Si Manis Yang Berlapis, Kue Lapis Pandan.

Bismillahirrahmanirrahim…

Tahun 2014 itu buat saya ngga lepas dari kukusan, sagalaaaa dikukus… pokoknya mah ada makanan yg mesti dikukus buatnya, pasti langsung dicoba, ndak tau kesambet apa ko demen sekali ngukus..eiit yang pasti bukan disambit kukusan yaaa..benjol bonyok kalau disambit kukusan maaaah hahaha *garing deh*๐Ÿ˜€

Waktu ada undangan pengajian di luar kota, teman ada yang buat Kue Lapis seperti yang dijual di Pasar-pasar gitu, langsung dong tanya resepnya, Danke mbak Gun buat resepnya…
Besoknya belanja ke Toko Asia, beli santan instan, beli tepung Kanji, dan daun Pandan, Endomih, Lengkuas, Cabe rawit, Serai…eehh ko keterusan๐Ÿ˜€
Ngebuut naek sepedahnya juga saking ngga sabar ingin cepat2 buat terus dipamerkan dooong *paraaaah*
Jahat sebetulnya aplot foto2 makanan indonesia atau jajanan Pasar itu, karena sobat-sobat saya di Jerman jadi pada mau, dan banyaknya pada males buatnya eeh bukan males sih, mungkin ndak ada waktu atau ndak kumplit barangnya/bahannya.
Dan ini menjadi peluang buat saya jadi tukang jualan jajanan pasar di Nuremberg hahay..
Udah aah pengantarnya, jadi begini resepnya.

Bahan :
600 gr tepung kanji
1100 ml santan
500 gr gula pasir
garam sedikit
Pasta pandan secukupnya.
Daun pandan

Caranya :
Siapkan loyang yg muat di dandang ya, olesi minyak, sisihkan.
Masak santan dan gula pasir plus garam dan daun pandan.
Setelah dingin, tuangkan sedikit demi sedikit ke tepung kanji.
Aduk rata, kalau perlu disaring, biar ndak ada gumpalan.
Bagi dua adonannyanya, satu beri warna hijau.
Kalau mau warna merah/coklat bisa juga.
Panaskan dandang, lalu panaskan loyang 10 menit, lalu angkat, tuangkan adonan selang seling, satu lapis kurang lebih 5 menit. Tutup dandang, dilapisi serbet/lap, biar airnya ndak netes2.
Setelah adonan habis, kukus lagi selama 30 menit.
Oh ya resep ini disesuaikan dengan selera saya, gulanya saya kurangi.
Jangan lupa, setiap mau menambahkan lapisan, adonan diaduk lagi ya, biar ndak ada tepung mengendap๐Ÿ™‚

Selamat mencobaaa..

Ini seperti kue kapis di pasar lhooo… bisa dilepas satu2, berasa balik ke jaman anak-anak, makannya dinikmatiii banget, dilepas satu-satu terus haaap..haaap masuk mulut.. hmmm nom-noooom…๐Ÿ˜€

2015/01/img_8623.jpg

Selamat berakhir pekaan…sehat-sehat selalu ya..

Oh ya sebelum lupa, resep ini saya dapat dr teman, dan teman tidak menyebutkan sumbernya, kalau ada sahabat-sahabat yang kebetulan tahu sumber resep ini, tolong beritahu saya ya…biar saya bisa cantumkan sumber aslinya… hatur nuhuun…๐Ÿ™‚

Nรผrnberg, 23.01.2015

164 thoughts on “Si Manis Yang Berlapis, Kue Lapis Pandan.

    • Jadi malu maaak… hhehe

      Bahagia banget kalau masakan saya disukai orang asing mak…

      Kata suami, temannya ada yg nanya “bisa ngga istrinya, diminta masak buat acara kita?” Duuhh makin bahagia rasanyaaaa..

      Mudah2an bisa semakin mengenalkan Indonesia melalui lidah, mata dan telinga.. Lidah lewat makanan, mata lewat baju dan tarian tradisionalnya, kuping lewat alunan Angklung emak-emak dan gadis Indonesia di Nuremberg๐Ÿ™‚

  1. Teteeehhh posting makanannyaaaa bikin ngileerrr ๐Ÿ˜ฉ kalau baca resepnya kayak gampang bikinnya teh, tp pada prakteknya entahlah ya, mungkin harus coba dulu nih. Baiklah teteh, doakan yah, semoga niatnya terlaksana kali ini hihihi…

    • Terima kasih mbak Evi…
      Itung2 bernostalgia kembali mbak Evi, apalagi saya yg sangat jarang bertemu jajanan pasar seperti ini..๐Ÿ™‚

      Terima kasih sudah mampir mbaaak…๐Ÿ™‚

  2. Terima kasih mbak Evi…
    Itung2 bernostalgia kembali mbak Evi, apalagi saya yg sangat jarang bertemu jajanan pasar seperti ini..๐Ÿ™‚

    Terima kasih sudah mampir mbaaak…๐Ÿ™‚

  3. kok kebeneran, pas banget!! aku lagi coba coba belajar bikin kue..
    barusan jadi kue kopi, bikin yang gampang.. hihi
    eh lihat blog langsung liat kue lapis hijau cerah gini, jadi pengen coba..
    resepnya aku simpen dan coba ya๐Ÿ˜‰
    thank youuu

  4. Kembali kasiiiih……๐Ÿ™‚

    Silahkan dicoba… resep bolu kukus gula merah yg parktis juga bisa dicoba deh, gampang dan beneran praktis, cocok buat yang mau coba-coba belajar bikin kue..

    Kue kopi..?? mana nih..?? Boleh tau resepnya..? atau buat postingan saja….

    • Toko asianya jauh dr Wohnung..??
      Nanti beli yang banyaaak buat persediaan…hehe kaya yg mau jualan saja..

      Kalau Kanji selalu banyak di rumah, soalnya yg di rumah suka makan Cireng juga hehe

      • toko asianya jauuuuhhh banget dan ga jual kanji. yang jual malah teman yg punya restoran indonesia. tp jauh jg. dan kalo kesana mesti geret suami hehe. suami ini yg susah digeretnya

      • Ngga ada toko asia online gitu teh..?

        Kalau toko Indonesia yg di Hamburg bisa ngirim ke Turki juga ngga teh..??
        Atau temennya ngga bisa kirim..??

        Alhamdulillah di Jerman, banyak pisan toko asianya dan kumplit.

      • ga ada Teh. aih, kalo dari jerman mah bdo, berat di ongkirnya. di sini ada kok toko korea, toko cina, sama resto indonesia. tp ya jauh. jadi kalo mau beli2, sekalian yg banyak, biar ga bolak-balik. resto indonesianya bisa sih ngirim, tp tanggung. mending naek kereta satu jam sekalian jalan2 dan ketemu teman.

    • Ayooo kalau ketemuan, teteh bikinin deh ุฅูู†ู’ ุดูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ู‘ู‡ู

      Ayooo bikiin…bikiiin… Eeeh tapi hrs punya kukusan dulu๐Ÿ˜€

      • gk punya kukusan teh *cry*, makanya minta,hehe
        asiiik kalau ketemuan mau dibikinin *yang banyak ya teh,biar sekalian bisa dibawa plg* eh malah ngelunjak

      • Kayanya banyak gunanya deh punya kukusan… Bisa bikin lemper, bisa bikin ketan tabur serundeng..bikin kue talam..bolu kukus jugaaa..ayoo beli kukusannya hehehe

        Siiip siaaaplaaah… tinggal bilang kapan, ntar masakan Indonesia menanti deh ..ุฅูู†ู’ ุดูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ..๐Ÿ™‚

      • nimbrung di sini. waktu blm punya kukusan, saya dulu pake kukusan darurat. pake panci biasa trus loyangnya saya alasi pake saringan penggorengan listrik, yg dipake buat kentang goreng. ato bisa juga pake saringan kyk saringan kelapa yang lingkarnya pas dgn panci. bisa kok

      • Waaah kreatip pisaaan… Jempol semuaaa ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘ Saya malah ngga kepikiran itu pakai cara seperti ini, langsung cari kukusan saja hehe

        Naaah idenya bisa ditiru nih kalau susah atau belum sempat beli kukusan.

        Beneran kagum saya.. hebaaat maaak…๐Ÿ™‚

      • di sini susah nyari kukusan, mahal juga, dan waktu itu blm tau ada apa enggak. the power of kepepet, jadi terpaksa kreatif. kalo mengukus mah yang penting ada uap kan untuk mematangkan makanannya. dan makanannya ga nyemplung ke air. hehe

      • Iya juga sih… Ada yg pake listrik juga ya teh kukusan tuh, saya punya dua malahan sekarang, satu panci yg sedang dan satu lagi kukusan besar spt wajan, hadiah dari sobat yg tau banget kalau sobatnya suka bikin ini itu …alhamdulillah..๐Ÿ™‚

        Jadi kalau terima pesenan Siomay bisa langsunh banyak ngukusnya..๐Ÿ™‚

      • wah.. asyik banget dpt hadiah.

        saya bawa kukusan dr kampung pas mudik dulu. nah skrg malah pengen kukusan klakat yg segiempat, biar bisa bikin kue pake loyang kotak hehe. ambisius bgt, padahal sering malesnya huhu

      • Iya alhamdulillah… Pas milad teman2 ngasih kadonya yg dibutuhkan buat masak๐Ÿ™‚

        Naaah kalau bawa-bawa dr Indonesia mah, suami yang males, katanya..”aaah ribet.. ntar cari saja di Jerman” pdhl khan emak2 mah pengennya berhemat ya..

      • ah kalo di jerman mah alles ist vorhanden ya. kalo di sini belum tentu ada. kalo ada mahal jadinya. sereh aja adanya cuma sommer aja Teh, itupun beku. makanya kudu nanem sendiri hehe

      • Iya alhamdulillah segala ada dan gampang dapatnya…

        Oh ya..?? Cuma sommer..??
        Waaah jempol lagiii… Nanem Sereh sendiri…?? Nanemnya dimana teh..??

      • iya, cuma sommer dan tetep susah nyaribya.
        nanem di pot Teh, taruh di balkon. kalo winter dimasukin rumah. jeruk purut jg. ah pokoknya mah kalo mau makanan indonesia harus mau benar2 usaha. bumbunya aja susah.
        eh ttg berkebun udah saya pamerin di blog hehe. #promosi

    • Siiiip… silahkan dicobaaaa…
      Kayanya lebih enak kalau yg tercinta yg buat๐Ÿ™‚

      Oh ya ini gulanya saya kurangi sedikit .. Tp kalau terasa kurang manis, makannya sambil lihat Yayang nya, dijamin jd manis deeeh๐Ÿ˜€

      • Nggg, menghormati temen2/follower yg mgkn lg gak bisa makan enak, gak punya duit, atau sakit yg g bisa makan, atau yg lg kelaparan dimanaa tp g bisa pergi buat cari makan, dsb.๐Ÿ™‚

      • Achsooo….
        Semoga doa teman2 aqied yg kebetulan lihat foto makanan terkabulkan dan bisa makan yg dimau…..

        Kalau gitu ndak enak juga ya aplot foto jalan2 juga bukan..??๐Ÿ˜€

      • Hahahahaha, awalnya karena dulu followers IG banyak anak kost yg seperti aku dulu. Hihi. Jd tahan diri aj buat upload makanannya karna gatau kapan mereka buka foto ku dan dlm kondisi apa. Hihihi.
        Kalo jalan2 kan efek lapar dan hausnya gak lgsg makin kerasa

      • Achsooo…๐Ÿ˜€

        Tp emang teteh juga suka nelongso lihat teman2 aplot makanan Indonesia yang hhhmmm lezatto…
        Tp jadi tantangan buat teteh sih, kalau mau ya harus bisa buat sendiri… makanya teteh pamer jajanan pasar banyakkannya… Biar gantian temen teteh yg di Jerman pada nelongsoo hahahaha jahaaaat… *becandaaaaa*

        Teteh mah baik hati, ramah dan rajin menabung, jd kalau bikin suka bagi2 sama teman2 di Jerman hihi

  5. waaa ini kue lapis, aku seneng makan kue lapis apalagi kue lapis yang modelnya jadul berbentuk jajran genjang terus warna warni. nyam nyam nyam

    • Melatih kesabaran dan ketelatenan hehe.. Bisa sebetulnya agak tebal-tebal, tp lagi kuat kemauannya, jd tipis2 begini hehe…

      Ini juga baru 2 apa 3 kali buat gitu, pertama coba resep yg pakai tepung beras, tp kurang pas, trs nemu yg ini, trs buat lagi pas ada pengajian๐Ÿ™‚

  6. Teteh aku padamuuuu…. Sukaaa sekali kalau ada resep yang simpel simpel gini. Kayaknya si Mas punya kukusan deh disana. Pas ada temen yang mau datang, bisa bikin ini. Thanks Teh buat resepnya๐Ÿ™‚

    • Hehe iya lagi kesambet sama kukusan๐Ÿ˜€

      Aamiiin… iya mudah2an tetap rajin nih..๐Ÿ™‚
      Terima kasih sudah mampir… Salam persahabatan kembali dari Nuremberg…๐Ÿ™‚

  7. Ooh.. jadi dikukus gitu ya bikinnya. Selembar demi selembar ya?. Aku juga suka kue lapis, tapi belum pernah mencoba membikinnya sendiri lho Mbak… Tadinya aku pikir kita harus menunggu agar adonannya mengental selapis demi selapis..whua lama banget dong bikinnya…ha ha..bodohnya aku.

    • Hehee… Iya mbaak…lapisan bawah agak tebal sedikit, trs selanjutnya tipis2.. Tiap 5 menit lapis lagi gitu..jadi kalau lapisannya banyak,
      Tinggal kali 5 menit plus 30 menit-an๐Ÿ™‚
      Tp ngga berasa ko… Bisa disambil gitu..๐Ÿ™‚

  8. Wuih resep raos Teteh…. selalu suka kue lapis pandan, dipotong ala jajaran genjang, saat makan dilepas lapis per lapis duh nikmatnya.
    Selamat terus berkreasi masak Teteh, jadi berkat dan saluran berkat.
    Salam

    • Kalau di Indonesia mah bisa beli ya mas… atau istri suka buat juga..??

      Istri yang baik mas, selalu ingat apa yang menjadi kesukaan suaminya…salam buat beliau ya mas… ^_^

  9. Saya kira besoknya lagi mbk NengWie datang lagi ke Toko Asia … ‘nitipin Kue Lapis Pandan Asli Indonesia … dgn sistim bagi hasil … ๐Ÿ˜‰ … dijamin laris manis deh …๐Ÿ˜›

    • Lagi sakit nih sudah 2 minggu..huhuhu

      Tapi mulai enak sekarang, kepalanya ngga tuing-tuing lagi… Badan ngga berasa diinjek2 Gajah…eeeh kaya yg pernah diinjek Gajah hahaha

      But sudah enak sekarang..alhamdulillah..

      Bahagiaaaaa ada yg kehilangan dirikuuuu…. Dankeee…Dankeeee…. *kasih kue serba kukus*

  10. wah, kalo pintar masak gini di praktekkan terus aja teh ilmunya… gak pengen buka lapak jajanan indonesia disana???? lumayan tuh omsetnya kalo ditekuni๐Ÿ˜€
    kalo buka usaha disana proses ijinnya susah gak teh????
    ayoooo semangat teh buat belajar resep-resep baru…๐Ÿ™‚

    • Sudah buka lapak jajanan pasar tiap Minggu nih…alhamdulillah ada saja yg pesan dan beli๐Ÿ™‚

      Iya lumayan untungnya, bikinnya barengan sama anak2 gadis, yg ikut bahagia krn dapat uang juga sudah bantuin emaknya๐Ÿ™‚

      Naaah agak-agak susah kalau soal makanan, kalau mau jualan secara resmi, dapur yg dipakai itu ngga boleh dapur sendiri, ada standart nya gitu, jd ini jualannya ke teman2 saja, mulai Pastel sampai Batagor dan kadang Ayam goreng keremes๐Ÿ™‚

  11. Huampun Teh, kue lapisna meuni merangsang selera kitu…
    Kue-kue favorit abdi teh antawaisna kue lapis ieu. Sareng dua deui, bolu kukus sareng papais pisang. Haripu, aramis pokona nikmat pisan…

    Salam,

    • Kaaang…punten nembe diwaler, 3 minggon kamari abdi teu damang, malihan mah anu di Bumi oge teu damang๐Ÿ˜ฆ

      Alhamdulillah ayeuna parantos sarehat..

      Kue lapis..?? Eeeeh kantenan atuh kang lezzzattooo pisan hehe… Taaah abdi teu acan ngadamel papais Pisang, rada sesah atuda milarian cau anu raos didieu mah…

  12. hallo salam kenal Mba. sering lihat di blogger2 lain akhirnya blogwalking kesini.

    ini salah satu kue/jajanan favorit saya dan suami. cuma suka males buatnya. akhirnya suka pesan ke salah satu orang indo juga disini yang rajin buat2 kue ginian hihihi.

    salam kenal -Nisa-

    • Salam kenal juga mbak Nisa…

      Jadi pemberi rejeki mbak Nisa nih … ๐Ÿ˜Š

      Saya juga kadang2 jualan jajanan pasar disini…lumayan nambah2 uang jajan hehe

      Terima kasiiih sudah mampiir… nanti teteh balik berkunjung, sudah lamaaaa ngga buka WP, di Jerman lagi wabah sakit nih… 2 minggu lebih sakit, dan hampir satu rumah juga๐Ÿ˜ฆ
      Alhamdulillah sudah pada sehat sekarang mah๐Ÿ™‚

      Mbak Nisa sekeluarga juga semoga sehat-sehat yaaa

  13. Ping balik: Foto-foto pudding yang menggoda | Ahsanfile

    • Waaah jadi maluuu…hehe
      Alhamdulillah kalau bisa membantu๐Ÿ™‚

      Siaaaap… In shaa Allah saya berkunjung balik, sptnya amat sangat menarik๐Ÿ™‚

      Terima kasih sudah mampir san salam kenal yaaa๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s