -kira itu apa Mbk, sepertinya menjadi ikin dari kota itu. di foto ke-1 dan ke-2.

    • Eeeh ko ada 2 foto yang sama ya..?? Hehe maaaf ini ke up load 2 kali…

      Itu pintu gerbang utama masuk kota tua ini mas…

      Tapi rata-rata kota2 tua di Bavaria/Bayern atau Jerman selatan mirip2 begini bentuk bangunannya… pakai balok2 kayu gitu.

    • Boleeeh.. mau panggil apa saja juga..:)

      إِنْ شَاءَ اللّهُ bisa jalan2 kesini Non..

      Naaah Masjid disini ngga spt masjid di Indonesia, bentuknya ya apartemen biasa gitu… tp ada bbrp Mesjid di Jerman yg lumayan besar, sayang blm pernah lihat😦

      • Syukran bunda….🙂

        Mohon doa bunda, semoga ALLAH izinka ana bisa melihat salah-satu ciptaanNya yg indah dsana🙂
        😥 pasti bunda kangen yaa sama masjid2 indah dIndonesia ^_^
        tapi gk masalah, ALLAH selalu melihat ibadah kita, dmanapun kita, ya kan nda???

        O iy, titip salam buat adik2 ya nda,,
        yg katanya lebih milih ngecat rumah🙂
        adik2 masih pada sekolahkah nda?🙂

      • Silahkan…silahkan cantiik…
        Kangen sama adzannya yg pasti mah… disini dilarang adzan dikumandangkan sampai keluar ruangan😦

        Iya betul… Mudah2-an Allah menerima semua amal ibadah bunda … dan non Khadijah yg sholehah…aamiin..

        Masih SMP kls 3 dan kls 2, yg paling besar sudah kuliah, yang paling kecil baru kls 4 SD…

      • Allahhu,,,,😥
        adik laki2 yg c aja yg adzan drumah🙂

        Aamiin Ya Rabb…. :’)
        pngen ketemu bunda nih….
        bisa share ilmu sma nda ^_^

        Salam buat adik2 ya nda,
        salam semangat untuk terus istiqamah dNegri org🙂

      • Suara adzannya suka dr Hp..🙂

        Waaah ilmunya bunda mah masih seujung kuku..masih perlu banyak belajar dr yang muda-muda nih🙂

        Aamiin…aamiin…aamiin Ya Allah…

    • Hehe rata-rata ditanam di bawah tanah kitu…
      Muhun sae nya…teteh oge resep ningalna teh, pdhl seueur anu kieu tah di Bayern teh, tp krn ieu mah kota tuana alit, janten langkung resik ningalna teh..

      Hatur nuhun parantos linggih.. Saur si Rothenburg ob der Tauber teh ich liebe dich auch laaah 😃

  14. Kotanya indah banget, seperti yang saya lihat di film-film kartun atau acara televisi :takjub
    Mana bersih dan rapi sekali. Masyarakatnya benar-benar menjaga tatanan bangunan tua itu supaya tidak lekang oleh waktu, dan mereka berhasil. Sumpah, saya takjub…

    • Kota kecil ini memang cantik…
      Sebetulnya khas kota2 tua di Jerman sih, yg bikin dia menarik, karena kota tuanya kecil dan ndak bercampur dengan bangunan modern.

      Kalau masalah kebersihan mah, masyarakat Jerman memang patut diacungi jempol deh..mudah2an satu saat, penduduk Indonesia disiplin dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya… Aamiin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s