Oseng Cumi cabe hijau

Sudah lamaaaa pengen Ca Kangkung pake Udang, tp susah bangeeeeud nemu Kangkung😦
Waktu ke toko Asia, malah nemu Cumi2 yg belum dikupas, berharap bakalan iteeem hasilnya kaya di Indonesia, kebayang deh dimasak cabe hijau kayanya enak, begitu yg ada dipikiran saya teh,🙂 setelah dibersihkan, tulang yg transparannya dibuang juga giginya, mulai bikin bumbu, seperti biasa, masakan saya mah jarang bangeuud diulek, iris2 lalu lempar😀

Bahannya :
500 gr cumi segar
Bumbunya :
1 siung bawang Bombay agak besar, iris tipis suka2
3 siung bawang putih, geprek.
2 ruas jari Jahe, geprek
2 ruas lengkuas, geprek
10 cabe hijau, iris serong.
Kalau mau pedes, boleh kasih irisan cabe rawit hijau atau cemplungin saja.
Satu batang Serai, ambil putihnya, geprek
2 lembar Daun salam
Garam, gula pasir secukupnya.

Caranya:
Semua bumbu tumis sampai wangi, masukkan Cumi2nya, kasih garam, gula, ngga perlu pakai air, setelah Cumi
genduuuut, cicipi lalu angkat, jangan lama2, ntar Cumi jadi alot.
Sooo kata kang mas mah leckeeer…hehehe harus bilang enak!!! Kalo ngga, ogah masak lagi….:D
Sayang disayang warnanya ndak ireng.. Yo wes liat saya ajalah kalau soal ireng mah😀

20130411-211907.jpg

20130411-211915.jpg

104 thoughts on “Oseng Cumi cabe hijau

    • Ngga item banget sih, jadi agak lila gitu warnanya hehe… Lumayanlaaah.
      Tp paling enak mah kalau Cumi asin hhhmmm…yummy pisaaan. Cuma gorengnya itu yg duuuh bau kamana-manaaaa😀

      • hehehhe belum aja pada ngerasain kan teh🙂

        btw teh kalo cuminya beli di warung biasa yg udah dikupas itu ok juga kah?

        salam
        /kayka

      • Boleh aja pakai Cumi yg sudah bersih, di warung2 Jerman mah rata2 udah putih bersih yaah, potong bulat atau kerat2 malang melintang😀 hasilnya cantiiik deh, melingker gitu, kasih Paprika merah, kuning Ijo.. Hhmm jadi pengen bikin lagi🙂

        Von meinem iPhone gesendet

      • Wuaaaaaaaaaa…. ngga ridhoooo kang mas bisik2 sama Mbak LIiiiiiiiiiiiiiiiieeeeeeeeeessss…..!!!! hehehe

        Kalau mas Tri mah, semua masakan teteh itu enak, ngga pernah bilang ngga enak..jadi pantas diragukan kebenarannyaaahh…kalau dibilang ngga enak, trs istrinya mutung, repot mas Trinyaaa… *istri ndak baik niih*😀

  1. daku maren bikin cumi asin tapi ga digoreng kasih air dikit, bumbunya kog sama ya cuma ga kasih garem lagi, dan lengkuas-jahe-sereh ga ku geprek loh, irisiris aja..

    • Kebayang asinnya kalau dikasih garam lagi hehehe
      Kalau lg ngga males tteh jg suka iris2, pokoknya mah suka2.
      Pengen juga Cumi asin, udah lama banget ngga makan tuh.

      Eehh ada kopdaran ya mbak Tin… Yaaahh kelewat meluluuuu😦

      • Titip salam buat teman2 ya mbak Tintin..
        Ada juga dijual tp jarang banget nemu Cumi asin,
        ntar bawa cumi asin aahh kalau pulang ke Bandung hihihi

      • Pernah bawa ikan asin banyaak..macam-macam pula, tapi saya goreng dulu sih.. mungkin ngga terlalu bau ya kalau udah digoreng.

        Lha khan kalau ikan mah ngga apa-apa biasanya kecuali daging sama produk susu bukan yg dilarang? atau petugasnya pengen nyicipin cumi asin heheh

        Ma’kasih mbak Tintin..
        eh mas Tri masih di atas nih..kayanya mau Landing pesawatnya..inshaAllah sampai jam 15-an gitu.

      • Cuma seminggu doang mbak Tin…Iya langsung ke Pemalang.
        Kayanya ngga sempat kekejar keretanya, soalnya kata kakaknya mas Tri, Jum’at sore biasanya macet kalau ke Gambir, mungkin ke Tanggerang pakai bus..mudah2an selamat sehat sampai tujuan..mohon doanya ya Mbaaak….

      • jumat sore iya macet, tapi naik bus damri cepet kog sampe gambir.. dan kereta ada yang malam dari gambir mo ke semarang, bisa turun di pekalongan ato tegal [kalu kereta eksekutif], disitu dijemput sodara gitu..
        semoga lancar ya teh..

      • jam segini damri blom macet teh.. langsung naik damri aja ke gambir terus pesen tiket eksekutif yang lewat semarang ato surabaya yang lewat jalur utara.. pasti berhenti di tegal ato pekalongan.. itu deket pemalang toh.. dari sana bisa minta jemput sodara..

    • Iya teh Novi, kurupuk mah wajib lah…!
      Beres makan teh dilemotan tah si panangan teh, wios lah dibilangin jorok oge hehehe
      Wilujeng tuang atuh, masak naon dinten ieu?

      • Praktis nya Teh, sama siga abdi, kebetulan Mas Tri lg ka Indonesia, jd masak makanan bule aja anu gampil😀
        Saya mah ngadadar atau ceplok ajalah hehehe
        Eehh ngagoreng kurupuk paling oge.

  2. aku suka banget teh makan sea food, paling favorit ya cumi! pokoknya sebulan sekali musti menyisihkan uang belanja buat makan udang, tuna, cumi, kepiting *lap ences yg tiba-tiba netes😀
    maklum, di indo sea food kan lumayan mahal😦
    itu teteh masak cuminya gak dipotong-potong? soalnya aku klo beli cumi bentuknya lingkaran kayak cincin gitu.. belum pernah liat cumi dan sea food yg lain dlm kondisi mentah, taunya udah di piring aja.. hahaha😛

    • Iya sengaja ngga teteh potong2, lagian ngga besar2 ini mah Cuminya juga, nemu di toko Asia nih, masih berwarna asli, meski tintanya sudah ndak ada, biasanya mah putih bersiiih.
      Eehh kalau agak besar dan putih, bisa diisi tuh badannya pakai campuran cincang ayam dan udang… Kukus trs kasih bumbu asam pedas manis hhhmmm jadi pengen hehehe.

      • teteh cpt bgt reply nya.. lg nongkrongin wp ya? di situ dah hampir subuh ya teh? aku lg break ngajar nih.. hihi

        aku gak pede teh masak sea food, apalagi cumi.. takut msh amis.. klo udang udah sering, dibikin cap cay atau digoreng tepung.. ah jd laper, td blm sarapan😦

      • Lagi ngga bisa tiduur… ini sudah jam 03:37 pagi.
        Td semenjak sore waktu disini, kehilangan kontak sama kang mas yg kebetulan terbang ke Indonesia, sampai subuh waktu Indo, kang mas blm sampai di rumah Eyang… Naaah barusan dpt sms dr kakak ipar kalau pulsanya mas Tri habis, krn terima telpon dr Indo.. Ngga mau ribet dia mah, suruh ganti nomer , ndak mau, tetep bawa2 nomer Jerman jd kena roaming daah.
        Alhamdulillah sudah sampai… Legaaa dan sekarang terasa ngantuknya hehehe
        Ini dr hp, tiap ada komentar masuk, bunyi hp nya,kebetulan ndak dibikin mingkem😀

      • oh.. mas suami lg pulkam ya teh? pasti daftar titipannya teteh puanjang bgt nih.. hihi
        alhamdulillah klo udah sampai Indo dg selamat..
        yaudah, teteh tidur dulu gih..

      • hehee..ngga pesen macem2..minta dibelikan Pasta Pandan saja, buat bikin kue bolu Pandan..:)
        Tapi kalau kang mas mau belikan yg lain mah ngga nolaaaak..hehehe

        Udah bangun lagi nih..lagian ngga bisa tidur juga..tidur jam setengah 4, bangun sholat shubuh..coba merem..eh ngga bisa, jadi jam 7 sudah turun🙂

  3. tintanya merah ya teh?
    dulu waktu di arab ada cumi gede2 tapi tintanya merah kurang sedep. saya sama temen pilipin rajin beli. temen india sama pakistan pada geli (cenderung jijik) liat cumi2 katanya ga pernah makan gituan😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s