Garmish-Partenkirchen

Bismillahirrohmanirrohim,

Sudah akhir pekan lagi ya…semoga Allah senantiasa melimpahkan nikmat iman dan sehat buat kita semua..aamiin..
Kali ini mau cerita sedikiiiiit tentang satu daerah di Bayern/Bavaria yang terkenal dengan keindahan pegunungannya. Naaah, musim panas lalu, kita jalan-jalan lagi ke Daerah ini, setelah kita menolak jalan-jalan ke Praha. Tawaran kangmas itu jalan ke Gunung atau ke kota negara sebelah Praha, tawaran ini muncul ketika kangmas lihat kanjeng putri eh istrinya sepertinya sudah butuh piknik hihi .. Tawaran ke Praha langsung ditolak hehe, sudah kebayang,  ya kota2 di Eropa ya begitu2 saja, dan yg pasti mah anak-anak kurang suka, apalagi kangmas sama si bungsu cep Atul hehe Kalau sama Gadis2 mah mereka suka-suka saja sih, soalnya ujung-ujungnya ya belanjaaaaa huhuhu pegang dompet erat-erat.  Dan ternyata yg gadis-gadis malah milih ke Gunung dibanding ke kota, yo wes cap cus kata bhs Indonesia jaman sekarang mah 😄

Tujuan pertama itu ke salah satu gunung yang tidak terlalu tinggi sekitar 2200 meter lah. Nama daerahnya Mittenwald, mangga bisa tengok2 disini. Mendaki ? Ya iyalaaaah tapi setelah kita digerek ke atas, bayar sekian euro, lupa berapa dan tinggal lanjut sekitar 300 meteran hihi, eiit tapi jangan dikira itu ngga bikin hah heh hoh…cape kakaaaaak *euuh demen pisan saya nulis kakaaaak hari ini* hihi

Ada beberapa jalur yang bisa diambil, dari jalur hijau eeh jalur yang agak curam buat sampe ke puncaknya, atau menengah atau yang mudah, dan tentu saya pilih yang mudah dooong, meski mudah teteeeep hah heh hoh ..maklum faktor U hahay… Naeknya mah okelaaah, pas lihat ke bawah, halaaaaah ko takut ngegelinding sayaaaah, tapi masa kalah sama Kambing sih..?? Lho Kambing..?? ho oh kita ketemu rombongan Kambing yg santai bangeut merumput di lereng2 gitu, ya Alloooh saya lihatnya saja serem2 merinding gitu, dan mereka diketuai sama Kambing yang gagah, cakep dah 😍😍

Di atas, bertemu dengan perbatasan antara dua negara, Jerman dan Austria, ayooo berat yang manaaa..??? Pilih Jerman apa Austria..??? Indonesia dooong jawaban pastinya haha

IMG_1008.JPG

Saya jalan dr bawah sini niih..heh..hoh..

IMG_1028.JPG

IMG_1034.JPG

Puncaknya masih jauuuuuh..heh..hoh..

IMG_1039.JPG

IMG_1462.JPG

Lagi akur, Ina sama Atul😀

IMG_1010.JPG

IMG_1445

si Ganteng😀


IMG_1005.JPG

Ola, Ina, Atul sudah sampai puncak.


IMG_1058.JPG

Pilih mana ?

IMG_1068.JPG

IMG_1073.JPG

“Gerekkannya ”😀

Setelah puas futu-futu, turun kita buat makan siang, lanjut ke yang namanya Partnachklamm.  Kata mbah Wikipedia mah gini nih keterangan singkatnya,
The Partnach Gorge (German: Partnachklamm) is a deep gorge that has been incised by a mountain stream, the Partnach, in the Reintal valley near the south German town of Garmisch-Partenkirchen. The gorge is 702 metres (2,303 ft) long and, in places, over 80 metres (260 ft) deep. It was designated a natural monument in 1912. Kompletnya bisa tengok dimari. Indaaaah…cantiik…basaaaah.. dan saya membayangkan saat Winter nanti, terbayang air yang beku menggantung diantaranya, pasti cantik, dan saya pun mencarat WAJIB KESINI LAGI KALAU WINTER..!! Nah pake hurup gede semua biar inget hihi… Foto-foto duluuu…


Pulang ke Hotel, di daerah Oberammergau, kembali mata dimanjakan dengan pemandangan yang masyaAllah cantiknya, bikin adem jiwa cieeee..

Di Hotel kita diskusi lagi, mau kemana nih besok..? ke kota kecil atau ke gunung lagi ? Jawaban kita mah ke Gunung lagiiiii…!! Kali ini ke tempat yang sama 2 thn yang lalu ke Zugspitze, gunung tertinggi di Jerman, ketinggiannya sekitar 2950 m, mendaki oohh tidak atuuuh, kembali kita “digerek” ke atas, yang sukses juga bikin gemeteran kaki lihat pemandangan ke bawah hehe. Sebetulnya ada 2 cara sih, pakai kereta menyusuri desa lalu masuk ke dalam perut Gunung, dan itu sudah kami alami 2 thn yang lalu, komplit tentang gunung ini mangga lihat didieu :)

IMG_1338

IMG_1193

Lumayan sport jantung juga

IMG_1203IMG_1280IMG_1215

IMG_1432 (1)

Salju di musim panas🙂

IMG_1339IMG_1221IMG_1220IMG_1297

IMG_1293

Ngga tau lagi ngapain haha 


IMG_1357

Banyak cintah di ketinggian 2950 kaki ahaayyy..

Ditengah perjalanan pulang, ketemu Danau yang cantiik..aaahh emang daerah pegunungan ini dikelilingi danau yang benar-benar cantik🙂

IMG_1448IMG_1449

IMG_1383 (1)

Hihi aja deh😀

Cukuplah ceritanya, mangga selamat menikmati foto-fotonya, dan terakhir, nanti saya mau bagi2 postcard nih, kebetulan beli bbrp postcard, plus ada kartu post kota dimana saya tinggal Nürnberg dan dua kota tua yaitu Bamberg dan Kota inspirasi Pinokio Rothenburg o.d.Tauber
5 komentar pertama langsung dapat Postcard dan boleh milih, yang ke 6 selanjutnya, kalau banyak yang komentaaaar, diundi yaaaa… nanti saya tambah lagi 3 postcart deh..:)IMG_2490 Nürnberg,27.11.2015

177 thoughts on “Garmish-Partenkirchen

  1. Enak sekali mbak dirimu bisa liburan kayak gitu. Saya baru tahu lho klau di jerman itu terdapat banyak wisata gunung. Indah dan bersih fotonya. Ada kerekannya lagi, jadi nggak usah capek-capek mendaki.

    Kapan ya indonesia punya yang begituan. Kalau pun ada ntar pasti ada aja tangan jail yang ngrusak. Duh…. Enaknya tinggal di luar negeri yang rata-rata penduduknya gak pada jail ngrusakin milik publik😦

  2. Yayyyy. Akhirnya muncul juga. Setelah 3 bln yang lalu ya teh bilang mau post ini. *lgsbatalkasihakupostcardnih*

    Fotonya keren2 teh. Semua 5s apa bukan?

    Eh teteh. Itu post pertama masih di sticky ya si neng still the one? Hahaha.

  3. sukaaa banget liat foto gunung yang nomer dua teh.
    kliatannya gak dingin ya walau ada saljunya…
    btw mau banget nih teh naik gunung pake kereta gantung jadi gak perlu pake ngos-ngosan ya hehehhe
    salam
    /kayka

    • Hayuuuk ke Bayern/Austria ke pegunungan Alpen, rata-rata ada “gerekannya” hihi..
      Itu buat ke puncaknya naik sendiri mbak Kayka, saya sampai sumuk pdhl belum sampai puncaknya, trs nyerah, takut turunnyaaa..takut gelunduung hihi

      • ealah harus naik sendiri ya ternyata untuk sampe ke puncaknya. butuh waktu berapa lama teh sampe teteh nyampe ke tempat yang teteh nyerah itu?🙂
        kalau pake nglundung sih mendingan jangaaan hehehhee

        salam
        /kayka

      • Beberapa gunung ada yg harus naik sendiri, jalurnya macem-macem mbak, saya pake yang nguliiiir ngga terlalu curam, ya 30 menit mungkin ya..atau kurang malahan. Harus pakai sepatu yang buat wandern mbak, saya cuma pakai sepatu biasa tuh yang teplek hehe

      • Ngga juga hehe
        Makanya cari jalan yg landai, muteer ..resikonya ya jd jauh hehe

        Pake sepatu santai sih yg kaya buat OR, euuh apa namanya ya hihi

  4. Subhanallah Teh pemandangannya aduhaaii bagusnya. Kangen naik gunung dan lihat gunung ini. Di Belanda kan datar banget haha. Landai kayak pancake 😁 melihat foto2 Teteh jadi adem jiwa raga. Kalo winter gini mah dirumah aja kali ya. Sepedahan sebentar aja bibir sudah beku haha

  5. Ah, teteh, bikin saya tiba-tiba kangen Jerman. Kangen München dan sekitarnya. Pengen ke Neuschwanstein lagi. Kangen naik U-Bahn, keluar masuk tanah, Stadtwanderung, makan di Mensa, sarapan pake Brötchen dan selai plus telur rebus sama ngeteh, Geruch dan Stimmungnya itu… kangeeen huhuhu….

    • Kenapa komentarnya ngga masuk ya…? Jd telat balesnya iniih huhu maafkeuun teteh yaaa…

      Hayuuk atuh kapan ka Nürnberg lagi ? Sekarang pan udah ada U-Bahn ngga pake supir, jd bisa berdiri dipaling depaaaan hihi

      Teteh tdnya pengen pake Turkish ke Indonesia itu, trs pengen yg agak lamaan di Istambul, biar bisa jalan-jalan sebentaran, eehh tiket murahnya abiiiis huhu gara-gara galau nentuin tgl pulangnya dan perasaan sedih plus sagala, euuh ini nulis pabalieut alias ngga puguh gini, efek masih galau hihi

      • ih kirain komennya gagal kekirim. mau nulis lg, tp udah ngantuk banget.

        insyaallah, Teh, nanti ke sana lagi. entah kapan itu. doain ya, Teh.

        iiih, Teteh, belum jodoh ya kita kopdaran. eh tapi knp turkish airlines banyak promo ya. kalo berangkat dr sini, mahaaaal euy.
        gpp, Teh, yg penting bisa mudik. ke Istanbulnya mah ntar aja, ga usah transit. yg lama sekalian, ke cappadocia jg, naik balon hehe.

      • InsyaAllah maen ka Istambul.
        Iya banyak angebot ka Jakarta, kemaren cuma 483€-an … Trs perjalanannya juga ngga lama, pas pisan lah, tp ya gitu galaaaau antara pengen pulang, tp sedih ninggalin anak2 dan suami, soalnya insyaAllah pulangna sendirian.

        Eeeh nae Balon itu serem ngga sih..?? Kayanya Teteh takut sama ketinggian ..kayanya sih hihi

      • murah banget ituuuu. cuma 2 minggu ya? ah si turkish airlines mah gitu, tanggung kasih promonya hehe.

        saya belum pernah naik balon jg, Teh. tapi liat poto orang2, kok kayaknya asyik gitu. saya takut balonnya bocor trus jatuh hihi.

      • pokoknya mah tgl yang dimau sampai 3 minggu ke depan masih muraaah… eeehh pas besoknya mau klik lhooooo ko ilang..??😀

        Kalau bocor mah, khan turunnya pelan2 kayanyaaaa..kalau meledug taaah halaaaah…

    • Mereka lebih senang dibawa ke Gunung atau ke tempat2 kaya begini nih, tp kalau yg gadis2 mah, apalagi ada yg sulung ikutan, ya kalau bisa sambil belanja jugaaa haha
      Ada bbrp pdhl yg lagi pake tali itu, bodor itu anak 3 hehe

      Aaaah jadi malu dibilang romantis hihi

      • Bagus teh maennya ke gunung, daripada anak jakarta diajak maennya ke mall, gak ada gunung di sini hiks.. Kasian kalo orang di jakarta, kekurangan tempat wisata di dalam kota, kayak taman-taman atau area terbuka hijau. Kebayang serunya jalan sama anak-anak hahha

      • Wisata Mall kalau ke Jakarta mah hehe

        Eeeh anak-anak teteh mah ya, kaya baru turun dr Gunuuung, dan ngga pernah ke Kota non, pas di Jakarta lihat Mall yang sealaihim gambreng gede dan mewahnya hahha
        Maklum di Jerman mah Mall nya biasa ajaaaaaa.
        Nganga-nganga deh mulut mereka sambil bilang “waaaaah…woaaaaah..” 😄😄😄😄

      • Naaaah…anak2 teteh agenda ke dua setelah Pantai ya Mall ituuuu… Tp mereka kaget sama harganya yg lebih muahaaal dibandingkan di Jerman, jd ngga belanja merekaaa…palingan cuci mata dan makaaaan…haha
        Eeeh mereka suka belanja pernak-pernik gitu, yg kata mereka di Jerman mahal, mereka beli dah..samaaa bolong juga dompet teteeeh huhuhu

    • Dag dig dug plas gitu edaaaa…cuma dzikir aja dr naik sampe nyampe ke tanah hehe

      Hari Senin saya kocok dr yg komentar ke 6 Eda…mudah2an dapat kartupos nya, kalaupun ndak, saya siap kirim khusus buat eda ko.. alamatnya saja ke e-mail saya ya eda, ada dibbrp komentar di atas🙂

  6. Aaah telaaat bacanya, dah ga kebagian postcard ya 😑…

    Tapiii view nya baguuuus2 dan bersiiih, bikin betah 😍😍😍
    mana ada si ganteng teteh yang sadar kamera 😂,

    Yang hitam burung apa ya itu teh ?

    • Ada 7 mungkin yg teteh undi, siapa tau menang arisannya hehee
      Iya betah banget itu duduk2 disitu, lihat depan belakang kiri kanan, cakep semuaaa masyaAllah.. Ciptaan-Nya..

      Pantesan ko banyak yg item-item di tanah, ternyata ketemu rombongan mereka sama ketuanyaaaa 😂😂😂

    • Semoga dirimu keluar namanyaaaaa *berasa arisan* hihi
      Tp yg komentar disini insyaAlloh dapat juga ko, tp di bulan berikutnya, bulan Januari hehe
      Tp ya kartupos nya mungkin kota Nürnberg, gimana…?? atau nanti insyaAllah kalau Desember jalan ke Gunung, kartu pos gunung bersalju🙂

      • Aamiin…thank you, Teteh :* asyikkkk, aku mah yang mana aja boleh kok, Teh….udah bisa dapat kartu pos dari sana aja udah happy pakai banget 💟💟💟💟 Danke, Teteh…thank you ☺

  7. Teh, eta kambing ganteng teh? bole atuh salam #eh
    Awawaaaaaa… menggunuuuuungg… tiris pisan nya teh? jigana mun rani kaditu barentol disko, da kaligata tea.

    Teh, punten faktor U teh naon? yuswa teteh sabaraha kitu? *cuma nanya*😄

    • Gagah pisan nya eta kang Embe … hihi 😍😍😍😍
      Teu tiris atuuh, pan lagi musim panas tah, hareudang malahan mah hehe
      Iyaaah paktor USIA tah pake hurup besaaaar ..bilang jangan yaaaaa….*mikir dulu* 😁😁😁

      Udara pas Winter itu kering da, moal Kaligata sepertinya mah:)
      Hayuuk atuh kesini, buat membuktikan kalau kang Embe itu gagah dan ngga bakal Kaligata 😃

      • Teu jadi ketang teh, seganteng-gantengna embe itu masi kasepan domba garut dong! kan yg penting lokal!! *rani gelo teu teh?*😄

        Oh atuh oh perkawis usia ini sebaiknya jgn diperpanjang nya teh bilih sensanip. haha…

        Waw hareudang mah cocok jang rani bs moyan, rani mau kesana asal disuguhin jodoh teh😄

      • Haha cinta produk dalam negeri nya…sae pisan… 👍👍
        Euuh jangan Gelo atuuh, masa cantik2 gendeng hehe

        Ngga sensitip sih kalau teteh ditanya usia, bahagia malahan, Allah sudah memberi usia sampai sekarang, semoga barokah…aamiin..
        ABG sih yang pasti mah, Angkatan Beranjak Gocaaaap hihi
        InsyaAllah 3 “langkah” menuju setengah abad🙂

        Lha katanya pengen yang lokal nooon…???

      • “cantik2 gendeng” <—- ahahahahaa…. untung rani ga cantik teh😄

        Iya teh, tua mah pasti dewasa itu pilihan… aamiin yaa mujibasailin, semoga teteh sekeluarga selalu dalam lindungan allah swt dan dikaruniakan kebarokahannya.

        Ummm lokal jerman juga gpp teh *geje ginih* haha

  8. Waaaah Teh Wie… Ini mah bikin mupeng ngiri lalalili deh. Hihihi. Btw penasaran Teh, kalo di perbatasan di atas gunung gitu ada pos imigrasinya gak sih? *salah fokus pake banget

    • Hahaha, kebayang eta di puncak gunung, aya Pos kecil trs ada orangnya duduk nungguin, kayanya sudah berteman akrab sama si Embe nan ganteng :))

      Eh tapi beneran ya, teteh ko tiap jalan ke negara tetangga ngga pernah merhatiin pos imigrasi ya..?? Terlalu lempeng atau selalu tidur pas di mobil..?? hihi

  9. Waah itu pemandangannya bikin mangap lebar banget, mupeng dah ke sana teh. Gunungnya, langitnya, padang rumputnya, khas Eropa sekali, pantas saja dulu sejarahnya daerah Bavaria itu penuh intrik dan konflik, ternyata oh ternyata daerah yang mereka perebutkan itu seindah ini… sumpah saya nggak tahu mesti komentar apa lagi buat pemandangannya dan tempat-tempatnya, keren banget, saya cuma berdoa supaya suatu hari bisa ke sana :hihi.

    • Awaaaas ada Lalat masuuuuk..hihi
      Tapi memang Bayern/Bavaria itu pegunungannya cantik, berbatasan dengan Austria dan Swiss, ya masyaAllah dua negara itu, pemandangan alamnya bikin mangap lebar banget jugaaaa heheh

      aamiin…aamiin..aamiin…didoakan sama teteh bisa naek turun gunung di Bayern ..

    • Indah ya pemandangannya, mau masukkin foto banyak-banyak takuz bosen hehe..
      Kalau wisata alam memang ke Jerman Selatan yg berbatasan dengan Austria dan Swiss itu cantiiik.. Apalagi Austria waaaah bikin betaaah lama-lama di Gunung😀

  10. Subhanallah, Indahhh pisaaannn…..
    Wah, bisa ada salju ya di Musim Panas di ketinggian segitu ya teh..
    Kirain Winter waktu bakal banyak diabisin di rumah (hibernasi), beda ama teteh yang malah semangat buat piknik ke Partnachklamm (susah beut ngetiknya) lagi. *ditunggu edisi bekunya teh😀

    Teh futunya yang banyak membuat androku hah heh hoh gak sabaran (baca: kecapaian) buat ngebuka fotonya..😀

    *Aku gak bahas2 postcard koq teh (tetap still hope :D)

    • Ngga tau tuh selalu ada salju, dua tahun lalu malah puanaaas, mataharinya cantik sekali, kemaren mah mendung berat, berasa dinginnya, soalnya di bawah itu matahari cantik/terik, eeeehh makin ke atas, ko mendung dan angin.

      Hibernasi? waaah susaaah dan ngga mau, soalnya ntar kaya Beruang, eh kebalik ya, beruang mah selesai musim dingin jadi langsing, kalau teteh selesai musim dingin malah kaya Beruang yang mau hibernasi..buleeeet..hahaha

      insyaAllah, mudah2an kesampaian ke Partnachklamm pas putih.

      Dicateeeet..siapa tau keluar namanya.kalau ngga dapat, bulan selanjutnya yaaa…🙂

      • Hehe, entar pas di musim panas pasti lebih indah dan sejuk sewaktu keatasnya teh..

        Haha, banyak lapernya sih di musim dingin, banyakin jogging biar tetep langsing teh..🙂

        Siaaap, ditunggu teteh…

  11. Auwoooooooo…… ikut gemetaran liat foto-fotonya….hihihihi…liburanmu selalu seruuuuuuuu…..fotonya keyeeeennnnn…….postcard..ah aku udah punya banyakkk!!!! Dari siapa emang ? Ya dari yang punya blog inilah….hahahahaha

  12. Ping balik: Kartu Post ??  | NengWie

  13. Indah pisaaann landscape nya….
    Jadi pengen kesana… huhuhuhu…..

    Eh, itu domba kok bisa berada di atas sana? gak kedinginan apa?
    hehehe….

    • Hayuuuk Kaaaang ka Gunuung hehe

      Iya banyaaaak eta Domba di atas Gunung, beranian malahan, kumpul di Lereng gitu 😁
      Kelihatannya nyaman kang Domba itu di atas Gunung hihi

  14. *komen*
    *biar dapet kartu pos*
    *udah*

    Eh nggak jadi udah deh, gatel pengen komen tentang air terjunnya. Itu cantik banget yaaa sungainya diapit tebing tinggi gitu Bun, jadi pengen mandi

    • Ngga boleh nyemplung tuh di situ Non.. hehe tapi ada sungai yang cantiik, bebatuan gitu, sayang pas pulang itu, menjelang sore yang hangat sekali dan banyak yang berjemuuur ..hadoohh *tutup mata balik ke mobil*😀

      • Emut ka Teteh di Jerman teh saparantos abdi posting tentang album Djanger Bali. Album nu dirilis thn 1967 di Jerman setelah musisi jazz Indonesia, The Indonesian All Stars, selama sebulan tour konser di Jerman dan tampil mengejutkan di Berlin Jazz Festival thn 1967.
        Album Djanger Bali teu pernah didistribusikan di Indonesia. Baru2 ini dirilis disini. 48 tahun menanti untuk sebuah album jazz yg fenomenal…

        Salam,

      • Eeuuh abdi teua acan lahir kang, sataun deui hehe

        Waaah mudah2an taun payun tos aya nya kang, kaleresan bade liburan sakedap ka Bandung awal taun payun, insyaAllah…

      • Ah, janten terang, abdi langkung sepuh 4 taun ti Teteh…. Aduh lepat nyebat atuh pami kieu mah…
        Parantos aya ayeuna mah album na Teh. Seneng pisan…

        Salam,

      • Iihhh kang Titiiik…emang wajah abdi katingal sepuh pisan nyaaaa…?? hehe heureuy kaaang..

        Bade nyebat naon wae ka abdi mangga kang, Wie wungkul manggaaa..teu langkung raosna kitu. Nyebat teteh hayuuuk😀

        InsyaAllah ngagaleuh aaahh..

  15. terakhir ke Jerman sudah lebih dari 10 tahun lalu….dan nggak pegunungan….indah, ya.
    btw kambingnya bagus….tapi ah, dipikiran saya kalau llhat kambing sehat selalu jadi membayangkan makanan….

  16. Ping balik: Postcard from Nürnberg | Berbagi Kisahku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s