Kue Talam Ubi

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaykum..
Apa kabar semuanyaaa…?? Semoga Allah senantiasa melimpahkan nikmat sehat buat kita semua..aamiin..

Ada yg kangen saya kaaah..?? Dan bertanya2 kemana sayaaa…?? hahhaa bolehlah sedikit ge-er๐Ÿ˜€
3 Minggu kemarin saya sakit, hampir serumah malahan, dan ternyata di Bayern sedang terjangkit wabah Flu dan batuk, dan ini 5 kali lebih berat dibanding tahun-tahun dulu, ndak heran, ada Sekolah yg diliburkan 3 hari karena banyak murid dan guru yang sakit.
Semoga saja wabah ini segera berlalu… aamiin..
Jadi punteeen…maaf sekali, belum bisa sowan ke rumah sobat-sobat semua.. *salamin satu-satu*๐Ÿ˜€

Naaah selama sakit itu, kerjaan cuma banyangin makanaaaaan melulu hehe
Kayanya yg ini enak, kayanya kalau makan ini enak, kayanya kalau buat ini gampang dan enak dan seterusnya dan seterusnya๐Ÿ˜€
Lalu ingat sobat saya pernah memberi cetakan Kue Talam Ubi, yo wes mari kita coba, kelihatannya gampang dan ternyata memang gampang๐Ÿ˜€
Kebetulan hari Minggu ada pengajian rutin, yo wes… bikin Talam Ubi saja deh, alhamdulillah ada “adik” yang bantuin membuat 2 resep .. Danke ya Tin.. ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

Mulai yuuk ..
Bahan:
Lapisan Ubi:
300 g ubi jalar, kupas
60 g tepung kanji
50 g tepung beras
120 g gula pasir
250 ml santan kental, dari 1 butir kelapa
1 sdt agar-agar bubuk
ยฝ sdt garam

Lapisan Santan

150 ml santan kental, dari ยฝ butir kelapa
5 sdm air panas
3 sdm tepung beras
1 sdm tepung kanji
ยฝ sdt garam

Cara Membuat:
Olesi 27 cetakan kue talam dari plastik (berukuran cucing). Olesi minyak goreng tipis- tipis. Sisihkan.
Lapisan ubi: Kukus ubi hingga lunak. Angkat. Haluskan selagi panas, campur bersama tepung beras, tepung kanji, santan, agar-agar, gula, dan garam. Tuang adonan ke dalam cetakan-cetakan hingga ยพ tinggi cetakan.
Kukus di atas api kecil hingga matang (ยฑ 10 menit). Angkat. Diamkan dalam dandang.
Lapisan santan: Tuang ke atas lapisan ubi (ยพ cm). Kukus kembali hingga santan matang (ยฑ 15 menit). Angkat. Sajikan panas.
Untuk 27 buah

Kata sebagian teman-teman sih, kurang manis sedikiiit saja lapisan Ubi nya, jadi bisa ditambahkan takaran gulanya menjadi 140 gr.
Padahal khan ada saya tuh, sambil makan sambil lihat saya, dijamin dah jadi tambah maniiiis… keresek mana…?? Kereseeeek…??!!! Hahahhaa

Ini penampakannya

2015/02/img_8841.jpg
Karena bahannya masih lumayan banyak, sementara cetakan talamnya masih digunakan, dan sudah agak malam, yasud..ya sudah pakai cetakan kue putu ayu saja deh.. hasilnya lumayan cantik, iya khaaaan….??

2015/02/img_8847.jpg
Kapan-kapan mau bikin dari ubi ungu, kayanya cantik deh๐Ÿ™‚

Resep di atas, saya ambil disini

Selamat berakhir pekan semuanya….
Sehat-sehat selalu yaaa…
Siap-siap riweuh lagi karena minggu depan anak-anak liburan winter..
Kemana yaaaa…๐Ÿ˜€

Nรผrnberg, 13.02.2015

113 thoughts on “Kue Talam Ubi

  1. Teteeehhh, aku baruuu aja kemarin ngebatin, kemana ya teteh kok lama ga beredar dimana-mana. Kangeenn. Aku ingat teteh karena pengen bikin kue lapis ala teteh hahaha. Semoga sekarang sudah segar bugar ya teh, jadi bisa posting resep-resep yang gampang eksekusinya hehehe. Suamiku lihat foto kue talam ini langsung ngiler. Minta dibikinkan hahaha. Oh iya, suami kan ga terlalu suka manis. Enak ga kue ini kalo ga berasa manis teh? *konsultasi ceritanya ini hehe

    • Deniiii…. Selamat datang di Belandaaa… duuuh pengen baca2 semua ceritanya niih… nanti aah dirapel hehe

      Apa kabaaar..?? Sehaat..?? Gimana sudah berapa lama di Belanda..? Iihh ini pertanyaannya beruntun hhehe
      Ntar baca aja semuanya tulisan Deni daah..

      Alhamdulillah sudah sehat sekarang mah, sudah sesepedahan lagi meski dingin hehe

      Naaah 120 gr ini ngga terlalu manis, teteh termasuk yg ngga terlalu suka yg manis2… Tp bisa dikurangi jadi 110 gr ..tanggung amat ya..hihi

      Kalau ngga ada cetakannya, bisa pakai apa saja Den.. Bentuk kotak juga ndak apa-apa, tinggal potong2 saja, dan waktu mengukusnya agak lamain dikit.

      Suami ngga terlalu suka manis2..?? Lha cukup sambil lihat istrinya, kuepun berasa manis daaah…tjaaaaah…๐Ÿ˜€

      • Hahaha langsung ketawa ngakak aku. Teteh bisa aja niihhh *colek dagu teteh hihi.

        Iyaa teh, baru dua minggu disini, sedang disergap hawa dingin dan aku kewalahan haha. Biasa hidup disengat matahari.

        Iya tadi kepikiran pakai cetakan apa ya buat gantinya, lalu menemukan ada gelas2 kecil, bisa diakalin semuanya kalo dalam keadaan kepepet hehe.

        Alhamdulillah kalo teteh sudah sehat cerah ceria. Penggemarmu ini selalu nangkringin cerita2 baru teteh hehe

  2. ada yg kangen.. tunjuk jari. kirain teteh kemana, ternyata sakit. skrg udah sehat semua teh? semoga wabahnya segera berakhir ya.
    kue ini udah diincer dr jaman kapan tau, sampe bawa cetakannya. tp beluuum sekalipun bikin hehe. ga ada ubi. eh kalฤฑ herbst ada ding, tp ga di semua toko

    • Sakit flu batuk gitu siih…yg badan kaya diinjek2 Gajah .. Haha kaya yg sering aja ya diinjekin Gajah๐Ÿ˜€

      Badan itu semua ngilu2 dan sakit sekali, ditambah demam, wes ngerengkol saja jadinya, di Fb juga banyak kasih jempol doaaang kemaren2 dulu mah.

      Ayoo gampil ko buatnya…๐Ÿ™‚

  3. Kelihatannya enyak banget, Mbak…
    Dan saya baru tahu kalau kue itu namanya talam ubi :haha. Begini nih, makan doang tapi nggak tahu asal-usulnya hehe…

  4. teteeehh… akhirnya nongol.
    semoga sehaaat..
    di indonesia juga lagi musim flu dan batuk karena lagi musim ujan. sempet kena juga, tapi alhamdulillah udah sehat lagi sekarang.

    *bookmark resep*

    • Kangen sekali nulis dan sowan sama sobat2 disini soalnyaaa….
      iya ya..di Indonesia juga sedang dingin, semoga semua sehat2 saja…
      alhamdulillah atuh kalau sudah pada sehat mah..:)

      mangga dicobian Kue Talam na..:)

    • Hehehe.. lagi senang bikin yang serba kukus niiih…segala kayanya harus dikukuuus….๐Ÿ˜€

      eh tapi gorengan tetap menempati nomor satu deh..maklum urang Sunda asli, seneng sama yg gurih2 dan digoreng…*tambah berminyak ni muka* :))

  5. alhamdulillah teteh sudah sehat,,udah bisa masak2 enak lagi๐Ÿ˜€
    tetep jaga kesehatan ya teh mudah2an sekeluarga juga tetap sehat. kue talam ubinya lihat dari fotonya aja udah cantik kayak yang buat *eaak,,apalagi rasanya ya๐Ÿ™‚

    • Iya alhamdulillah… sudah mulai wara-wiri lagi hehe

      Teh Adhya juga yaaa…sehat2 disana.. ๐Ÿ˜Š

      Euuhh teteh kaya kue talam..?? hehe
      Ayo buat atuh, gampil sekali buatnya…๐Ÿ™‚

    • terimi kisiiihhh….. jadi tersapu2..

      nah itu diaaaa… minggu kapan banyak banget pesenan, eehh setelah selesai semuanya, 3 minggu sakit..huhuhu..sekarang mau batasin aaahh… ngukur diri gitu.. yg jd masalah, saya ngga bisa nolak pesanan gitu…๐Ÿ˜ฆ

      Dankeeee sudah diingatkan…tjipok banjir daah…muaaaach..muaaach… *kaya icon di bbm nya mbak Lies dah*๐Ÿ˜‰

  6. iya loh teh disini juga lagi musim. temen-temen di rs ganti-gantian sakit. tapi sejauh ini saya masih selamat gak ketularan. suka ngeri kalo inget gimana heboh dan menderitanya waktu terkena batuk yang terakhir. harus istirahat dan tidur yang cukup teh…

    salam
    /kayka

    • Alhamdulillah kalau mbak Kayka sehat…
      Iya harus benar2 dijaga ya badannya, tp kalau punya anak yg sekolah mah, mereka selalu ketularan, apalagi yg masih kecil, batuk ko ngga beres-beres, baru sembuh, eeehh ketularan lagi๐Ÿ˜ฆ

      Semoga semuanya selalu sehat-sehat yaaa.. Sudah mulai hangat nih, biasanya virus pd jalan-jalan ๐Ÿ˜”

      • iya teh anak-anak di sekolah katanya ketularan dulu semua baru deh udahan. klo dah dirumah juga begitu belum bakalan selesai kalo semuanya belum ketularan…

        amin teh mudah-mudahan semuanya sehat-sehat aja ya…

        salam
        /kayka

      • Apalagi kalau anak masuk TK, waduuh itu langganan batuk pilek hehe

        Tapi sudah besar2 begini mah lebih kuat juga badannya…alhamdulillah… ๐Ÿ™‚

  7. Wao, ternyata memang wabah ya Teh? Anakku yg gede juga masih batuk nih, kemarin malah sempat ada rash seluruh tubuhnya, aku kirain campak tapi kata GP cuma viral infection. Semiga sehat smuahnya deh yaa..
    Talamnya cantik, secantik…๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

    • Iya pas lihat berita di TV, Bayern dan bbrp negara bagian di Jerman terkena wabah paling parah dibanding tahun2 lalu.. Pantesaaan banyak pisan yg sakit๐Ÿ˜ฆ

      Aamiin…
      Teteh suka lihat talam ini, imut2 gitu … ngga kaya yg bikin nih.. yg sepertinya semakin melar hihi

      • Tapi obatnya tetep istirahat aja atau gimana Teh?
        Keluarga sudah sehat semua?
        Winter mmng efeknya jadi agak melar gitu ya?
        Saya juga kok Teh ๐Ÿ˜˜

      • Cuma dikasih obat batuk, krn batuknya sudah lumayan berat, kalau pusing dan demam, disarankan minum ibuprophen saja.

        Alhamdulillah sudah pada sehat sekarang mah…

        Winter itu enak makan dan tidur ya.. Bahagia kulit muka jadi agak putih, tp lihat ke bawah..?? ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

      • Dokter sini ngasihnya selalu ibuprophen Teh… Jarang paracetamol.

        Iya alhamdulillah…
        Enak emang kruntelan ituuuh ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

    • Tapi sepertinya lebih praktis ya uda.. bikin dan kukus sekali saja, trs tinggal potong2 deh…
      Kalau ini bikin 20, ya satu-satu dibuat, nanti dibungkusin pula satu-satu๐Ÿ™‚

    • Sini teteh tulariin…. hehe

      Syafakillah juga buat uni yaaaa….
      Teteh mah alhamdulillah sudah sehat kembali…

      Semoga diberikan kesabaran buat saudara2 yg kena banjir, dan semoga segera surut banjirnya…aamiin…

      • Hayuuu hayuk. Masak kue basah teh asa kurang resep akunya soalnya hehe..

        Aamiin. Makasyih teteh shalihah. Alhamdulillah atuh kalau udah sehat mah๐Ÿ™‚. Ngomong-ngomong, di fb waktu itu dipanggil mbak, sekarang uni, hehe. Aku bukan orang padang apalagi jawa. Teteh udah lupa-lupa sama akuh nih kayaknya ya, hihi

  8. Aku.. Aku .. *tunjukjarijuga* hehehe .. aku jg kangeen teteh..
    kemana aja teh, ternyata sakit yaaa .. sekarang udh baikkan teh ?
    Kue talam ubi, kue favorite aku teh.. issh kirimim ke sini dong teh hehehe, tapi aku nggak bisa bikinnya, next time aku coba bikin deh :))

    • Alhandulillah ada yang kangeen…jd bahagia … ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

      Iya 3 minggu sakit, eehh yg di rumah juga, jadi muteer trs virusnya…tp alhamdulillah sudah pada sehat sekarang mah..

      Ini lagi buat nih, teteh jualan jajanan pasar tiap minggu …alhamdulillah bisa nambah uang jajan ๐Ÿ˜ƒ

      Ayooo dicoba, ngga sulit ko..:)

      • Kapan2 aku nyoba bikin teh, beli sering bikin makanan utama daripada baking hihihi.. soalnya pernah bikin kue macam2 hasilnya bantet nggak memuaskan :((

  9. haduh, itu sakit batuk dan flu gitu bisa jadi wabah ya. ada vaksin khusus gitu gak sih teh kalo di sana? di Sg sekarang udah mulai dianjurkan untuk vaksin flu ituh.

    btw, itu kue talam ubi nampak lezat. di sini dijual di Bengawan Solo dengan harga yang aduhai. Mending bikin sendiri yaa

    • Ada vaksin buat flu gitu, tapi pas baca2 di Koran, katanya percuma di imunisasi jugaaa…ngga mempaaan hehee sudah semakin canggih virusnya nih๐Ÿ˜ฆ

      Mahal disana harganya..?? Iya mendingan buat sendiri, puas makannya dan hemat pula…๐Ÿ™‚

      Teteh malah jualan nih ๐Ÿ˜Š

  10. Teh Wiiie, ini saya bacanya jam segini dan langsung kerucukan peruuut.. Ini salah satu kueh terfavorit saya dan tapinyaaa sayah baru tahu ini namanya talam ubi. Gak ngeh dari dulu. Asal makan aja. hahahaha.

  11. Teteh, kumaha parantos damang ayeuna, syukurlah…bolak-balik tengok sajian disini masih kue lapis…
    Wuih kombinasi kuning cantik dan putih bersih langsung ngirim sinyal lapar loh
    Selamat bersibuk anak-anak liburan winter, semua masakan bunda Wie pasti langsung dinikmati.
    Salam sehat ya Teteh

    • Alhamdulillah mbak Prih, abdi para tos sehat deui, ieu nembe beres ngagoreng Pastel pesenan rerencangan…alhamdulillah… Lumayan kangge nambih uang saku… Sakantenan ngajak anu gadis2 didamel sareng, barudak kenging “upah” hasil babantos emakna…lumayan atuda 70 Pastel hehe…
      Harus bekerja kalau ingin dapat tambahan uang saku dari emaknya ๐Ÿ˜„

      Semoga mbak Prih sekeluarga di sana semua senantiasa diberi nikmat sehat…aamiin…

  12. Luar biasa nih Teh Wie, saya yg di Indonesia aja maleeeess banget klo suruh masak, apalagi bikin jajanan. Intip2 postingan lain ah sapa tau ada yg tinggal dibaca dan langsung jadi dan siap makan hahahaa… khayalan doraemon๐Ÿ™‚

    • Duuuhh bahagianyaaa mbak Uniek mampiir… Saya sering dengar dr mbak Lies… ๐Ÿ˜Š

      Bahagia plus malu ini tapinya… soalnya blognya ngga ada apa2nya … hehe

      Justru karena tinggal di LN mbak Uniek, saya jadi rajin… kalau di Indonesia, kayanya juga saya ikutan kaya Doraemon hihi

  13. Ping balik: Bakiak vs Kecoa vs Daki, yang menang tetep daki | Ahsanfile

    • Alhamdulillah ada yg kangen… Bahagiaaa…. ๐Ÿ˜Š

      Kemaren2 sudah sembuh…eeehh sekarang teteh batuk lagi… nularin ke suami huhu.. Muteer trs ini nih…๐Ÿ˜ฆ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s