Chocolate Lava Cake

Siapa yang suka Coklaaat.. ?? Siapa yang suka kue coklat mini pas dibelah coklat cairnya meleleh keluaaar..?? Sayaaaa….!! ngacung tinggi-tinggi deh sayaaah, apalagi tinggal makan, sooo saya mau bagi resepnya bagaimana caranya buat Kue ini, setelah beberapa kali buat, selalu saja gagal, dalam artian itu Lavanya ngga keluar huhuhu kadinya males buat lagi. Kemarin siang, Ina manggil-manggil “maaaa turun, aku buat schoko-lava katanya” und taraaaa hasilnya woow bikin bahagia hehe … Pengantarnya cukup deh, mulai yuuk.. oh ya Gulanya saya kurangi, soalnya kemarin itu terlalu manis buat saya mah. Aslinya 115 gr disini saya pakai 100 gr saja.

Bahan : 

90 gr Dark Chocolate,

90 gr Butter

3 butir telur

100 gr gula pasir halus/kastor

45 gr tepung terigu

Caranya :

Panaskan oven 180 derajat celcius.

Campur coklat dan Butter, lelehkan, caranya taruh bahan dimangkuk lalu panaskan air di Panci, jangan mendidih, cukup panas saja, setelah leleh, sisihkan.

Kocok telur pakai Whisk saja, masukkan gula, aduk rata, lalu masukkan coklat leleh yg sudah agak dingin/hangat, aduk rata, terakhir Tepung terigu.

Olesi pingan tahan panas/cetakan muffin/gelas tahan panas dengan mentega, taburi gula, ketuk2 agak tidak terlalu tebal lapisan gulanya. Kenapa pakai Gula..? bukan terigu ? Resepnya begitu kata Ina hehe  Tuang adonan 3/4 nya. Cetakan yg saya pakai itu diameternya 9 cm tingginya 7 cm. Panggang selama 15 menit. Oh ya lama memanggang tergantung besar/tingginya cetakan. Dan panasnya Oven. Cirinya itu kue sudah naik dan terlihat kering, kalau mau, bisa ambil 1 dulu, lalu potong, jika terlihat terlalu encer, yg satu biarkan 3 menit lagi. Pokoknya ngga boleh lebih dr 18 menit deh. Ini lah penampakan kuenya..pas difoto sudah agak dingin niih..gara-gara emaknya ketiduraaan hehe

hhmmm meleleeeh…


sudah dicolekin coklatnya hihi


ini pingan buat bikin kuenya

Gampangkaaan…??!! Mangga atuh silahkan dicoba.

NΓΌrnberg, 20.08.2015

Resep aslinya bisa dilihat disini

78 thoughts on “Chocolate Lava Cake

  1. Teteh, mau kuenya… aaak lumernya menggoda iman banget. Apalagi kalau lumernya di lidah, ugh… mak nyuss banget deh itu. Mesti tahan diri ya buat tidak makan banyak-banyak agar tidak obesitas tapi ini godaan banget… :huhu pengen mamam kuenyaaaaa!

    • Itu Ina yg bikin mak…dia paling suka nyoba resep2 gitu, malahan kalau buat Cup cake/muffin, dia sudah punya resep sendiri. Rajin dan kreatip dia mah.. :

      Ayo dicoba… ya minimal 15 menit gitu panggangnya. Nanti ketahuan, brp lama pasnya, setelah nyoba ..

      • Cabe…?? dimana ada cabenya..?? 😁

        Dipostingan Pastel kah..?? Itu cabe beli di toko Asia, segede2 gitu cabe rawitnya… Susah cari cabe spt di Indonesia, yg kecil2 itu.

    • Sami-sami Den… mudah2an cocok ya…
      kalau teteh seetulnya ngga terlalu suka yg manis-manis Den..jadi sukanya buat doang, nyicip dikit, trs bagi-bagi hehe

      Urang Sunda mah lebih suka yang gurih2πŸ˜€

      • Kalo gitu aku tunggu bagi baginya pas kopdaran aja Teh haha ngelunjak. Orang Jatim apalagi Teh, cinta mati sama garam. Gula dianggurin. Aku kalo bikin gini gulanya dikit banget. Jadi berasa coklatnya.

      • Iya mudah2an bisa ketemuan ya Oktober nanti. Iya bisa dikurangi gulanya kalau pengen agak sehat hehe

        Ntar bawa apa ya buat kopdar..?? ngga sabaran deh rasanya hehe

      • Hayuuuuk teeh hayuuuk… πŸ˜ƒ

        Itu Deny katanya mau ke Frankfurt, Oktober nanti insyaAllah, kalau abdi teu aya pamengan, bade ka Frankfurt oge insyaAllah.. 😊

      • Ayookk Yang. Rencana ketemuan pas Frankfurt Book Fair 17-18 Oktober. Yayang kan suka banget sama buku. Yuukk kesana Yang. Ketemuan sekalian sama TetehπŸ™‚

      • Nanti dibawain hhmmm bawain apa yaaaa..?? hehe

        Mudah2an bisa ketemu, pengen ke Bandung tengah2 Oktober ini, tp belum pasti juga sih.. Kalau jadi insyaAllah hari Sabtunya Den, bawa anak2 gadis nih,mereka pengen ikut juga katanya, sekalian jalan2 di kotanya, biasa mau belanja merekaaa hehe

      • Waahhh sipphh kalo gitu Teh. Aku dari sabtu sampe minggu. Nginep semalam. Mumpung sampe sana. Jangan mudik dulu Teh. Ketemuan dulu kita ya ya. Aku ketemu teteh aja sudah seneng banget. Apalagi kalo dibawa2in bwuahahaha kidding Teh

  2. Aku dan suami suka banget choco lava ini teh, dessert enak n gampil buatnya plus ditambahin eskrim yummy!! Kalau aku buatnya suka oake slowcooker Teh.. Tinggal cemplung cemplung setting waktu 1-2jam jadiii deh hihihi walau bentuknya gak semanis kalau pakai mangkok kecil gituπŸ˜‰

    • Ini khusus yg pengen buru-buru makan , 15 menit mateng 😁😁

      Iya makan bareng es krim ya.. Ntar kalau bikin lagi pake es krim juga aaaah…trs ada potongan Strawberry nya jugaaa hhmmm..

  3. Teh suka liat fotonya, meni cantik. Tapi klo yg manis manis ga begitu pengen bikin, udah ada yg hobi bikin taart di rumah, suami.
    Tadi siang dicobain bikin pastel. Tapi langsung smua digoreng, ga masuk freezer, satu adonan cuma jadi enam pastel. Asli jumbo. Satu biji makan langsung ga makan malem. Nuhun resepna

  4. aku liat dari hp fotonya bagus2 aja tuh teh, saking bagusnya berasa lumer di mulut *brb ambil coklat trus di makan* anggap aja sekalian bayangin makan chocolate lava cake nya tetehπŸ™‚

    • Iya kalau dr Hp mah biasa saja fotonya, sudah diganti ke ukuran sedang, nanti coba lihat lagi, blm buka leptop, kalau masih saja, ya ntar coba hapus dan aplot lg fotonya.

      Cobain deh bikin, mudah2an sukses keluar itu lavanya, soalnya sudah berkali2 teteh bikin suka gagal hihi

    • Duluu beberapa kali nyoba, gagal meluluu hehe iya ya lihat di yutub ko gampil kelihatannya.
      Ini Ina yg bikin, dan sukses hehe
      Nanti mau coba sendiri aaah… πŸ˜ƒ

    • Waaaah lebih enak ya kalau pakai es krim, trs potongan Strawberry gitu..hhmmm legit seger deh 😊😊

      Aaah punya teh Dila juga pasti lebih cakeeeeep… πŸ˜ƒ

      Eeeeh lihatnya dr Hp atau Leptopkaaah..??

      • Iya teteh, too bad gak sempet fotoin yg pake eskrim ini hiihii… aku uska bikin pake slowcooker teh cm 2-3 jam gitu. Tapi bentuknya gak kece, krn disendokinπŸ˜›. Lihatnya dari HP aja nih teeeeh hhuuuuuu

      • Achsooo…
        Ini kue kalau dilihat dr Hp, fotonya bagus, tp pas di laptop katanya lalonjong gituu.. Hari ini blm buka laptop sih, mudah2an sudah ngga lonjong lagi foto2nya. Hermaaaaan sekali..pdhl foto2 yg lalu juga aplot langsung dr Hp huuhuhuu

  5. teteeeeeeeeh…. ini resep yg aku minta dulu kaaaaan… maapkaan, baru bisa mampir… ekeh terlalu (sok) sibuuuk…huhuhuhu….

    nanti bakal dicoba di rumaah.. endes pisan kayanyaπŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s