Doool..Cendoool …!!!

Sudah lamaaa, Ola pengen Cendol.
Sebetulnya waktunya ngga pas nih, soalnya sejak Jum’at suhu turuuun terus, tp alhamdulillah, Jerman selatan mah ngga dihujani salju, suhunya pun diatas 0, beda sama yg di utara dan tengah, yang suhunya beda 10 derajaaat !!!
Pagi jam 9 sudah prak prik prek di dapur, dibantu Ola pastinya.
Ayo mari kita kemon Olaaa…😀
Oh ya ada 2 resep yg saya coba, wiih rajin yaah hehehe tp cuma ngebalik takaran Kanji sama Tepung Berasnya doang. Karena ngga ada daun suji, dan kebetulan punya pasta pandan, ya pewarna cendol pakenya itu.
Sebelum lupa, ngga ada cetakan banyak pilihan, tp akhirnya pake parutan yg bolongnya gedeee, ada sih tempat sendok ikea, bolongnya pas, tp lagi males nyuci😀
Pokoknya jadi laaaah.

Ada yg warnanya hijau tua, itu banyak kanjinya atau Hunkuwe, yg agak muda, resepnya dibalik tuh hehe
Resep bikin cendol ternyata banyaaaak sekali, sampe bingung, aahh bismillah kira2 dalam bayangan enak, ya bikiiin.
Ini buat 12 gelas tinggi yaah

Bahan cendol :
150 gr hunkuwe/ kanji/maizena, tepung hunkuwe ada jg versi toko asia sinih😀
50 gr tepung beras
1300 ml air
1 sendok makan pasta pandan, atau kira2 sesuai warna yg diinginkan.
1 sdt peres garam

Kinca :
150 gr gula jawa, iris kalo rajin, saya seblok gitu cempluung hehe
4 sdm gula pasir
250 ml air

Santan :
1 kaleng santan
Air secukupnya dan garam

Nangka potong kotak2 kecil dan alpukat (kalau suka) jangan lupaaa nya.

Cara buatnya :
Tepung campur dgn garam, dan sedikit air biar nyampur dan ngga gumpal, masuk pasta pandan, lalu ke panci isi air, masak sambil diaduk2, jangan ditinggal, aduuuuk terus sampe kalis.
Sisihkan.
Ambil mangkok besaar isi air dan es, ambil adonan, cetak, biarkan cendol jatuh ke air dingin.

Kinca mah semua masak sajalaaah, semua dimasukkan, sampe mendidih.

Santan jg begitu, campur air dikit, kasih garam, jadi deh.

Cara penyajiannya suka2, Kalau kita mah, Kinca, cendol, nangka, alpukat lalu santan dan es batu.
Voalaaaa… Guten appetit ❤

20130312-151938.jpg

20130312-151959.jpg

20130312-152101.jpg

20130312-152136.jpg

20130312-152159.jpg

Von meinem iPhone gesendet

71 thoughts on “Doool..Cendoool …!!!

    • Nuhuuun.. Jd pinter karena dipaksa Neng, soalna khan ngga ada yg jual.
      Naaah kalau mbak Tintin mah beneran kreatip. Teteh mah ya bikin yg dr jadul ada di Indo🙂

      Sok atuuuh belajar masak…

  1. Iya ya teh, resep cendol tuh banyak banget. Dulu waktu aku bikin juga cuma pakai tepung hungkwe aja, gapake tepung beras lagi. Jadinya kayak ager2 gitu malah.. Agak “ringan”.. Suka juga sih.. Enaaaak.

    Sayangnya suami ga suka. Jadi kalo bikin sendiri, ga ada yang nemenin makan deh.. Hiks hiks

    • Jadi kembali ke selera masing2 ya Be, teteh jg lebih suka yg lebih banyak kanji/hunkuwe eeh nulisnya gimana sih ? Hehehe
      Ada jg yg buat murni pake Maizena lho. Jd teteh jg masih coba2 lagi nih… Ntar kalau kumat rajinnya😀

      Bagi teteeh kalau bikiiin … Kiriiim ..!!🙂

    • Iya seger kalau diminum pas panas2 yah, lhaa ini mah masih pagi trs suhu juga minus ….
      Udah pada “kebelet” pengen Cendol, pagi, siang malam minum juga🙂

  2. waoooo lagi rajin nih. Koq dapat gula jawa? Ada yg jual disono? Apa-apa klo kangen makanan khas indo harus bikin sendiri yah. Aku belum pernah nyobain tuh.

    • Iyaaaa… Hehehe
      Pengen tau bedanya mbak Ina, jadi setelah nyoba bikin yg pertama super cepat dan gampang, yo wes nyoba resep yg kedua, yg dibalik itu. Tapi setengah resep gitu.

      Ada yg jual gula jawa dlm bentuk gelas gitu, ini dari malaysia kalau ndak salah, kalau pengen bener2 made in Indo, bisa pesen di toko indonesia.
      Ntar pulang beli gula jawa yg agak banyak aaah hehehe

      Ayo cobain bikin mbak Ina, guampaaaang lho.

      • klo aku suka cendol (baca dawet) yang dari beras. rasanya khas banget. insyallah kapan yah ntar nyobak juga.

  3. rajin amat mbak kamu bikin cendol😛 …. warnanya sungguh menggoda, sayang aku nggak punya pewarna mbak, yg dari toko Indonesia sdh habis , jd kalau bikin cendolnya ntar putihan aja😛

    • Ngga juga mbak Tintin itu bikinnya dikit2, setengah resep.
      Ntar kalau pulang, wajib beli cetakan cendol.

      Wah malam juga langsung habis, berhubung gula merah cairnya ngga pake pandan, jd dibuat bumbu empek2 deeh …🙂

    • Sebetulnya cocoknya itu diminum eh apa di makan ya? *mikir*😀
      pas lagi panas harinya, ini suhu di luar masih minus, bikin2 es cendol hehehe pokoknya enak sajalaahhh🙂

      Terima kasih gelas kosongnya..lumayaann nambah lagi persediaan gelasnya..*lhooo..??😀

      • ahahaha… maksudnya tuh gelas diidi es cendol, teteh!!😛
        Jogja udah sore menjelang maghrib nih, mana hujan lagi, gak cocok makan/minum cendol.. hehe
        di Jerman msh siang ya teh?

      • Achsoo minta Cendol toooh…pdhl sudah bahagiaaa hehehe
        Ya sudah teteh sodorin empek2 aja deh🙂

        Oh iya beda sama Indo bagian barat 6 jam, disini masih jam 12:55 siang, mangga wilujeng sholat maghrib sareng isya…

  4. Wah Muales kalau bikin ribet, mending beli kan bertebaran kok mau dawet ijo, dawet daun suji, dawet ayu sampai dawet ireng ada semua di dekat rumah hehehehe..
    jelas lah la wong aku di indo pusatnya dawet coba dijerman da yang jual dawet keliling mas mas bule dorong gerobok hahaha

    • Iihhh ya samaaaaa atuuh, kalau teteh tinggal di Bandung/Indo mah, ngga kebayaaang bisa bikin Cendol segala, khan segala bisa beli, tinggal nunggu atau datengin mamangnya hehe

      Tp lucu juga ya kalau ada mamang2 Bule gitu dorong2 gerobak sambil tereak “Dool…Cendool..” Hihi

  5. Ping balik: Es Cendol | grossekochbuch

    • Beberapa hari yg lalu bikin Cendol, anak-anak tiba2 pengen Cendol, padahal lg dingin2nya itu hehe

      Iya waktu itu belum punya dan ngga kepikiran beli spätzlepresse.. Sekarang sudah punya cetakan cendolnya, bawa dr Indonesia pas pulang tahun lalu🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s