si Hitam manis Bolu Kukus Ketan Hitam

Assalamu alaykum wr wb

Lamaaaaa ya saya ngga ke rumah sini, 2 bulan..?? 3 bulan…?? bahkan lebih..?? *narik nafas panjang*  Alasannya kenapa ndak menulis..? buanyaaaak sekaliii…kalau ditulis satu persatu malah ngga bakalan jadi menulis tentang Bolu Kukus Ketan Hitam, tp isinya curcol semuaaaa hihi

Oh ya apa kabar semuanya..?? Semoga  Allah SWT senantiasa melimpahkan nikmat sehat buat para sahabat semuanya…aamiin…

Mulai yaaa… awal membuat Bolu Kukus Ketan Hitam ini sih ndak sengaja, pengennya mah bikin Bolkus Gula Merah yang praktis, tapi pas buka laci dapur, eeeh lihat ketan hitam ini, ya sudah coba saja deh, resepnya sih dari resep Gula Merah Praktis saya yang ada  disini, hanya tepungnya daya ganti dengan Tepung Ketan Hitam.

Karena masih coba-coba, saya buat 1/2 resep dulu,

Bahan :
125 gr Tepung Ketan Hitam 

125 gr gula merah ata gula Palem

75 ml air panas

50 ml minyak

1 butir Telur

1/2 sdt BP

1/2 sdt BS

Caranya :

Panaskan Dandang, alasi cetakan bolu kukus dengan kertas roti/kertas buat Muffin

Seduh Gula merah dengan air panas, saring lalu dinginkan. Campur tepung ketan hitam, Baking Soda dan Baking Powder, diayak yaa biar cantik, lalu masukkan air gula sedikit sedikit sambil diaduk, lalu minyak, terakhir telur. Aduk rata semua bahan, masukkan kecetakan.  Kukus kue 15 menit dengan api besar. 

Hasilnya…??  legit dan aroma Ketan hitamnya yg hhmmm enak…enak..enaaaak hehe. Hanya mekarnya ndak seheboh Bolu kukus gula merah yg biasa, apa karena tepung Ketan hitam teksturnya beda ya… agak kenyal tapi  tetap lembut ko.. Jadilah sore ini semakin sempurna karena ditemani Si Hitam manis, si Putih cantik dan si coklat muda yang gurih. Ada yg bisa jawab kebapa ada si Putih dan si coklat muda..?? hehe Mangga  atuh silahkan kalau mau dicoba mah… 😊

Oh ya sepertinya akan lebih lembut kalau tepungnya dicampur tepung terigu biasa, misalnya 25 gr tepung terigu, dan sisanya tepung ketan hitam🙂

Postingan ini juga sekaligus ikutan GA nya Pakde,

hatur nuhun eda Monda sudah ngajakkin saya buat ikutan, sekaligus melatih keberanian ikutan GAnya Pakde Sepotong Kue Buat Pakde *peluk-peluk*  

Nürnberg, 5.08.2015

77 thoughts on “si Hitam manis Bolu Kukus Ketan Hitam

    • Iyaaaa lama sekaliiii banget pisan amaaaaat….hihi

      Sama-samaaa…maaf lahir batin juga yaaa…teteh suka becanda soalnya…

      Alhamdulillah, nambah lagi Piringnya… 😄😁😁😁

  1. Mungkin kopi, susu putih, dan susu coklat (atau cappuccino *melihat gambar*) kali ya teh :hehe *nebak*. Selamat datang kembali ya teh, selamat hari raya Idul Fitri juga, minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir batin :hehe. Waa ini kue selalu saya salah duga sebagai bolu cokelat, enak memang bolu ini dan saya cukup doyan :)). Btw, BP dan BS itu apaan ya teh?

    • Ikutan nyaaah…?? Aaah dirimu mah memang jagoan ikutan GA, lha teteh..?? pertama ikutan yg Eda dulu itu, setelah itu ya ndak ikutan apa2 lagi, ngga pede Nyaaaah.. huhu

      Ntar teteh baca…dan siapa tau mau nyoba jugaaaa…😃

      • teteeeeeh… kenapa manggil NYAH???? COBAA???!!! *tubruk teteh trus uyel-uyel*

        ini juga uda lama gak ikutan GA teh.. kapan hari waktu ke rumah pakdhe, trus ditantang buat ikutan GAnya..hahaha..

      • Hihihi salah manggil yaaah…? Khan pengen juga ditubruk Edaaaaa 😄😄😄

        Suwer pengen banget ketemu Eda .. Ridholah diuyel-uyel jugaaaa 😁😁

      • teteh kapan balik indoo??? kabar2 dari jauh hari yaaa.. jadi bisa saya yg dolan ke bandung, ataauuu.. kita dolan bareng2 kemanaaa gituu… hahaha

      • Doakan punya keberanian buat bilang sama kangmas hihi..

        Masih maju munduuur…eeeh malah mundur lagi…
        Siaaaaap…insyaAllah dikabari kalau teteh jadi pulang yaaa…

    • Iya niih cliiiing…muncul lagi…dr kemarin dulu ngga ada yg gosok2 lampu ajaibnya, jd ngga muncul2 nih hihi.. Alhamdulillah baik, meski badan belum sehat 100% …

      Boleh sekali atuh mbaak..😊
      Maaf lahir batin ya mbaaak…🙂

  2. alhamdulillah jadi juga teh dipublish buat GA, gampil kan, apalagi teteh kan suka variasiin resep
    aku juga gara2 ngajakin teteh jadi ikutan juga GAnya
    good luck teh

    • Iya eda… menang atau tidak mah itu nomer belakang buat saya, memberanikan diri untuk ikutan GA merupakan langkah berani buat saya …😊

      Viel glück buat GA nya juga..🙂

  3. Aku sampe ngecek kemaren teh, kemareeeeen ini beneran.. loh postingan terakhir cici paramida cobaaak.
    Bagi dong si hitam nya teh, samaan nih sama yg minta hitam juga hiiihihi…

    Mohon maaf lahir dan batin juga ya teh wie ♡

    • Iyaaaaah 4 bln yang laluuu… Terlaluuu …😁😁

      Ambil….ambiil…. 😃😃
      Aaah kalau bicara soal item mah, teteh juga iteeeem… Eeeh item-item juga kita berdua nanus khaaan…?? cieeeeee…🙈🙈🙈😁😁

  4. Hi halo Teh Wie. Lama juga saya tak mampir kemarih. Keren kali idenya pakai ketan hitam Teh. Jadi laper kemrucuk bayangin aroma ketan hitamnya. Huehehehe.

    • Hi hallo juga kang Dani, euuh teteh lamaaaaa ngga sowan ke WP.. banyak kelewat postingan2 keren dr kang Dani niih… 😩😩

      Baru tau kalau lapernya Dani itu kemrucuk bunyinya 😄😄😁😁

  5. empuk ga mbak bolunya? kayaknya sih iya🙂 gimana kalo ditambahin krim putih gitu kayaknya kece.
    btw, mbak wie ini udah 4 bulan loh ga nongol, alhamdulillah sekarang akhirnya keluar dari tempat sembunyi😛

  6. Hi..hi..alhamdulillah akhirnya Teteh nongol juga🙂 Saya juga termasuk yang kangen lho walaupun kita baru kenalan😀 Dan si bolu kukus ini berhasil bikin aku ngiler di pagi hari😀

  7. Teteehhhh *peluuukk kangen. Maaf lahir batin, lama banget ga nongol. Kirain lagi plesiran. Kopdar kita Teh, tanggal 17-18 Oktober 2015 di Frankfurt Book Fair. Kalo bisa sih haha. Aku mau kesana soalnya. Janjian sama Melly juga tanggal 18nya. Duh maap jadi melenceng komennya dari isi postingan 😅

    • Kangen jugaaaaa…. 😚😚

      Iyaaaa lama ya teteh ngga sowan ke WP.. 😔

      Tgl 18 Oktober ya…belum ada rencana apa-apa sih.. Nanti teteh lihat dulu yaaa… masih lama khaaan…mudah2an bisa, kayanya sih bisa 😄😄

      Bareng mbak Melly juga..?? hhmmm kira2 teman2 WP yg di Jerman siapa saja ya..?? kali-kali bisa sekalian ketemuan gitu… Asyik kayanya… 👏👏👏

      • Setahuku Mbak Kayka, sama Nella. Aku pernah inform Mbak Kayka juga Teh. Asyiikkk semoga bisa yaaa. Pengen ketemu teteh yang awet muda ^^

      • Oh iyaaa mbak Kayka ya…di Frankfurt juga khan mbak Kayka itu…

        Idiihhh Deniii…jangan tertipu sama Fotooo… jaman kiwari mah foto bisa dimacem-macemin .. Kalau ketemu langsung, teteh sesuai usia ko wajahnya… 😊

    • Waaah sami atuh sareng teteh, resep ngadamelna wungkul, upami tos janten, paling sacuil ngaraosan wungkul… hhehe

      Kaleeeem teh Rani dirimu tak aneh sendiri hihi

      Buatan orang kadang lebih terasa enak, soalnya tinggal haaam..haaam..ngga perlu cape buat ..apapun ituuuu… 😁😁

      • Muhun leres teh, macem pribahasa rumput tetangga selalu tampak lebih hijau dr rumput sendiri. Ah ketang yang namanya dikasih / gratis mah selalu enak😀.
        *teh rani pernah ngimel hayoh ke teteh, cekidot deh*

      • Eeh tapi rumput halaman belakang teteh mah langkung hejo dibanding rumput tatanggi hihi…

        Taaah lereees anu penting mah gratis kantun ngahuapkeun nya teg Ran..hihi

        Oh yaaaa…?? irahaaaa…?? Ke sakedaaap ditingal heula…teteh termasuk anu langki buka imel 😁

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s