Berlin…Berlin..

Bismillahirrahmanirrahim,

Sebulan yang lalu, mbak Iya pulaaang.. bahagiaa sekali, meski hanya 10 hari lumayaaan bisa mengobati rasa kangen. Seharusnya sih 3 minggu di Rumah, tapi berhubung mbak Iya harus kerja..  alhamdulillah.. mbak Iya sudah dapat kerja lagi, mengapa dapat kerja lagi ? ceritanya ada disini, dan barangkali ada yg belum kenal mbak Iya..?? mbak Iya anak paling besar, sedang kuliah di Ibukota, sekilas tentang mbak Iya ada disini.

Masih seperti pekerjaan pertama, kerja di salah satu toko pakaian di Mall of Berlin, namanya French Connection, ini nih tokonya

Kerja part time gitu, seminggu 3 kali selama 3 sampai 4 jam, hasil kerjanya satu bulan itu kurang lebih 400 euro, banyak yaaa..🙂 Alhamdulillah bisa membantu emak bapaknya sedikit-sedikit. Lagi membayangkan, seandainya di Indonesia memungkinkan para mahasiswa/pelajar bekerja seperti ini.

Kebetulan akhir bulan lalu itu anak-anak libur sekolah selama 1 minggu, kita pun memutuskan untuk jalan ke Berlin, karena mbak Iya sudah wanti-wanti kalau liburan sekolah, kami harus jenguk dia katanya, ndak jadi ke gunung nih buat lihat salju hehe

Ke Berlin mah bukan liburan buat emak bapaknya, karena teteeep harus masak dan nganter-nganter barudak kaditu kadieu. Karena dari awal sudah ada kesepakatan, tidak balanja baju und co, tp boleh belanja buku, jadilah beberapa hari itu nyambangin toko buku, toko bukunya cakeuup, tingkat 3. Disediakan kursi dan sofa untuk baca buku sepuasnya ..!! bahagia sekali anak-anak dan kami juga tentunya emak bapaknya hehe.. Ditambah tempatnya yang enak dan nyaman betahlaaah😀

Dilantai paling bawah eh lantai bawah tanah, ada cafe yang hhmmm nyaman sekali, dinding nya tinggi dihias dengan tumbuhan asli dan gemericik air yang mengalir turun menyusuri dinding dan berakhir di kolam ikan. Nuansa hijau menambah suasana semakin nyaman, membaca buku sambil sesekali meneguk  teh Jasmine, hhmmm …🙂

Oh ya toko bukunya itu Dussmann das KulturKaufhaus, bisa kunjungi websitenya http://www.kulturkaufhaus.de

Ndak panjang-panjang aah.. monggo silahkan menikmati sedikit foto-foto selama jenguk mbak Iya..

dibelakang patung “kucing” ini, ada tangga menuju Cafenya

Minumannya mbak Iya

 

si bungsu cep Atul sedang konsentrasi penuh 😃

 

Atul di pusat penjualan “Apel” 😁

Oh ya, di Berlin ada Apple  Store, disitu selain kita bisa membeli semuaaa produk Apple, saya sempat galaaauu .. kabita saudara-saudaraaa… tp pendirian saya kukuh, tepatnya kudu wajib kukuh hahaa meski anak-anak gadis manas-manasin emaknya untuk mengganti dengan si angka 6, saya lempeng sajaaa.. Di sana kita pun bisa konsultasi bahkan memperbaiki yg rusak, ya iyalah yg rusak, kalau bener mah ngapain juga diperbaiki hihi *garing* achso ya.. waktu Hp Ina rusak karena jatuh, kita bawa tuh ke sini, trs “tukang” nya lihat depan belakang, pijit-pijit Hp na dan tetep anteng ngga mau hidup, lalu bawa sebentar ke dalam, terus bilang ke Ina “waaah ini mah ngga bisa dibetulin nih.. kumaha yah..?? kamu bawa bon pembeliannya ngga..??”  “Ada” kata Ina. Terus si cakep bermata biru itu baca- baca dan terus dia bilang “ini Hp nya baru 3 bulan, dan masih ada garansi, mau kita ganti dengan yang baru..?” Hurrraaaa Ina langsung cengar-cengir bahagia. Si cakep bermata biru pun bilang “yasud nanti 2 jam lagi kamu ke sini, lalu ambil Hp pengganti yang baru” alhamdulillah… Ngga pake repot dan ribet, padahal beli Hp nya lewat internet dan bukan di toko Iphone.

Ina sama Mbak Iya nunggu Hp baru😀

Aaah saya “maksa” kangmas untuk mampir ke Berliner Dome, itung-itung napak tilas 3 tahun yang lalu, dan mencoba membuat foto seperti 3 tahun yang lalu, hasilnya..? Lumayan miriplaaah…sayang mbak Iya sedang kerja, jadi ndak bisa ikutan😦

Berliner Dome

 

versi hideung bodas ataw Hitam Putih

 

atas April 2012 , bawah Februari 2015

 

kiri April 2012, kanan Feb 2015

boleh dong sedikit narsis..hehe

Ola, Atul und Ina yg melayang😀

Penutup yang ngga bakalan dilupakan nih, waktu anter mbak Iya ke IKEA buat beli lemari kecil, sekilas saya lihat meja dan kaca rias yang cantik.. sambil jalan saya bilang “Yank…itu meja riasnya cantik yaa.. bagus kayanya buat di kamar” eeeh santaaai banget  kangmas bilang “aaahh ngga perlu, mamanya sudah cantik ko..!!” Ngga tau mesti ngomong apa saat itu 😁😄😄😄😋😋

Nürnberg, 26.02.2015

158 thoughts on “Berlin…Berlin..

  1. Teh, itu poto bertiga mah bukan ibu-anak, kakak-adek atuh..
    Berlin sudah cerah kah? Dsni matahari sudah sering nongol, tapi angin dan dinginnya masih ampun dah..
    Berliner Dome nya keren, gak ke Tembok Berlin juga Teh?

    • Euuhh bikin bahagia teteh ajaaa *ketjup-ketjup*
      Seminggu waktu di Berlin cerah terus teh, ya tapi sama spt di sana, anginnya besar dan lumayan dingin. Hari ini di Nürnberg ceraaah sekali, tp suhu pagi2 minus 4, siangnya cuma 6.

      Karena sudah sering ke Berlin, jd berasa bukan turis lagi hihi
      Ada sih foto2 tembok Berlin sebelum di pindah waktu thn 2012, waktu pertama kali ke Berlin, nanti deh di postingan terpisah🙂

    • Iya itu sudah seminggu Mataharinya cantiik… alhamdulillah.. tapi anginnya lumayan besar dan bikin dingin jadinya..

      Kalau Matahari cantik gitu, hasil foto juga makin bagus ya, meski pake Hp🙂

  2. Cantik banget Berlin Dome-nya teh🙂
    Keren banget mal dan toko bukunya, ada tempat buat baca sepuasnya, di sini malah tidak boleh baca di dalam toko buku, kan :huhu.
    Fotonya sama persis dengan yang 3 tahun lalu itu :hihi. Orang-orangnya juga hampir tidak banyak berubah ya teh, sama seperti 3 tahun lalu :hihi.

    • Iya betuuul.. megah gitu, fotonya makin cantik, karena Mataharinya sangat cantik, meski pakai Hp🙂

      Disini rata-rata toko Buku yg besar bisa buat baca buku, disediakan kursi dan sofa malahan…🙂
      Teteh sempet bertanya2 sih, apa ndak rugi ya..??

      3 thn mah ngga banyak berubah sepertinya, tapi anak-anak teteh yg terlihat semakin besar, mestinya 10 thn kemudian, baru deh keliatan, mudah2an masih ada usia, bisa mengulang lagi, yg pasti ada nenek2 bersama gadis-gadis belia hihi

    • Aaaahhh mbak Anaz mah mulai deeeh hehee *peluk-peluuk*

      Waktu itu reaksi teteh cuma ketawa nyengir mbak Anaz.. dan anak2 gadis ketawa juga dengernya..

      Waaah kalau kangmas ngga bilang teteh cantik mah, ntar mutung tetehnya 😁😁

      Iya sudah mau 19 thn mbak Iya nya…

    • Lha teteh khan masih mudaaaa hehee
      Alhamdulillah terlihat muda trs, ini kayanya mah efek dr foto yg sering menipu gitu, aslinya biasa saja ko sesuai dgn usia 😊😊

      Tp untuk yg satu ini mah, ngga apa-apa ngga dibilang cantik juga.. biar dibelikan meja rias hihi

    • Iya kang..alhamdulillah.. sepertinya salah satu pelayanan dr pihak Apple itu kang.. jd dimanapun belinya, selama bisa menunjukkan bon pembelian, dan masih masa garantie, bukan jadi masalah buat mereka.. Ini salah satu alasan mengapa kami pakai produk apel krowak😀

      Iya lumayan kang.. tergantung juga brp perjam nya, beda-beda satu toko dgn yg lainnya.. Rata-rata mahasiswa memang dibatasi maksimal 450 euro perbulan penghasilan sampingannya . Tp ada juga yg boleh lebih, tp dipotong pajak, dan enaknya buat mahasiswa itu, meski dipotong pajak, akhir tahun dikembalikan itu potongannya.
      Kalau mbak Iya mah, krn sudah dpt bantuan pendidikan dr pemerintah, kd ngga boleh lebih dr 450 euro. Ini pendapatan basis yg ngga kena pajak.

    • Iya bisa baca sepuasnya.. umumnya ngga pakai plastik bukunya mbak Nani… dan disediakan kursi dan sofa malahan ditiap ruangannya.. ada tersedia minum air putih gratis😀

      Tapi meski begitu, yg beli buku banyak juga, saya bilang sama yg Gadis-gadis, udaah baca sini saja, jd ngga usah beli.. Jawab mereka “No mama.. ini buat koleksi di rumah, dan kapan pun mau baca, jd ndak perlu pergi2 lagi” pdhl emaknya mau ngirit hihi

    • Hatur nuhuuuun… sebetulnya banyak yg cantik2 tempat di Berlin yg bisa dijepret, berhubung ngerasa bukan turis lokal lagi, jd ngga kepikiran buat foto2nya, tp thn 2012 lumayan banyak fotonya, krn pertama kali ke Berlin dan beneran jd turis lokal hehe

      Iya tempat kerjanya cakep, tp harga-harganya ngga cakep😀

  3. Aih senangnya baca postingan iniii…. Gk heran kalimat penutupnya begitu, hihihi… Jadi itu rupanya yang bikin kangmas-nya jatuh hati. Anak2 udh pada gede2 aja masih cantik banget, gimana waktu dulu dikejar kangmas-nya 😄✌️ ahaaaayyy….

    • Ahaaaaay… uhuuuuy.. hihi
      Sstttt.. duluuu teteh waktu muda ngga kaya sekarang, jadiiii jangan takut menjadi sepuh, teteh justru merasa lebih cantik setelah sepuh ^_^

      Jd si buruk itik jd angsa lah gituuu ahaaaaay… uhuk-uhuuk.. *perlu keresek..?? Hihi

      • Sedaaaapppp… Makin nambah umur makin mature ya teh, alhamdulillah… Senangnya. Hahaha sedangkan aku mah masih berprinsip cantik itu bukan dr kamar mandi dan tas make up, cantik itu dari hati. Jadi bangun tidur, ambil minyak wangi trus nyanyi 😂 *kacau*

      • Hihi…
        Teteh juga ngga mandi tiap hari lhooo kalau musim dingin *buka kartuuuu*
        Jd mandi koboy itu beneran deh, karena airnya berkapur dan udara yg kering, kalau sering mandi, bikin kulit sangat teramat kering, busik dan gataaaal… Iihhh masa cantik2 kerjanya garuk2 hihihi *abaikan kata cantiknya”
        * 😄😄

      • Euuhh teu kenging atuh seuri olangan maaah… bilih aya anu nyangki anu sanes-sanes… Geulis2 hanjakal sok seuri nyalira hehe

        Iya alhamdulillah, sudah sering muncul sinar matahari, meski suhu masih dibawah 10 derajat:)

    • Ngga melambung pas dipuji cantik, soalnya itu khan biar ngga dibeliin meja rias hehhee

      Kalau tiba-tiba bilang “mamanya cantik” naahh itu melambung eeeh atau malahan tanya “ada apa nih..? tumben bilang cantik..” hihi

      Itu perbulan mbak Evi, kerjanya khan cuma 3 kali seminggu dan hanya 3 maksimal 4 jam saja.

      Mbak Iya dibatasi sama peraturan sini, dia hanya boleh maksimal 450 euro/bulan.

      Duuh kalau 400/minggu saya mau jugaaaaa… hehe

  4. hahaahah suami ya teh kalo ngeles. tapi memang teteh cantiiik jadimgak salah deh🙂

    btw foto yang melayang lucu beneeer…

    salam
    /kayka

    • Kalau langsung dibilang, ngga usah..ngga perlu..ntar istrinya ngotot pengen beli hehhe..begitu dibilang begitu, langsung ngga bisa ngomong apa-apa..cuma bisa nyengir doang hahaha

      alhamdulillah cantik…Allah Dzat Maha Indah yang memiliki semua keindahan…

      Iya ya..kesannya melayang gitu bukan loncat..:)

      • hahahah dari pengalaman para suami tau kalo istrinya langsung dienggakin bakalan panjang dan gak selesai-selesai urusannya.

        salam
        /kayka

      • hahaha bener banget teh, terus dikejar sampe keinginan (tahuan) nya dipenuhi.

        danke teh, hab ein schönes Wochenende! matahari bersinar nih teh disini dengan cerahnya…

        salam
        /kayka

      • Duuhh punten baru dibalas nih mbak Kayka..akhir pekan itu suka riweuuh…trs banyak pesanan jajanan pasar ..jd ngga buka2 WP nih ..

        Oh iya samaaa… di sini juga Mataharinya cuantiik dan hangat..alhamdulillah…

      • asyik dong ya teh hobi bisa jadi bisnis🙂

        skrg mataharinya ngumpet lagi….

        salam
        /kayka

      • Iya lumayan mbak Kayka… Tp saya hanya menawarkan sama teman-teman dekat saja ko, belum berani menawarkan ke banyak orang🙂

        Disini Matahari lumayan sudah bbrp hari cantik..

        Selamat berakhir pekan ya mbak Kayka..😊

      • alhamdulillah ya teh. ikutan senang lho… semoga orderannya semakin banyak.

        pagi ini mataharinya masih ngumpet gak kliatan tanda-tanda…

        siiip teh hab ein schönes Wochenende juga ya…

        salam
        /kayka

      • Malah kalau banyak yg pesan suka bingung hehhee…. takut ngga kepegang krn lihat kondisi badan yang ngga bisa diajak terlalu cape… meski dibantu gadis2..tetep sesudahnya hrs isi “batrenya” 2 hari penuh..:D

      • jangan bingung teh pegangan🙂

        alahmdulillah ya gadis-gadis teteh mau bantuin. sekalian belajar bikin penganan kita juga ya…

        salam
        /kayka

  5. Udah ke atas Dom, Teh? Capek sih naik tangganya, aber lohnt sich🙂

    Itu Foto BW na aluusss 😍

    Toko bukunya deket U-Bahn Friedrichschein ya kalo salah? Dulu sering ke sana kalo lagi bengong, tapi ga pernah merhatiin ada Café cantik begitu..

    • Mau masuk ngajak anak-anak, eeeh pada males gitu, jd belum pernah tuh, nanti lagi deh..lagian teteh pakai rok gitu, susah naek tangganya, hrs angkat2 rok nya hihi

      Hatur nuhuuuuun…😘😘

      Iya kayanya deket U-bahn itu, teteh naek mobil soalnya. Cafenya enakkeun dan lumayan cantik..

    • Iya alhamdulillah ngga perlu ngeluarin uang lagi, itu yg di Apple storenya males kali ya betulin, jd krn masih garansi, yo wes ganti sama barang baru saja 😃

      Asal muka mereka ngga terlalu kelihatan banget mau mbak.. ini juga krn saya ingatkan, duluuu kita pernah foto begini begitu, trs ya tumben mau hehe

  6. Mbak Wi😀 kerja 3 kali selama 3 sampai 4 jam dan gajinya 400 euro kayaknya banyak deh mbak kalau buat beli cireng ._.

    Aaaaakh penutupnya, Kangmasnya romantis banget sih :3 cihiiiiy serasa anak muda masa kini yak :p

      • Aaaaakh, salah ngerti aku brati ya ._. tapi tetep banyak juga loh mbak :3

        Hihihihi bisyak deh Mbak Wi, kalau romantis-romantisan mbak wi bisa menang, tapi kalau muda-mudaan, uhuk, mmm, maaf ya mbak :p tapi mbak wi awet muda ya di sosweet-in sama kangmas terus😀

      • Nanti teteh coba edit lagi deh keterangan soal kerjanya mbak Iya..

        Hahaha kalau umur mah, angkat tangan deh, lhaaa Febri aja ngga jauh-jauh banget umurnya sama anak teteh paling gede 😁

        Kalau dijudesin terus mah, saya pulang saja ke emak di Bandung hahaha

      • Hihihi iya deh mbak :3

        Aaaakh, aku muda banget ternyata yaaaa. mukaku aja yang udah sedikit kadaluarsa ini😀

        hihihi untunglah dapet kangmas yang luar biasa baik ya mbak😀 jadi jarang balik ke Bandung😀

      • ._________. Ini, Teteh kok membingungkan ya -.- kalau jarang pulang ke Bandung jitu berarti nggak sayang sama istri karena nggak ngasih waktu buat ketemu orang tuanya ya. eh, iya nggak sih? gimana gimana sih? :p wkwkk

      • Iyaaaaa… masa tega istrinya jarang pulang…kalau sayang mah, pasti disuruh pulang terus hahaa maunyaaa…

        Pokoknya gitulaaah…hahaha

    • Belum semua foto ttg Berlin ini mah..nanti kapan2 teteh aplot deh….🙂

      In syaa Allah… kesampaian jalan2 ke Jerman..😊

      Terima kasiih sudah mampir..🙂

  7. Semakin anak-anak besar, ortu berasa jadi teman main bareng ya Teteh, bisa diskusi saling dukung pendapat. Kalau masak mah teteup mamanya dong.
    Toko buku sebagus dan senyaman itu mah bikin betah pengunjung ya.
    Salam hangat tuk Teteh Dewie cantik pisan sekeluarga

    • Iya mbak Prih… saya berusaha sesering mungkin menjadi sahabat mereka… bahagiaaa rasanya lihat anak-anak gadis kumpul dan becanda waktu di Berlin.. nyeeesss gitu… 😊

      Kalau pada keluar manjanya, ya mulai dr nyetrikain bajunya ya harus emaknya hehe..

      Iya nyaman sekali mbak Prih, disediakan minum putih pulaaa hehe

      Salam hangat juga buat mbak Prih sekeluarga…🙂

      Aaah jadi bahagia dibilang cantik pisan.. alhamdulillah… ☺️

    • Ya ampuun…teteh anggun begini disuruh loncat..?? 😁😁

      Iya udah pada gede anak2 teteh mah, emaknya yang ngga gede-gede ..hahaha

      Tp emang anak2 teteh tinggi-tinggi, yg no 2 Ola itu malah sudah 170-an gitu pdhl masih kls 9 ..mau nyusul bapaknya tuh..😀

      Bitte jangan mikir dan tanya usia teteh ya… 😄😄

    • Danke…Dankeee..
      Disini banyak gereja malah mirip Mesjid kang… ntar kapan-kapan kalau lihat gereja2 kecil, saya potret deh..

      Iya cuacanya cantik, jd bikin fotonya juga bagus..coba kalau lagi mendung, ngga bagus ini Gereja.

  8. Keren ya Mbak Iya bisa kerja part time trus dapet gaji. Hihihi..😀

    Sayangnya di sini jarang banget kerja part time gitu Mbak, banyakan full time.. :’

    • Iya alhamdulillah… Disini kesempatan untuk kerja part time terbuka lebar buat para pelajar/mahasiswa, lumayan buat nambah uang sakunya juga, sekaligus belajar mandiri dan menghargai uang.

      Iya ya di Indonesia sulit untuk kerja sambilan itu…😦

      • Amin, doain sampai jerman. Istri penggemar segala berbau jerman. Klub bola jagoannya Bayern Muenchen. Sampai belajar bahasa jerman. Kalau kesampaian asyik sekali. Hehehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s