Pastel renyah

Sudah beberapa bulan ini, saya punya kesibukan baru, jualan makanan dan jajanan pasar, aaah tepatnya jualan buat sahabat-sahabat saja, karena memang ditawarkan buat sobat dekat saja, untuk sobat-sobat dekat saja kadang keteteran, sampai ada beberapa sobat bilang “pesen sebelumnya, kalau ngga ngga bakalan kebagian” hehe alhamdulillah bisa nambah uang saku, jadi ngga perlu minta terus sama kangmas kalau pengen beli sesuatu. Resepnya saya dapat dari mbak Letty, kakak ipar sobat saya Sophie.

Bahan :

300 gr Terigu, 50 gr Maizena/Kanji,1 telur kocok lepas, 50 gr mentega lelehkan, 1/2 sdt garam, 100 ml air

Isi

250 gr daging cincang, 100 gr Wortel, 2 Kentang (potong dadu), 1 bawang bombay, 3 siung bawang putih, 3 btg Bawang Daun, garam, merica, gula pasir, kaldu ayam/daging,  Soun (seduh pakai air panas, tiriskan) 3 butir Telur (rebus dan potong 8)

Cara membuat :

Kulit : Campur semua bahan, uleni sampai kalis, kalau saya dibiarkan 1 jam, kadang malam buat, pagi baru digunakan, tepungnya jadi lebih kenyal dan tidak gampang sobek.

 Isinya : Tumis bawang Bombay, bawang putih sampai harum, masukkan Daging cincang, setelah matang, masukkan potongan Wortel dan Kentang, bawang daun,  beri air secukupnya, tambahkan merica, garam, gula pasir, kaldu, masak sampai sayuran empuk dan air menyusut, cicipi, lalu masukkan Soun, aduk rata angkat dan dinginkan.

Giling tipis, kalau saya pakai yg buat bikin Mie, pertama giling dinomor besar lalu pindah ke nomor 3, cetak bisa menggunakan piring kecil, saya pakai yg buat Pasta, isi secukupnya dan beri sepotong Telur, rapatkan kedua sisinya lalu pilin.

 

Yang bikin mudah kerjaan.

 
Goreng dengan minyak yang banyak.

Hasilnya renyaaaah, anak-anak suka, sahabat bahagia dan saya tentunyaaaa.. hehe alhamdulillah… 
Ini hasilnya, siap diambil pemesan :)  
NΓΌrnberg, 17.07.2015

Oh ya selamat ulang tahun negeriku tercinta, rakhmat dan barokah Allah SWT selalu menaungi negeri dan semua penghuninya…aamiin..

60 thoughts on “Pastel renyah

    • Aaah sebetulnya nge-blog mah bisa hari biasa, tapi memang lagi melempem semangat nulisnya mak…huhuhu…
      Cetakannya mah pakai piring kecil saja, gilingannya pakai Botol Atau gilingan dr kayu itu mak, awalnya teteh begitu, aduuhh kalau yg pesan sampe 100 suka capeeee… hehe

      Mangga dicoba mak..πŸ™‚

    • Cetakan ini buat Pasta sebetulnya, seperti buat Ravioli gitu, dimanfaatkan saja, hasilnya lebih bagus, krn besarnya jadi relatip sama semua.πŸ™‚
      Kayanya di Indonesia juga ada yg jual kalau ndak salah.

      Aamiin… hatur nuhuuunπŸ™‚

      • tapi saya bikin bukan buat jualanπŸ™‚
        pengen sich, tapi gak tau nih marketingnya kurang jalan kayaknyaπŸ™‚
        harus rajin memperkenalkan diri sambil bawa sample test kali ya..

      • Lumayan buat nambah uang jajan mbak hehe
        Ganti-ganti gitu tiap Minggu, kadang Risoles, Ayam Kremes, kadang Siomay/batagor, Rendang, Risoles dll gitu, tergantung mud atau pesananπŸ™‚

    • Pastel itu hrs sukses dikulitnya ya mbak Em… Coba buat kulitnya malam, trs bungkus taruh di Kulkas, besoknya baru digiling, lebih lentur gitu.

      Ini yg buat pasta gitu, yg buat Ravioli, lumayan murah, ada 3 ukuran, 9€ kalau ngga salah.

      • nah itu dia. krn baru belajar, kd belum tahu. hehe. tapi ya habis tuh, ga ada yg lain soalnya.
        di indonesia banyak itu. dulu mau bawa, tp ga jadi, belum perlu krn bisa dipilin. ternyata, susaaahnyaaaa hehe

      • Pertama buat, hasilnya ngga memuaskan, bentuknya belum kaya Bulan sabit gendut hihi

        Kalau pilin mah, malahan teteh ngga susah tuh….hehe

        Begitu temen2 nyicip, trs pada pesen, akhirnya dibela-belain beli Gilingan pasta sama cetakannya…πŸ˜€

      • bisa ya digiling pake gilingan pasta. punya saya dipake buat bikin mie aja sama pangsit kalo lg rajin.
        kalo karipap pusing (pastel singapore) gmn teh? pernah bbrp kali bikin, tp ga bisa cantik.

      • Bisa teeeh…ini manggilnya ngga konsisten, td mbak sekarang teteh hihi…
        Iya pakai gilingan pasta, pertama yg paling tebal, kalau teteh sih cocok sama ketipisan di no 3 gitu.

        Waaah belum pernah bikin dan malahan baru tauuu hihi
        Coba cari di internet aaah… kalau mud nanti bikin, dan laporan yaaa…πŸ˜€

      • Eeeh tapi kalau lihat isinya, kayanya anak-anak ngga bakalan suka deh..nanti coba isinya Ragut ayam/sayuran kaya buat Risoles aaaaah …

  1. Teehh apa kabar? Lama gak update blognya ..ini resep aku save ah buat ntar bikin2 sendiri dirumah . Klo kita tetanggaan tak santronin sembari bawa rantang ahahaha . Sukses terus ya TehπŸ™‚

    • Alhamdulillah baiik, sehaat… Iya lama ngga apdet blog, bukan krn lagi suka bikin ini itu, tp lg melempeeem kaya kerupuk ditaroh di luar sebulan 😁😁
      Iya mangga silahkan kapan2 dicoba, isinya mah selera masing-masing saja teh Nisa.

      Teteh pengen tetanggaan sama semua sobat-sobat WP disini Nis…bahagiaaaa kayanya kalau deketan 😊

      Aamiin..nuhun buat doanya 😊

    • Euuhh bukan bisnis atuuuh, lha jualannya cuma hari Minggu dan tergantung si mud hihi

      3 minggu kebelakang malahan ngga jualan, lagi panas-panasnyaaa, males lama-lama di dapur, berasa sauna gitu.

      Kalau jarang keliatan mah, emang lagi melempem aja nih nulis, pdhl yg pengen ditulis banyaaak, saking banyaknya jd bingung sendiri, akhirnya ditinggal saja hahaha parah emaaang πŸ˜πŸ˜πŸ˜„πŸ˜„

  2. Pastel renyah, hmmm… jadi kepengin nyoba neh…πŸ™‚
    Sebab, saya termasuk laki-laki yang suka masak, hehe…
    Mungkin terbawa kebiasaan sekian tahun dulu tinggal di pesantren yang mesti masak sendiri (bergantian dengan teman kelompok masak).

    • Ayo mas silahkan dicoba resepnya, kalau masih ada sisa bahan kulitnya, beri irisan Seledri sedikit, garam sedikit, lalu giling tipis dan potong2, goreng kering, jd seperti keripik bawang mas…πŸ™‚

      Senangnya istrinya mas Akhmad, ada yg masakkin hhehe

    • Aaaah jualan mah sebetulnya ngga ada hubungannya sama ngeblog hihi
      Jualan cuma hari Minggu saja dan kalau pengen jualan dan ada temen yg tanya2 Minggu mau jualan apa…?? biasanya ya tanya balik, sok mau dibikinin apa..? hehe

      Ngeblog mah lagi males aja huhu
      Maklum blogger abal-abal teteh mah 😁😁

      Katanya sih enak, atau mereka males buat saja, soalnya pengalaman sih, yg dibikinin dan tinggal makan itu enak, apalagi kalau gratis hihi..

    • Coba aja buat eda… Gampil koo..awalnya saya rada pesimis bisa apa ngga ya milin2 pinggirnya, ternyata gampiil, langsung bisa..ayooo dicobaaa..kalau belum dicoba, belum tau susah apa gampangnya bukan..?? ayoooo…ayoooo..ayoooo..buat…buaaat..buaaat… πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    • Aamiin….
      Itu pinggiran pastelnya saya pelintir satu-satu mbak Priih… yg cetakan itu hanya pipih saja hehe

      Cetakan ini membantu buat menyamakan ukurannya Pastelnya, jd pinggirannya tetep hrs diplintir sendiri πŸ˜ƒ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s