Bolu Kukus ooh Bolu Kukus

Bismillahirrohmanirrohim…

Saya dari jaman dulu paling maleeeees bikin kue bolu kukus, kenapa males..?? Lhaaa setiap bikin ko mingkem semua alias jamedud alias cembetut dan judesnya minta dilempar, ngga mau sedikitpun memperlihatkan senyumnya, meskipun segaris doang …beda sama yang bikinnya dah, orangnya ramah, baik hati, murah senyum dan pandai menabung ..hiaaahahaha….*perlu keresek..??* ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

Tapi akhir-akhir ini, mulai akhir tahun deh, jiwa satria saya tertantang untuk menaklukkan keangkuhan si Bolkus ini..eeeaaaa … soooo…buka-buka semuaaaa resep bolu kukus dengan judul bolu kukus mekarlah, bolu kukus tertawa lah..bolu kukus lembut mekar lah, bolu kukus terbahak-bahaklah.. semuaaaa saya baca…baca doaaang belum bikinnya mah heuheu..
Yang bikin males lagi karena semuaaa resepnya pakai Tbm lah, Sp lah..semacam bahan kimia buat pengembang kue yang lumayan sulit didapat di Jerman, dan yg bikin ragu itu ya kehalalannya..

Sampai pada satu resep bolu kukus yg bisa dibuat tanpa tbm/sp.
Semangat pisan nyoba, pas masukkin ke dandang pake berdoa dengan khusyu… berharap si bolkus mau tersenyum kalau bisa tertawa..
15 menit kurang lebih berlalu, dag dig dug doong hatinya, bismillah buka tutupnya daaaaan tarraaaaaa…mereka tertawa renyah padakuuuu…. Oohhh bahagia dan terharunyaaa… Ok yg ini terakhir mah lebay๐Ÿ˜€
Ini nih penampakan Bolu Kukus Gula Merah saya

2015/01/img_8420.png

Ada yang mau resepnya..? Ini yaaa
Bahannya :
– 250 gr terigu
– 250 gr gula merah,
– 200 ml air panas
– 2 btr telur
– 1/2 sdt Baking Soda
– 1/2 sdt Baking Powder
– 50 ml minyak goreng

Caranya :
– lelehkan gula merah dgn air mendidih, lalu saring.
– satukan tepung dgn BS dan BP saring.
– kocok telur sampai ngembang, lalu masukkan campuran terigu.
– masukkan pelan2 gula merah, lalu minyak goreng, aduk.
– masukkan ke dalam cetakan Bolu kukus, lalu kukus.
Oh ya kukusannya harus sudah puanas banget yaaa… Daan jangan dibuka2 sebelum waktunya selesai.
Tapi kalau mau dibuka sebelum waktunya mah mangga saja, biar tau
kenapa ngga boleh hehe

Oh ya saya dapat kiriman resep dari sahabat saya mamanya Prema, beliau bikin bolu kukus gula merahnya tanpa telur dan ngga pake mixer, kerennya..kapan-kapan mau saya coba juga dan dipamerkan dimari ๐Ÿ˜
Ini Resepnya :
Bahan :
250 gulmer cairkan dengan 150 ml air. Saring. Dinginkan
(Aku kurangin tadi gulanya, takut kemanisan)
250 gr terigu
100 ml minyak
1/2 sdt BP
1/2 sdt BS

Caranya
Aduk rata semua bahan, masukkan kecetakan
panaskan kukusan sampai beruap banyak. Kukus kue 15 menit dengan api besar.

Mangga wilujeng nyobian, selamat mencoba.. kayanya mending pakai resep mamanya Prema deh, praktis soalnya hihi

Oh ya resep saya mah sumbernya dari sini

142 thoughts on “Bolu Kukus ooh Bolu Kukus

  1. Cantik banget mbak bolu kukusnya, aku pernah sekali bikin bolkus ubi tapi ketawa dikit aja, terus teksturnya padat sekali, gak empuk ngembang gitu. Abis itu males bikin bolkus lagi. resep yg ini patut dicoba karena bahannya dikit๐Ÿ™‚

    • Terima kasiiih…
      Bolu kukus ada ya yg pakai bahannya Ubi, baru tau malahan saya hehe

      Coba yang mamanya Prema deh mbak Eka…lebih praktis lagi malahan dr yg resep saya๐Ÿ™‚

      Selamat mencobaaa…ditunggu hasilnya yaaaa…๐Ÿ™‚

  2. Hahahaha ngakak aku teh baca preambulenya..

    Ahh belom coba nih teh. Lah aku donk kayaknya dibenci banget ama si chiffon.. dah 11 kali bikin ga pernah sukses *nangis inget telornya*

    • Mungkin yang ke 12 kalinya maaak..hihi…

      Sadis emang ya itu si Chiffon telurnya…
      Jadi bersabarlah menghadapi si Chiffon, yg ke 12 nanti, in syaa Allah sukses…๐Ÿ™‚

      Gagalnya itu bantat atau gimana mak..??

  3. wah si teteh sukses …, plok plok
    hebat euy..

    belum nyobain bolu kukus, kayaknya gampangan beli teh.., digaplok talenan sm teteh.., tp kejadian gagal melulu buat puding karamel .., itu karamelnya kok nggak mau nempel, kumaha teh
    bagi tipsnya atuh

    • Iya eda bahagiaaaaa laaah hihi

      Ya kalau di Indonesia juga kayanya saya pelanggan beli drpd bikin๐Ÿ˜€

      Langsung disiram sama puding yang panas khan eda..??
      Jadinya si karamelnya agak-agak mencair gitu dan ngga misah, pengalaman sih begitu eda, jangan menunggu terlalu dingin dua-duanya.. kayanya saya bikin begitu hihi…

    • Oohh tentu sajaaaaa …huahihi
      Pokoknya bahagia pisanlah mbak Nur, sampe bbrp kali buat dan ngga cuma yg gula merah, td malam pun buat yang biasa, nyoba resep kiriman mbak Lies๐Ÿ™‚

  4. Cie berhasil bikin bolunya ketawa hihihi

    Ak jg pnh bikin bolukukus, pdhl uda pake tepung bolu yg instan itu teh. Kok ya masih bantet, teksturnya padat bgt, gatotnya kebangetan deh huhuhu *tutup muka*

    • Iya bahagia dan bangga sudah bisa kenal baik sama Bolkusnya… ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

      Kemaren dulu pernah nyoba juga yg merk Pon**n itu, mekar sih mekar, cuma ada wangi yg kurang enak ya… wangi campuran esens apa gitu.
      Sampe dibilang sama anak-anak “enakkan bikin sendiri” katanya๐Ÿ™‚

      Kukusannya kurang panas..??

  5. Sejak pindah UK, sy jg “terpaksa” nyoba2 resep apa aja Teh, wlpn sering gagal. Untung Suami mo berkorban makanin produk gagal itu bareng sy, jd suka cengar-cengir makan kue bantat, atw pizza gosong deh, hihi..
    Kayanya memang harus pantang menyerah nyobain ya Teh, ihh, semangat!

    • Betuul cemunguuud kata barudak jaman kiwari mah ya…

      Teteh mah lebih banyak bikin yg khas Indonesia sih, soalnya kabitaaa eeeh bikin kepengen, apalagi kalau lihat IG atau foto teman2 yg aplot makanan Indonesia..hadoooh…

      Jadi dijabani terus, sampe bikin Bakpia Pathuk sendiri..hehe

      • Sy pernah nyoba resep bakso ama mpek2 Teh, jadinya malah ky bakso ojek atw cilok abang2 itu, kebanyakan tapioka.
        Tp emng bener kok, klo nyoba resep harus pantang menyerah, tp harus modal jg, hihi

      • Betul banget, harus coba trs sampe pas sama keinginan… Kalau Bakso mah, saya sudah tenang, tinggal beli Cepavcici di toko turki, langsung cemplung jadilah pengganti baso sapi, dan in syaa Allah halal๐Ÿ™‚

        Eeh kalau buat empek-empek pakai ikan apa..?? saya pakai ikan Victoria bars atau tenggiri disini namanya Spanische makrele..

      • Makarel yg tenggiri bukan..?? Soalnya ada makarel yg bukan tenggiri gitu teh… rasanya ngga sama dengan empek-empek yg di Indonesia.

        Ayooo belajar lagi bikin Bakso, biar bisa jd pengusaha Bakso๐Ÿ™‚

        Temen2 disini yg pinter masak, pada jualan makanan gitu..

      • ada ya teh di toko indonesia? siiip nanti saya browsing di site nya. dah lama bgt gak pesen online habis hampir semua yg diperluin ada disini๐Ÿ™‚

        enak bgt pasti dingin-dingin makan bolu fresh from kukusan…

        salam
        /kayka

      • Achsoo… kalau sudah jadi emak RT memang harus pinter mengintai harga ya.. kecuali memang kepepet dan ngga ada lagi.

        Ke toko Indonesia mah, suka beli teh kotak banyak dan kerupuk๐Ÿ™‚

      • sip deh.
        kalo yg tanpa mixer pernah nyoba, kyk bikin muffin ya, bedanya dikukus aja. dan rasanya ga senampol bolkus yg biasa. hehe

      • Achsoo… Saya belum pernah bikin bolkus gulmer tanpa telur, tapi kalau lihat foto teman itu, hasilnya cantik mekar gitu.. ngga mingkem๐Ÿ˜€

      • udah bikin, teh… alhamdulillah, mekar… enaaak banget rasanya. legiiiitt banget. warnanya aja agak terang karena gulanya jg terang. tapi sangat layak utk dibikin lagi, lagi dan lagi… hehe
        Vielen Dank fรผrs Rezept…

    • Terima kasiih…terima kasiiiih ….. *bungkuk2 ala urang Jepun* ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

      Akhirnya setelah belasan kali buat dr semenjak thn 2003 nih mbak Prih, tertawa semua bolkusnya ๐Ÿ˜ƒ

      Selamat berakhir pekan ya mbaak… Disini angin sedang menunjukkan kekuatannya mbak, semoga semua ada dalam lindungan Allah SWT..aamiin.

  6. Waahh.. Teteh skrng rajin ngeblog lg yaa.. Pantesan jarang nongol di IG, ternyata aktif dimari.. hihi..
    Maaf teh komenku oot, soalnya ini aku cmn bs komen tp tulisan postingannya teteh gak muncul di hp ku.. Kok bs yaa๐Ÿ˜ฆ

    • Hehe ngga apa-apa mau oot juga Buuund…kalem saja ๐Ÿ˜Š

      Kasian blognya dianggurin terus Bund… Sampe debunya tebal dan banyak sarang laba-laba dll dll dll hihi

      Trs lagi males nge-edit foto kalau mau di unggah di IG biar ngga kepotong fotonya, tapi saya suka lihat2 tiap hari ko Bund…
      Mumpung lg mau nge-blog nih Buuund ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Oh ya ko bisa sih Bund..?? hhhmmm *jd ikutan bingung*

    • Bolu kukus yg biasa..?? Naaahh kalau yg biasa mah, teteh juga ngga pernah 100 % seperti ini, pdhl sudah pakai Tbm๐Ÿ˜ฆ

      Kukusannya kurang panas..?? Teteh ngisinya kebanyakan sampe tumpah tumpah ini ๐Ÿ˜ƒ

      Pernah bikin tanpa tbm, sama kira2 resepnya dengan di atas, dia ngga terlalu mekar tp lembut gitu.

      Nanti coba teteh posting bolkus yg biasa, resep dr temen teteh, dia mekar cantik.

    • Iya Oom… Bahagia pas buka tutup panci semua merekah๐Ÿ™‚

      Hatur nuhun Oom sudah mampir… Mangga silahkan diambil satu, dijamin ini mah cocok buat Oom ๐Ÿ˜ƒ

  7. membaca tulisan ini, saya sedikit tertawa, jadi ingat istri yang selalu gagal kalau buat kue bolu kukus, pernah pas mau ada acara taklim rumahan, penganannya rencana kue bolu kukus, tapi seperti yang di duga, bolunya ndak senyum2 sampai habis adonan di buat,…hahahhahaha.

  8. Ping balik: Ayah Juara : Berani Berkreasi dan inovasi | THE ADIOKE CENTER

  9. Waaaaoooo hebat hebat, selamat teh sungkem1000x *lebai

    Swear sesuatu banget lho klo bisa bikin bolkus tertawa, apalagi ampe terbahak bahak.

    Aku belum bisa sampe terbahak, palingan senyum, sesekali ada yg tertawa nyengir hehehe…

  10. Kayaknya dah banyak yang bilang ya Teh. bolkusnya cantik bangeeett.. Aselik kalo dijual bisa laku mahal tuh. Jadi cemilan sore gitu dijual di mall Teh. Hihihi…

    • Buat yg gula merah ini mbak Astin…??? mungkin kurang panas kukusannya..??

      Ayooo dicoba lagiii..๐Ÿ™‚

      Salam kenal mbak Astin, terima kasih sudah mampir yaa…. ๐Ÿ™‚

    • Hehe..nanti saya coba posting yg lebih praktis dan insyaAllah mekar ndak amburadul…eeehh hasilnya amburadul iti spt apa niih..?? Jadi penasaran ….

      Terima kasih suda mampir dan mencobaaa๐Ÿ™‚

  11. Geuning sesah ngadamel bolu kukus ten nya Teh.
    Abdi terang kantun am wae dihuapkeun…
    Kirim atuh Teh bolu kukus na kadieu. Hoyong nyobian bolu kukus kenging ngadamelna.

    Salam,

    • Eta mah abdi kang anu sesah sareng teu tiasaeun we ngadamelna. Da rerencangan mah palinter ngadamel Bolkus teh.

      Taaah abdi nyobian resep anu ngangge Gula Beureum, geuningan raos, pelem, anu penting mah gumujeng tah di Bolkus teh.

      Abdi oge nyobian resep anu langkung simpel, eeeh alhamdulillah..gumujeng ogeeee๐Ÿ™‚

      • Alhamdulillah atuh bolkus na tos tiasa garumujeng ayeuna mah, janten mingkin pinter ngadamel kue na nya Teh…

        Wilujeng gumujeng Teh…๐Ÿ™‚

  12. Aduuuhhh bolkuuuusss, makanan kesukaaaannn… Cinta mati sama makanan ini, dulu waktu jaman kecil ibuku suka bikin. Skrg ditanyain resepnya cm bilang gampil itu mah, bari peureum ge janten hahaha tapi blm pernah coba buat sendiri. Keren euy teh berhasil bikin bolkus… Jadi kabita! Kabita nyicip belum kabita bikin mah hihihi ๐Ÿ˜„

    • Ieu mah 99% pasti mekarlah.. ุฅูู†ู’ ุดูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ู‘ู‡ู

      Aaahh di Indonesia mah kantun ngiclik ka pasar/warung kantun jajan, upami teteh mah kumaha atuh ..upami teu ngadamel nya mung tiasa hokcay…molohok bari ngacay tea…hihihi

      • Hahaha sumuhun teh, lerรจs pisan. Di cakรจt rorompok masih aya keneh nu icalan jajanan pasar. Nu paling di pilari teh bolkus sareng cucur. Numatak jadi ngedul eta teh nya, da kantun ngiclik tea hihihi…

      • Taaaah…katingalna ogรฉ teteh moal rajin kieu upami tetep di Bandung mah, ngiclik we ka parapatan… Pasti sagala aya tah… hehe

      • Janten ngedul nya…?? Hehee

        Komo upami tukang Lotek/rujak caket mah… Unggal dinten menuna tรฉh… Karedok…Lotek…lotek ..karedok…eeeh payunen jalan aya RM Amperaaaa…walaaaah teu pinter-pinter pokona mah hihi

      • Mwhuahahaha, tampak sekali segala kehidupan dipermudah ya teh๐Ÿ˜› kรจ ka murangkalih teh kantun nyebatkeun kieu, “ade palay naon? Sok peureum ke simsalabim, tuh pan tos janten lima menit oge” nya muhun da meser teu kedah damel ๐Ÿ˜‚

      • Hahaha iya betuul… Emakna teh ngga pusing tiap hari mikir menu harian… eeeh tapi tekooor teeeh… siga anu artosna teu sรฉรฉp2 wae sagala ngagaleuh ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

        Harus jadi istri binangkit yah.. sagala tiasa… ๐Ÿ˜Š

  13. Ping balik: Bolu Kukus Gula Merah | emine shares

  14. Ping balik: Bolu Kukus Gula Merah | cobekcorner

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s