“Si Lumpur” nan legit

Bismillahirrohmanirrohiim..
Si Lumpur ini paling gampang buatnya, dan setelah mencoba bermacam-macam resep, akhirnya dapat juga resep sendiri hasil mengurangi dan menambahkan sedikit.
Karena ndak punya cetakan kue Lumpur, jd saya buatnya pakai Pirex,
Hasilnya buanyaaak… ๐Ÿ˜„
Naaah karena males kalau harus rebus kentang terus kupaa..terus haluskan, jadi saya ganti pakai Kentang pure bubuk, yg hasil jadinya itu sama dengan 500 gram kentang kukus yg dihaluskan.
Tekstur kue ini lembut dan rasa legit dr Santan.
Enaklaah pokoknya … kata kang mas dan tamu saya
yg baru nginep di rumah ๐Ÿ˜Š

Mulai yuuk :
Bahan :
– 6 kuning telur
– 3 putih telur atau 2 saja… Sisanya putih telur bisa dibuat
Macaron ๐Ÿ™‚
– 200 gr gula pasir, kalau ini menurut
saya mah sudah maniiis..mangga
kalau mau ditambah sedikit.
– 500 gr kentang yg dihaluskan.
Kalau saya sebungkus kentang bubuk
buat pure kentang.
– 200 ml santan, saya mah pake santan
Instans sajaaa ๐Ÿ˜ƒ
– 150 gr mentega dilelehkan, saya
pakai Butter.
– 1 bks vanilli zucker/ vanilli suka2 deh
– 150 gr tepung terigu.
– Kismis secukupnya.
Cara buatnya :
– lelehkan mentega/butter, dinginkan
– masak kentang sesuai aturan kalau
pakai yg bubuk, dinginkan
– Kocok Telur dan gula sampai
mengembang.
– masukkan kentang halus, terigu
– Santan, aduk rata.
– Tuangkan mentega/butter sedikit2
sampai rata.
– tuangkan adonan ke Pirex atau
Loyang persegi setelah dioles mentega.
– bakar dengan suhu kurang lebih 160 derajat
kira2 35 menit, sesuai tebalnya Kue.
– setelah setengah matang, baru taburkan kismisnya,
biar ngga tenggelam.
Periksa saja apa sudah matang atau belum,
bisa berbeda2 waktunya tergantung Oven masing2.

Oh yaaa bisa pakai Loyang Brownies atau loyang
muffin, kalau pakai loyang Muffin jangan tebal2 yaaa.
Soo wilujeng mencoba, mudah2an cocok.

Achso yaaa… Resep ini dibuat atas permintaan mbak
Lies…mbak Lieeees ayoo barter sama itu yg kemaren
digoreng yg dr ketan ๐Ÿ˜€

Kalau kata mbak Prita mah kue Lapindo hehe

20131103-211517.jpg

Hasil @@@###???!!!

Masih ingat tulisan saya kemarin? https://nengwie.wordpress.com/2013/06/11/d/ย Naah, jam setengah sapuluh sudah keliling naik sepeda buat balanja ka warung, pertama warung khusus sayuran dan buah, tujuannya cari Toge buat bikin Tahu Tek Surabaya ala teteh tea ๐Ÿ˜€
Alhamdulillah ada si Toge teh, langsung gowes ke warung serba aya, beli Ayam, paha atas bawah wungkul eh dowang, buat bikin ayam goreeng kesukaan Ina, terus keju, terus tomat terus daging cincang buat bikin sepageti bolognese pesenan cep Atul.
Eehh coba deh ke gugeltranslet, ketik “saya mau makan ayam goreng” ke bhs Jerman trs balik dr bhs Jerman ke Indo, trs dengar cara pengucapannya, naaah yg diucapkan Ina persis kaya begitu ๐Ÿ˜€
Mbak Ika sama mbak Tintin bilang kurleb “hebat nih mamanya Atul” hehe Danke..Danke…hatur nuhuuuun…, sebetulnya yg saya buat gampang semua ko, makanya saya buat itu semua pesanan mereka.
Buat tahu petis, cuma goreng tahu saja, kacang beli yg sudah jd di kalengan gitu, bawang goreng pun sudah jadi. Sebelumnya, tahu putih saya rendam dulu pakai campuran garam, bawang putih bubuk sama ketumbar bubuk. Pulangnya langsung potong2 ayam, bumbuin trs simpan di kulkas, langsung buat saos sepageti, rebus pastanya, sambil nunggu pd mateng, ulek2 bumbu petisnya, sambil goreng tahunya. Setelah semua selesai, baru goreng Ayam.
Aahh teu usah panjang lebar yaah, ini laporan hasil kemaren
.

20130612-074822.jpg

20130612-074908.jpg

20130612-074921.jpg
Oh ya, saya mah makannya, Sepageti bolognese, campur timun dan toge plus sambil nyocol tahu ke bumbu petis sesuai komentar mbak Tintin kemaren penampakkannya? Jangaaaan dong ๐Ÿ˜€

Kelepon

Kemaren sore pas lagi duduk-duduk ngobrol bareng Ina, tiba-tiba pengen buat sesuatu buat cemal cemil, buka laci dapur, terus nemu tepung beras ketan sekitar 250 gr lebih dikit, trs punya pasta Pandan bawaan kang mas kemaren, kebetulan ada gula jawa, tadinya mau buat Cendol, tapi bosen, terus eeh nemu kelapa parut kering, jadi dapat ide buat Telepon eh Kelepooon ๐Ÿ˜€ buat yuuuk gampang lhooo.

Bahannya :
250 gr tepung beras ketan
150 ml air
2 tetes pasta pandan atau suka2
1/2 sendok teh peres garam
Gula jawa yg diiris, kemarin ngga saya timbang, pokoknya iris, kalau kurang ya iris lagi hehe
Satu genggam kelapa parut kering.

Caranya :
Campur tepung dan garam, lalu beri air yg sudah diberi pasta pandan sedikit-sedikit, uleni dengan tangan sampai adonan dapat dibentuk.
Lalu ambil adonan sesuai keinginan, bentuk bulat, pipihkan dan isi dengan gula merah, tutup, puter2 buat seperti bola.
Masukkan bola2 ke panci yg sudah berisi air mendidih, tunggu sampai ngambang,lalu gulingkan ke parutan kelapa, und woalaaa jadi deeeh.
Oh ya kelapa kering tadi beri air dua sendok makan, lalu masukkan ke microwave 800 watt 1 menit saja atau dikukus sebentar.
Untuk 15 – 18 Kelepon

Wilujeng berhari Kamis, oh ya disini mah Hari Bapak nih ๐Ÿ™‚

20130509-081532.jpg

Erdbeerkuchen

Sudah banyak dijual Erdbeeren atau Strawberry di warung-warung, biasanya Juni ada beberapa ladang yg buka untuk umum dan boleh metik dan makan sekembungnya hehe eh sebelumnya bayar dulu atuuuuh ๐Ÿ˜€
Naah disini mah, sudah ada Bodennya
eh kue jadi yg khusus buat buah2an, bentuknya mirip pie gitu, tp teksturnya dan rasanya kaya bolu.
Ini yg menata Erdbeeren nya Ola sama Ina, yg motong2 Ina.
Terus masak seperti agar2, atau jelly khusus, buat bikin kinclong sama merekatkan itu buah2an, di Indo kayanya banyak di toko bahan kue, atau ganti agar2 atau Jelly gitu. Tata Erdbeeren di atas kue, siram sedikit demi sedikit dgn yg mirip agar2, biarkan sampai dingin, terus sikaaaaat eh makaaan ๐Ÿ˜€

20130427-220632.jpg

Besok pagi siap2 buat bikin Bolu Pandan hijau yg dikukus, mudah2an ngembang, plus Bubur Ayam pesenan Ol.

Hepi Minggu yaaaa…. *setrika kebaya buat Kartinian ๐Ÿ™‚

Ketika rajinnya kumat :D

Minggu-minggu lalu, kerjaan senengnya masak ini dan itu, bikin ini dan itu, diantaranya ini niihhh

Image

Siomay dan Siomay gulung

Gara-gara habis kulit pangsit buat Siomaynya, terus liat-liat ada Kembang Tahu kering..rendam..terus isi bahan Siomay, gulung, bungkus Alufolie, terus rebus..jadi daahh… ๐Ÿ˜€

Terus coba buat ini lagi, pertama dipanggang, kedua dikukus, nah ini yang dikukus, lembut dan aahh enak deehh..hehehe

Image

Bolu Ketan Hitam kukus.

Terus buat ini juga karena anak-anak pengen makan Lontong Kari ayam,

Image

Lontong Kari Ayam

Ada lagi sih Kue bolu Pandan, tapi ini Pasta Pandannya keburu habis, jd warnanya pucat, terus dibuka duluan sama Ina..turun deeeh..tapi tetep lembut kooo…hehehe

Bolu Pandan.

Bolu Pandan.

Tutug Oncom ala Nรผrnberg

Dari jaman kapaaaan baca status orang, cerita orang di Bandung soal nikmatnya makan Nasi Tutug Oncom, terus liat-liat di mbah Gugel foto2nya..resepnya, ngga sulit ternyata…tapiiiiiii….. yang bikin bete duluan dan males, disini mah ngga ada eta si Oncom teh ๐Ÿ˜ฅ

Setelah tertunda sekian bulan, akhirnya dapat informasi, kalau Oncom, bisa diganti dengan Burger yang buat Vegetarian, dibagian Bio ย Langsung semangat lagi deh buat bikin si TO ini.

Pertama dapat di supermarket besar, bentuknya mirip daging burger, cuma agak kering, pertama masak, kayanya kebanyakan nasinya deh..:) terusย yang kedua, dapat di supermarket kecil dan yang ini lebih gurih ternyata..alhamdulillah, lebih berasa Oncomnya.

Kemarin buat lagi TO karena sudah janji sama sobat yang kepengen banget makan TO, ย karena seumur-umur belum pernah kenal sama Oncom ๐Ÿ˜€

Ini nih cara buatnya dengan resep sesuai selera sayah tentunyaah ๐Ÿ˜€

Bahannya :

– Satu kotak Burger Vegi, kurleb 180 gr

– Kencur sejempol kalau saya mah 2 jempol..bukan jempol gendut yaaah..soalnyaย saya suka pisan aroma Kencur.

– 6 buah Cabe merah, aslinya mah diulek, saya mah diiris sajaaah.

– 6 siung bawang merah

– Bawang putih 1 siung, berhubung saya ngga doyan bawput, saya ngga pake…:D

– Garam, gula pasir secukupnya

– Minyak buat menumis.

– Nasi 4 piring gitu.

– Daun pisang

– Ikan asin, lalab sambel dan jangan lupa Kurupuuuuk…sebagai teman makannya.

Cara membuat :

Haluskan Bawang merah, Bawang Putih, Kencur, lalu tumbuk kasar saja itu si “Oncom”

Siapkan wajan, panaskan minyak, tumis semua yang sudah dihaluskan..plus irisan cabe merah, setelah wangi, masuk Oncom, beri garam dan sedikit gula pasir, pengganti penyedap. Aduk2 sampai wangi kurleb 3 menitan deh, lalu masukkan Nasi yg sudah matang yaaa.. mirip nasgor deh jadinya. Cicipi..lalu angkat.

Bungkus Daun pisang, lalu bakar sebentar, aroma daun yang dibakar bikin Nasi TO lebih muantaaab daah, tapi ngga dibakar lagi juga okeh kooo..

Image

TO yang pertama

Image

TO yang kedua, makan malam kemaren.

Image

Edisi kumplitnya..pake pepes ikan.

Yo wes… tinggal dinikmati eh dimakan..hhmmmm..nyam..nyam…Leckeeer..:)

Teee….Sateeee..!!!

Hari Minggu itu hari masak yang agak gimanaaa gitu, sejak kapan hari, kepengen makan Sate. Ajak kang mas beli daging Sapi Muda, buat dibikin sate ala Mamah Dewi ๐Ÿ™‚
Lebih enak pakai daging sapi yg masih brondong, ๐Ÿ˜€ karena dagingnya ngga alot dan cepet empuk.
Lagi emoh sate embe juga soalnya.
Ini bumbu buat merendam dagingnya.

1 kg daging sapi muda/kambing/ayam potong sesuai ukuran sate deeh.
3 sdm ketumbar bubuk
1 sdm bawang putih bubuk
2 sdm minyak goreng
2 sdm madu
Kecap manis dan kecap asin secukupnya
5 sampai 10 Daun jeruk purut iris halus.
Aduk semuanya, biarkan daging 2 jam taruh di kulkas yaaah.

Bumbu kacang :
1 gelas pasta kacang/pindekaas 500 gr
100 ml air
1 kaleng santan/ 400 ml
Gula merah secukupnya
Garam secukupnya
10 atau lebih daun jeruk purut, buang tulangnya.
Biasanya saya suka pakai bawang putih bubuk sedikit, sambel ABC apa Indofood sedikit biar warnanya agak cantik, ngga pake jg ngga apa3.
Semua campur, masak sampai keluar minyaknya/kental.

Acar nya mah sudah pada bisalah buatnya, Timun, wortel, bawang merah, cabe rawit potong suka2, kasih cuka dan gula sedikit, bereees.

Bakar sate, sajikan dengan lontong/nasi, acar dan kurupuk, kasih kecap juga.
Selamat makaaaaan …:)

20130322-123454.jpg

20130322-123507.jpg

Empek-empek Adaan

Hari Minggu kemaren, pas buka kulkas, eeehhh lihat kinca sisa yg buat cendol, sengaja buat kinca tanpa daun pandan, biar bisa dipakai masak, atau untuk campuran yg lain.
Buka freezer, lihat ada ikan victoriabars fillet, nah ikan ini punya aroma persis ikan Tenggiri, dagingnya ngga pyar kalau dibuat Siomay atau empek-empek. Dan memang saya sukanya pakai ikan ini kalau buat Siomay/Empek2.
Resepnya? Ubek2 mbah gugel, tp akhirnya pakai resep feeling hehehe, but hasilnya enaaaak kata orang rumah, herus bilang enak, kalau ngga emakna ngga bakalan bikin lagi alias pundung bin mutung ๐Ÿ˜€
Orang rumah sukanya jenis Adaan, tp tanpa santan. Lebih mudah ngga ribet.

Bahannya Empek2 Adaan ala Teh Dewi
1 kg fillet ikan victoriabars/ Tilapia
500 gram kanji
400 ml air
3 sdm garam
1 sdm kaldu ayam (ngga juga ngga apa2)
2 telur ayam kocok lepas.
2 sdm atau 1 sdm gula pasir.
Bawang merah 5 atau 6 siung, iris/cincang
Bawang daun 2 batang, iris halus.
Timun
Minyak buat goreng

Buat Cuko :
250 gr gula merah, iris
350 ml air kurleblah… Lihat saja sesuai keinginan encer/kentalnya.
Garam secukupnya
Cabe rawit secukupnya, tergantung kesukaan pedasnya. Saya mah cemplungin cabenya, soalnya anak2 ngga doyan pedes, biar gecek sendiri deh.
Air asam jawa, naaahh suka2 juga hehehe
Bawang putih 3 dikeprak.

Caranya :
Ikan haluskan, saya pakai kuchenmaschine, lalu pindahkan ke mangkuk, beri air, aduk rata, lalu masukkan garam, aduk lagi sampai terlihat kental, baru masukkan gula dan kaldu aduk rata. Lalu campurkan telur, aduk terus sampai rata. Masukkan bawang merah dan bawang daun, lalu masukkan kanji, asal kecampur saja yaahh soalnya ntar jd keras dan alooot.
Saya ngaduk Kanjinya pakai centong nasi, krn kalau pakai tangan takut terlalu alot.
Adonan lembek ini mah, ambil 2 sendok, adonan bisa dibentuk pakai bantuan sendok, atau pakai tangan persis kalau bikin baso daging, goreng sampai kuning dgn api sedang.
Sajikan dengan cuko dan irisan Timun.
Nyam…nyaaaamm….

Cuko mah buatnya semua bahan masukkan didihkan, jadi.

Di foto ada empek2 lenjer, iseng coba coba, bentuk pakai tangan yg dibalur kanji yg buanyaaak, rebus, ngambang angkat, dinginkan lalu goreng.

20130319-134623.jpg

20130319-134650.jpg

20130319-134717.jpg

Doool..Cendoool …!!!

Sudah lamaaa, Ola pengen Cendol.
Sebetulnya waktunya ngga pas nih, soalnya sejak Jum’at suhu turuuun terus, tp alhamdulillah, Jerman selatan mah ngga dihujani salju, suhunya pun diatas 0, beda sama yg di utara dan tengah, yang suhunya beda 10 derajaaat !!!
Pagi jam 9 sudah prak prik prek di dapur, dibantu Ola pastinya.
Ayo mari kita kemon Olaaa… ๐Ÿ˜€
Oh ya ada 2 resep yg saya coba, wiih rajin yaah hehehe tp cuma ngebalik takaran Kanji sama Tepung Berasnya doang. Karena ngga ada daun suji, dan kebetulan punya pasta pandan, ya pewarna cendol pakenya itu.
Sebelum lupa, ngga ada cetakan banyak pilihan, tp akhirnya pake parutan yg bolongnya gedeee, ada sih tempat sendok ikea, bolongnya pas, tp lagi males nyuci ๐Ÿ˜€
Pokoknya jadi laaaah.

Ada yg warnanya hijau tua, itu banyak kanjinya atau Hunkuwe, yg agak muda, resepnya dibalik tuh hehe
Resep bikin cendol ternyata banyaaaak sekali, sampe bingung, aahh bismillah kira2 dalam bayangan enak, ya bikiiin.
Ini buat 12 gelas tinggi yaah

Bahan cendol :
150 gr hunkuwe/ kanji/maizena, tepung hunkuwe ada jg versi toko asia sinih ๐Ÿ˜€
50 gr tepung beras
1300 ml air
1 sendok makan pasta pandan, atau kira2 sesuai warna yg diinginkan.
1 sdt peres garam

Kinca :
150 gr gula jawa, iris kalo rajin, saya seblok gitu cempluung hehe
4 sdm gula pasir
250 ml air

Santan :
1 kaleng santan
Air secukupnya dan garam

Nangka potong kotak2 kecil dan alpukat (kalau suka) jangan lupaaa nya.

Cara buatnya :
Tepung campur dgn garam, dan sedikit air biar nyampur dan ngga gumpal, masuk pasta pandan, lalu ke panci isi air, masak sambil diaduk2, jangan ditinggal, aduuuuk terus sampe kalis.
Sisihkan.
Ambil mangkok besaar isi air dan es, ambil adonan, cetak, biarkan cendol jatuh ke air dingin.

Kinca mah semua masak sajalaaah, semua dimasukkan, sampe mendidih.

Santan jg begitu, campur air dikit, kasih garam, jadi deh.

Cara penyajiannya suka2, Kalau kita mah, Kinca, cendol, nangka, alpukat lalu santan dan es batu.
Voalaaaa… Guten appetit โค

20130312-151938.jpg

20130312-151959.jpg

20130312-152101.jpg

20130312-152136.jpg

20130312-152159.jpg

Von meinem iPhone gesendet